Spesies Semut Paling Sering Ditemui Di Rumah

Ketika berada di rumah, sering kali ditemui beberapa jenis semut rumahan yang sering datang mengganggu. Terutama pada kawanan hama semut yang senang datang ke area dapur atau ruang makan untuk menemukan sumber makanan yang berada di dalam rumah. Berikut penjelasan 4 spesies hama semut di Indonesia yang sering ditemui keberadaannya di setiap rumah.

Jenis Hama Semut Rumah Yang Sering Ditemui

1.Semut Hantu

Semut hantu atau semut gula adalah semut yang paling sering ditemui keberadaannya. Semut ini memiliki kepala yang berwarna gelap serta perut yang berwarna bening. Ukuran panjang semut hantu sama seperti ukuran semut pada umumnya yang berkisar 2,5 milimeter sampai dengan 15 milimeter.

Sesuai dengan namanya, semut gula menyukai berbagai makanan yang memiliki rasa manis dan berbahan dasar dari gula. Biasanya semut gula akan mudah ditemui di dalam ruangan. Terutama pada lingkungan ruangan yang lembab. Diantaranya seperti bawah bak cuci piring di dapur serta di dalam lemari.

2. Semut Tukang Kayu

Selanjutnya ada juga spesies hama semut yang disebut sebagai semut tukang kayu. Ukuran dari semut ini cukup besar yakni berkisar 17 milimeter serta memiliki warna yang cenderung gelap. Namun tidak jarang juga ditemui semut tukang kayu dengan warna yang kehitaman dan sedikit berwarna merah.

Makanan kesukaan semut tukang kayu yaitu sumber makanan yang memiliki protein tinggi, khususnya dari serangga yang telat mati. Jika anda memiliki pipa bocor di rumah, maka akan tinggi kemungkinan semut tukang kayu untuk mendatangi pipa tersebut. Sebab, semut tukang kayu sangat senang dengan kondisi kelembaban yang tinggi. Lalu dia akan membuat sarang pada area tersebut.

3. Semut Gila

Memiliki warna tubuh yang hitam dan kaki yang panjang, merupakan ciri khas semut gila yang juga spesies hama semut yang sering ditemui dalam rumah. Apabila merasa terganggu, maka dia akan bergerak tak menentu ke segala arah. Untungnya, semut gila ini tidak menyengat ataupun menggigit manusia.

Semut gila merupakan jenis hama rumahan yang terkenal sebagai hama pengganggu yang memiliki sifat invasif atau dapat mengkoloni pada suatu habitat secara masif atau utuh. Begitu semut ini bisa masuk ke dalam rumah, mereka akan cepat berkeliaran untuk mencari sumber makanan. Hal inilah yang membuat orang akan kesusahan untuk mengendalikan keberadaan semut gila.

4. Semut Firaun

Jenis semut yang terakhir adalah semut firaun. Tubuhnya berukuran kecil serta berwarna kuning kecoklatan. Semut firaun ini bisa saja menggigit manusia, tapi untuk menyengat sangatlah jarang. Untuk makanannya sendiri, semut jenis ini menyukai makanan zat protein tinggi serta berbasis minyak. Mereka juga aktif mencari makan pada malam hari.

Biasanya spesies hama semut firaun akan membuat sarang pada area area tertutup di berbagai tempat yang berada di dalam rumah. Diantaranya seperti tempat retakan dinding dan di bawah beberapa peralatan rumah tangga yang jarang digunakan. Serta yang terakhir yakni mereka akan membuat sarang di bawah karpet.

Dengan cepat, mereka akan datang menghampiri makanan yang terbuka di atas meja. Tidak ketinggalan pula dengan makanan yang tidak ditutup secara rapat di dapur. Maka dari itu, agar makanan anda tidak dikerubungi oleh semut firaun sebaiknya lebih teliti lagi dalam penyimpanan makanan. Jangan sampai tempat makanan tidak rapat atau terdapat lubang di sekitarnya.

Apabila merasa bahwa rumah didatangi oleh jenis semut yang telah disebutkan, anda bisa menghubungi FUMIDA sebagai jasa pembasmi hama. Layanan ini tentunya akan membantu anda dalam penanganan keberadaan semut ataupun hama lainnya yang keberadaannya sangat mengganggu kenyamanan di dalam rumah.

Leave Comment

seven + two =

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123