Begini Cara Usir Semut Dari Tanaman

Tanaman kerap kali diserang oleh hewan seperti ulat, kutu dan juga belalang. Meskipun jarang disadari, namun keberadaan semut juga sering membuat tanaman mengalami masalah dan mungkin saja membuatnya menjadi lebih parah lagi jika dibiarkan. Berikut cara usir semut dari tanaman dengan menggunakan cara alami yang mudah ditemukan.

Berikut Cara Mengusir Keberadaan Semut Di Tanaman

1.Meletakkan Tanaman Yang Dibenci Semut

Dilansir dari situs The Practical Planter, cara mengusir keberadaan hewan kecil ini bisa dengan cara meletakkan beberapa varietas tanaman yang tidak disukai oleh semut. Karena semut tidak menyukai aroma yang wangi, maka anda bisa meletakkan tanaman hias bersamaan dengan minyak aromatik di sekitarnya.

Cara ini dianggap menjadi cara ampuh untuk mencegah semut menjelajah lebih jauh termasuk hingga mengganggu tanaman koleksi di rumah. Adapun beberapa tanaman aromatik yang bisa anda tanam seperti rosemary, mint, dan juga tanaman lavender yang memiliki aroma wangi jika dihirup oleh indera penciuman.

2.Menggunakan Kulit Jeruk

Cara usir semut dari tanaman selanjutnya yaitu dengan menggunakan kulit jeruk. Cara yang bisa dilakukan juga sangat mudah, yaitu dengan memeras kulit jeruk ke tanaman hingga sari dari jeruk bisa menyembur keluar. Lalu untuk membuat pengusir semut dengan jeruk yang lebih kuat lagi, anda bisa merebus sejumlah kulit jeruk ke dalam air selama waktu kisaran 15 menit lamanya.

Setelah selesai direbus, tahap selanjutnya yaitu dengan mencampurkan kulit jeruk dengan air. Berikutnya haluskan kulit jeruk dan air tersebut menggunakan food processor atau blender. Kemudian tuangkan campuran tersebut ke sekeliling tanaman yang terdapat banyak semut di dalamnya.

3.Tutupi Dengan Tanah Diatom

Tanah diatom merupakan insektisida yang memiliki bahan dasar mineral organik. Taburkan secara merata zat ini di sekeliling tanaman atau pot yang dikerubungi oleh semut. Cara usir semut dari tanaman menggunakan tanah diatom, bisa membuat semut mati dalam waktu kisaran 30 menit sejak anda selesai menaburkan tanah diatom pada permukaan tanah yang berada dalam pot tersebut.

Namun perlu diingat, bahwa tanah diatom akan kurang efektif jika dalam kondisi basah. Sebaiknya taburkan tanah diatom setelah tanaman disiram, atau setelah adanya guyuran hujan. Selain itu, ketika sudah selesai menggunakan tanah diatom ini, simpan sisanya ke dalam kantong yang tertutup rapat agar anda tidak bersentuhan dengan tanah diatom.

4.Celupkan Pot Ke Dalam Air

Apabila tanaman yang dikerubungi semut berada dalam pot, anda bisa mencoba cara dengan mencelupkan pot ke dalam air yang sudah diberi larutan insektisida atau detergen. Hal ini bisa dilakukan apabila tanaman tersebut sudah benar benar dipenuhi oleh koloni semut yang kehadirannya sangat mengganggu.

Yang mana jika semut sudah bersentuhan dengan larutan ini, mereka akan tenggelam lalu mati. Untuk cara melarutkannya, anda cukup mempersiapkan ember yang bersih, kemudian masukkan 4 liter air ke dalam ember tersebut. Setelah itu, tambahkan satu cangkir sabun insektisida atau detergen cair lalu aduk hingga merata.

Agar cara usir semut dari tanaman bisa lebih maksimal, anda juga bisa melakukan penyemprotan pada tanaman dengan menggunakan bahan yang sudah disebutkan diatas. Atau boleh juga langsung menuang larutan ini pada tanaman atau pot yang dikerubungi koloni semut yang mengganggu koleksi tanaman milik anda.

Itulah beberapa cara ampuh yang bisa anda lakukan dalam upaya usir keberadaan semua yang ada di tanaman. Jika cara ini tak kunjung berhasil, anda bisa menghubungi FUMIDA. Yaitu jasa basmi hama yang bisa membantu anda dalam penuntasan hama semut yang merusak tanaman di rumah.

 

Leave Comment

3 × 3 =

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123082211231123