Cara Membasmi Tungau di Kasur

Tungau kasur merupakan hewan yang ukurannya sangat kecil, bahkan hampir tak kasat mata. Keberadaannya sangat meresahkan para penghuni rumah, karena bekas gigitannya membuat kulit gatal-gatal. Apabila kondisi kulit sensitif pasti akan muncul ruam-ruam hingga bisa bernanah. Berikut ini ada beberapa cara membasmi tungau yang ampuh dan membunuh sekaligus.

Hilangkan Tungau Penyebab Sumber Penyakit

1. Cuci Kasur, Bantal, dan Guling

Jika hanya mencuci kasur, bantal, dan guling menggunakan sabun hanya memberikan efek bersih saja. Anda perlu mencucinya dengan air panas, karena suhu panas dapat membunuh tungau beserta telurnya. Setelah dicuci anda bisa menjemur seluruh perangkat tidur itu di bawah terik matahari. Jangan hanya satu kali jemur, harus sampai benar-benar kering agar tungau tak kembali.

2. Rajin Jemur Kasur

Cara paling mudah untuk menghilangkau tungau ialah menjemur kasur di bawah sinar matahari. Teriknya matahari saat siang membantu kutu kasur mati secara perlahan. Sembari dijemur anda pukul-pukul kasur dengan kencang menggunakan rotan. Cara membasmi tungau seperti ini disarankan untuk melakukannya minimal seminggu sekali, agar tungau tidak bersarang.

3. Taburkan Silica Gel

Pada umumnya silica gel digunakan untuk mengawetkan makanan. Terkadang bahan kimia ini juga dimanfaatkan untuk membasmi jamur pada barang-barang tertentu. Silica gel sering anda temukan di dalam tas yang masih baru, agar tas tidak bau apek. Hebatnya lagi bahan pengawet ini bisa digunakan untuk menghilangkan tungau yang menganggu kenyamanan tidur.

Anda dapat membeli silica gel dalam jumlah banyak kalau ukuran kasur cukup besar. Letakkan semua bungkus di dalam satu wadah, lalu taburkan ke sela-sela ranjang. Nantinya tungau akan menempel pada silica karena baunya yang khas. Cara membasmi tungau terbukti ampuh karena tungau akan mati dalam hitungan jam.

4. Semprot Minyak Tanah dan Kapur Barus

Meskipun cara ini terbilang praktis namun aroma yang dihasilkan cukup membuat pusing. Bahkan anda harus menjemur kasur yang basah karena terkena cairan tersebut. Untuk prakteknya anda dapat mengambil minyak tanah secukupnya, lalu campur dengan kapur barus. Aduk rata semua bahan dalam botol semprot, dan semprotkan cairan ke seluruh area kasur.

5. Gunakan Uap Panas

Seperti halnya sinar matahari, suhu panas memang membuat tungau cepat mati. Jika tak sempat menjemur kasur, anda bisa menggunakan uap panas dari setrika uap atau ketel yang masih panas. Caranya anda masak air di ketel listrik lalu pasang selang kecil di bagian lubang uap. Cara membasmi tungau ini dijamin ampuh, saat air mendidih langsung saja arahkan uap ke kasur.

6. Gunakan Air Garam dan Cuka

Tungau yang bersarang di celah lipatan kasur memang berbahaya untuk kesehatan. Pasalnya kutu kasur ini akan menggigit dan mengisap darah ketika anda sedang tidur. Tanda-tanda kulit bekas gigitan tungau biasanya muncul ruam merah dan terasa gatal. Selain itu kehadiran tungau bisa ditandai dengan aroma ruangan yang bau apek dan bau.

Maka untuk menghilangkan tungau, anda dapat memanfaatkan campuran air garam dan cuka. Masukkan kedua bahan ini ke dalam satu botol semprot, lalu semprotkan larutan tersebut ke area kasur. Tunggulah beberapa menit maka tungau beserta telurnya akan mati tak bersisa.

Sebenarnya tungau tidak hanya hidup di celah-celah kasur, tetapi juga di sofa hingga kursi angkutan umum. Anda bisa mengandalkan layanan dari FUMIDA, selaku jasa untuk membasmi hama. Bukan hanya menghilangkan tungau tapi juga kecoa, rayap, tikus, serta jenis hama lainnya. Selain itu FUMIDA juga melayani jasa penyemprotan disinfektan.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123