Tungau adalah serangga yang sangat kecil dan nyaris tidak mungkin dilihat dengan mata telanjang yang memakan serpihan kulit manusia yang terlepas. Dan mereka diketahui hidup bergantungan dengan manusia. Mereka juga diketahui tinggal di mana pun dengan kelembapan tinggi dan sumber makanan yang baik seperti kasur dan tempat tidur manusia sebagai tempat yang sempurna. Tungau kasur merupakan gangguan bagi manusia karena kemungkinan memicu alergi sepanjang tahun serta gejala tidak menyenangkan lainnya, seperti gatal, bersin, sesak, batuk, dan mata berair, sehingga ini menimbulkan pertanyaan: bagaimana cara untuk menghilangkan tungau di kasur?

Jika Anda membaca artikel ini, kemungkinan besar Anda atau orang yang Anda cintai baru-baru ini didiagnosis alergi terhadap tungau kasur. Orang yang baru didiagnosis mungkin mengalami berbagai macam perasaan seperti ciri-ciri yang telah disebutkan di atas. Ada beberapa cara menghilangkan tungau kasur serta menjauhkannya setelah dibersihkan. Berikut adalah beberapa tipsnya yang jitu

Gunakan Baking Soda & Vakum

Mirip dengan menghilangkan noda urine dari kasur, baking soda dipercaya mampu menyedot debu dan terbukti menjadi senjata ampuh dalam memerangi tungau kasur. Campurkan secangkir baking soda dengan beberapa tetes minyak esensial pilihan Anda.

Kemudian taburkan baking soda di seluruh sisi atas kasur dan diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit berlalu, bersihkan semua baking soda dari kasur agar tungau kasur serta baking soda tersedot. Balik kasur Anda dan ulangi langkah ini untuk sisi lainnya.

Turunkan Kelembaban Kamar Anda

Meskipun opsi ini sedikit terbilang kurang efektif dan mungkin lebih mahal, cara ini tetap menjadi salah satu cara menghilangkan tungau kasur yang hidup di antara serat kasur Anda. Tungau kasur membutuhkan kelembapan sekitar 85% untuk bertahan hidup di kasur Anda, jadi dengan menjalankan dehumidifier dapat memberikan efek positif dalam menyingkirkan para pengacau kecil ini.

Pilihan ini kemungkinan besar memakan biaya mahal, karena alat pelembab yang baik tidaklah murah, serta kelembapan yang lebih rendah membuat beberapa orang lebih tidak nyaman daripada yang lain.

Buat Tungau Kasur Kelaparan

Karena tungau kasur dan alergennya tidak mungkin dihilangkan dari tempat tidur, Anda harus membuat penghalang antara Anda dan tungau. Anda ingin membunuh tungau, jadi lakukan dengan cara yang akan meredakan alergen. Buat mereka kelaparan sampai mati! Ya. Itu benar membunuh tungau kasur dari waktu ke waktu dengan kelaparan.

Baca juga  Pahami Cara untuk Membunuh Tungau Scabies, agar Terhindar dari Infeksi Kudis

Jadi, bagaimana Anda membuat mereka kelaparan? Hentikan persediaan makanan mereka. Ini adalah cara alami untuk menyingkirkan tungau kasur dan alergennya. Lindungi kasur, bingkai ranjang, dan bantal Anda dengan penutup khusus anti tungau berritsleting. Cara menghilangkan tungau kasur ini akan menempatkan penghalang anti alergen antara Anda dan tungau.

Cuci dan Bersihkan dengan Air Panas

Sekarang, pencucian biasa tidak akan menghilangkan tungau kasur dan alergennya. Air di “bak mandi air panas” mesin cuci harus bersuhu 60 ° C untuk membunuh tungau kasur tersebut dan menghilangkan alergen. Sebagian besar pemanas air tidak disetel pada suhu setinggi ini untuk alasan keamanan.

Meskipun air yang panas adalah cara akan menghilangkan tungau kasur, Anda bisa membuat melepuh diri sendiri di dapur atau kamar mandi. Selain itu, air yang cukup panas untuk membunuh tungau dan mengubah sifat proteinnya menjadi cukup panas dapat merusak kain dan memudarkan warnanya. Jadi, jangan terlalu sering ya!

Gunakan Mesin Vakum Secara Berkala

Metode yang sangat kurang berbahaya bagi umat manusia dan lingkungan adalah kain lap debu dan penyedot debu. Cara menghilangkan tungau kasur ini lebih disukai daripada perangkat termonuklir untuk menghilangkan tungau kasur.

Bersihkan dengan kain lembab dan selalu mulai dari bagian atas ruangan dan teruskan ke bawah. Dengan kata lain, bersihkan item tinggi-tinggi sebelum Anda membersihkan bagian yang rendah. Jangan bersihkan dengan produk yang meninggalkan residu. Ini akan justru menciptakan dan menarik debu yang lain.

Jangan Membersihkan Debu Sebelum Tidur.

Cara menghilangkan tungau kasur selanjutnya yaitu selalu tunggu minimal 2 jam sebelum tidur di ruangan yang sudah berdebu. Meskipun Anda membersihkan debu dengan kain lembab, sebagian debu akan beterbangan dan Anda perlu memberinya waktu untuk mengendap sebelum tidur. Anda tentu tidak ingin debu perlahan mengendap dan Anda tidak ingin menghirupnya saat berada di tempat tidur, bukan?

Jika Anda membersihkan debu dengan kain mikrofiber, selalu bersihkan debu di satu arah; jika tidak, Anda akan terus menerus melepaskan debu yang terangkat oleh kain tersebut. Hindari model dengan filter yang bisa dicuci. Penyedot debu tanpa kantong dengan filter yang dapat dicuci hanya akan membuat Anda terpapar alergen yang ingin Anda hilangkan; jadi, hindari model yang seperti ini.

Sedot item yang lebih tinggi sebelum item yang lebih rendah. Jangan menyedot debu kamar Anda dalam waktu 2 jam setelah tidur. Bersihkan di pagi hari. Semua debu yang Anda hasilkan akan mengendap sebelum waktu tidur. Jangan lupa untuk membersihkan kipas angin gantung di ruangan Anda. Ini merupakan cara menghilangkan tungau kasur yang efektif.

Baca juga  4 Fakta Kutu Busuk Yang Tidak Banyak Diketahui

Metode Deep Freeze

Freezer Anda memang tidak benar-benar dirancang untuk menyimpan seprai. Bagian ayam dan es krim mungkin akan keberatan. Namun, metode pembekuan ini efektif untuk mainan boneka dan bantal kecil. Tempatkan mainan di dalam kantong plastik dan masukkan ke dalam freezer semalaman.

Jika anak Anda tidak tahan berada jauh dari mainan dalam semalam, lakukan hal pertama ini di pagi hari dan biarkan selama 6 hingga 8 jam. Setelah mainan dibekukan, keluarkan dari kantong plastik dan semprotkan dengan spray anti allergen apa saja. Hawa dingin bisa membunuh tungau kasur, tetapi alergennya masih tertinggal. Dengan menyemprotkan spray tersebut, Anda menetralkan atau mengubah sifat protein tungau penyebab alergi.

Setelah Anda menyemprot mainan atau boneka, masukkan ke dalam pengering dengan setting bulu. Ini adalah pengaturan yang hanya dengan udara, tanpa panas. Setelah mainan mengembang kembali dan dikeringkan, Anda dapat memberikannya kembali kepada anak Anda.

Hubungi Ahli Pembersih Kasur

Jika salah satu cara menghilangkan tungau kasur di atas tidak berhasil untuk Anda, sebaiknya bawa seorang ahli untuk membantu Anda membasmi hama ini. Pastikan untuk bertanya kepada pembersih kasur khusus Anda bahan kimia apa yang mereka gunakan untuk menghilangkan tungau debu, karena beberapa bahan kimia dapat menyebabkan reaksi merugikan berdasarkan alergi.

Nah, jika Anda tidak mau repot-repot mencari pembersih hama profesional melalui teman atau siapa pun, Anda bisa menggunakan jasa dari PT Fumida Pestindo Jaya yang dijamin sudah memiliki banyak pengalaman dalam menyingkirkan segala jenis hama termasuk tungau kasur. Anda bisa konsultasi terkait permasalahan kutu busuk di rumah anda melalui customer service Fumida di 0822-1123-1123 atau 021-29049130.

Jadi itulah tadi serangkaian tips dan cara menghilangkan tungau kasur yang dijamin ampuh serta efektif agar keluarga Anda bisa terhindar dari segala bentuk alergi yang ditimbulkan oleh hama tersebut.

Leave Comment

thirteen + 8 =

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123082211231123