Bahaya Kecoa Bagi Kesehatan

Kecoa yang bertebaran di rumah memang dapat membuat penghuninya merasa jijik dan risih. Serangga dengan 6 kaki dan 2 antena panjang ini bisa makan berbagai makanan. Termasuk sampah yang membusuk. Mengetahui kondisi tersebut, serangga ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu, berikut beberapa bahaya kecoa yang harus anda waspadai.

Bahaya Kesehatan Yang Bisa Ditimbulkan Oleh Kecoa

1. Keracunan Makanan

Serangga dengan 2 antena ini termasuk hewan yang berbahaya karena memakan berbagai jenis makanan. Feses, kertas, sabun, tanaman mati, hewan lain hingga rambut yang jatuh adalah beberapa jenis makanan yang sering dikonsumsi kecoa. Untuk itu, hewan kecil yang biasa bergerak di malam hari ini patut diwaspadai karena bisa menyebarkan berbagai jenis penyakit.

Hasil penelitian dari University of Nebraska dalam Food Poison Jurnal bahkan telah membuktikan bahwa kecoa dapat membawa bakteri Salmonella, Streptococcus dan Staphylococcus. Akibatnya, hewan ini dapat menyebarkan berbagai bakteri tersebut pada setiap makanan atau alat masak yang dihinggapi hewan ini dan menyebabkan keracunan makanan.

2. Gangguan Pencernaan

Bahaya kecoa juga dapat menghadirkan gangguan pencernaan bagi manusia. Lazimnya, hewan ini dapat mengeluarkan cairan dari mulut beserta kuman dan bakteri yang tersimpan dalam tubuhnya. Hewan kecil ini bahkan memiliki 33 jenis bakteri dengan patogen berbahaya bagi kesehatan manusia.

Beberapa jenis bakteri yang sering ditemukan pada tubuh kecoa yaitu E.Coli, Salmonella, cacing parasit dan patogen manusia. Parahnya lagi, hewan ini menyimpan bakteri Pseudomonas Aeruginosa yang sangat ekstensif di dalam usus. Tentunya, berbagai bakteri tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare, tipes, tifoid, kolera, disentri dan sepsis.

3. Asma

Serangga berantena 2 ini juga aktif menyebarkan alergen pada suatu tempat. Untuk itu, penderita asma dapat menjadi semakin parah ketika tinggal di rumah yang menjadi sarang kecoa. Alergen yang terhidup ini bahkan dapat menghadirkan bahaya kecoa karena bisa membuat penderita asma berisiko mengalami komplikasi hingga mengancam jiwa.

Tak hanya penderita asma, alergen yang disebarkan oleh serangga ini ternyata juga dapat membuat orang mengalami penyakit asma setelah menghirupnya. Anak-anak bahkan memiliki risiko yang sangat tinggi terhadap kondisi ini. Untuk itu, dokter biasanya akan memberikan obat antiradang atau bronkodilator kepada penderita gejala asma akibat hewan ini.

4. Reaksi Alergi

Begitu pula, alergen yang disebarkan oleh hewan ini juga dapat menimbulkan reaksi alergi. Hasil jurnal Allergy, Asthma & immunology Research menunjukkan bahwa alergen yang dihadirkan dalam ruangan ini dapat bersumber dari tubuh, telur, kotoran dan air liur. Reaksi alergi yang ditimbulkan akibat hewan kecil ini meliputi bersin, infeksi pernafasan, ruam kulit, dermatitis, gatal dan mata berair.

5. Penyerangan Bagian Tubuh

Parahnya lagi, serangga berantena 2 ini ternyata dapat menimbulkan serangan dari dalam tubuh. Beberapa kasus yang telah terjadi akibat bahaya kecoa adalah masuknya hewan ini ke dalam tubuh manusia. Lazimnya, kecoa yang berukuran lebih kecil dapat memasuki telinga, mulut maupun hidung ketika orang tengah tertidur. Hewan ini bahkan bisa bersarang dalam tubuh dan sulit dikeluarkan.

Tak hanya menjijikkan, hewan yang satu ini ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan. Tentunya, beberapa ulasan di atas perlu anda waspadai agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Anda bahkan perlu menjaga kebersihan rumah untuk memastikan hewan ini tidak bersarang di dalamnya. Selain itu, anda juga bisa menggunakan jasa FUMIDA untuk membasmi kecoa di rumah anda.

Leave Comment

eighteen − eight =

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123082211231123