Hama Pengganggu Tanaman Hias Aglonema

Akhir-akhir tengah terjadi trend mempercantik rumah dengan tanaman hias. Salah satu jenis tanaman hias yang popular adalah aglonema. Tanaman dengan bentuk daun yang eksotik ini digemari oleh para pecinta tanaman hias. Namun, mereka kerap kali dibuat repot dengan hama yang menyerang dan membuat aglonema mati. Berikut jenis-jenis hama tanaman aglonema dan cara mengatasinya.

Hama pada Tanaman Hias Aglonema dan Cara Mengatasinya

1. Nematoda

Aglonema menjadi salah satu tanaman hias favorit yang diburu karena corak daun yang indah. Tanaman ini mudah tumbuh, baik di dalam maupun di luar ruangan, sehingga mudah untuk merawatnya. Aglonema termasuk tanaman dengan daya tahan hidup yang tangguh. Meski demikian, tanaman ini juga tidak bisa lepas dari serangan hama.

Jenis hama pertama yang bisa mengancam tanaman ini adalah nematode. Hama ini biasanya terdapat pada akar dan menyerang dengan cara memakan akar tanaman. Untuk mengatasinya, anda dapat menggunakan mensteril 12 inci teratas tanah dengan sinar matahari. Kemudian, basahi tanah dan tutup dengan plastic bening selama 4 – 6 minggu.

2. Tungau Laba-Laba

Hama tanaman aglonema selanjutnya adalah tungau laba-laba. Hama ini biasanya menempel pada batang dan daun, lalu memakan isi sel tanaman, sehingga aglonema menjadi kurang sehat. Ciri-ciri daun yang terserang hama ini adalah terdapat bintik, berubah warna, dan akan layu jika diserang cukup parah.

Hama ini berukuran kecil, sehingga sulit untuk dilihat dengan mata. Cara membasminya adalah dengan menyeka daun menggunakan lap basah dan sering disiram karena tungau laba-laba menyukai daerah yang kering. Daun yang terlanjur layu dapat diobati dengan minyak holtikultura atau sabun insektisida.

Baca juga  Hati-Hati 5 Hewan Pengganggu Rumah Berikut Ini

3. Kutu Daun

Kutu daun merupakan hama yang menyerang daun tanaman aglonema. Hama ini menyerang tanaman dengan memakan cairan vital yang mengalir pada daun aglonema. Akibatnya, pertumbuhannya akan terhambat dan daun mudah rusak. Daun aglonema yang rusak akan mempengaruhi keindahan tanaman, sehingga hama tanaman aglonema ini perlu untuk segera dibasmi.

Kutu ini biasanya terdapat di bagian bawah daun dan berbentuk lunak. Cara mengatasinya adalah dengan menyeka daun dengan bola kapas yang dibaluri alkohol. Namun, jika serangan kutu daun cukup parah, maka anda bisa menggunakan sabun insektisida sesuai takaran.

4. Kutu Sisik

Tidak hanya kutu daun yang dapat menyerang aglonema. Tanaman ini juga dapat diserang oleh hama kutu sisik. Hama ini terlihat seperti benjolan kecil yang bergerak melintasi batang dan daun tanaman aglonema. Kutu ini bertahan hidup dengan memakan getah floem, sehingga menyebabkan penurunan vitalitas tanaman, cabang mati, dan tanaman gundul.

Biasanya kehadiran hama ini tidak begitu diperhatikan, padahal jika dibiarkan dapat menyebabkan aglonema kurang sehat. Upaya yang dapat dilakukan untuk membasmi hama tanaman aglonema ini adalah dengan menggunakan minyak holtikultura atau sabun insektisida jika serangannya parah.

5. Kutu Busuk

Hama terakhir yang dapat menyerang tanaman aglonema adalah kutu busuk. Kutu ini berbentuk menyerupai kapas, berwarna putih, dan biasanya senang berkumpul di batang dan daun tanaman. Kutu busuk menyerang aglonema dengan menyedot getah tanaman dan memasukkan stilet ke dalam tubuh.

Ciri-ciri tanaman aglonema yang diserang oleh hama ini adalah daun yang berubah warna dan mulai rontok. Kutu yang sudah dewasa juga dapat dijumpai ketika terbang mengelilingi tanaman. Hal yang dapa dilakukan untuk membasminya adalah dengan menyeka tanaman menggunakan kapas yang sudah dibasahi alkohol.

Baca juga  Kenali 5 Jenis Ulat Beracun Yang Ada Di Dunia

Hama yang menyerang tanaman hias tentunya akan sangat merugikan. Tanaman hias akan terlihat tidak sehat dan kurang enak dipandang. Tanaman hias seyogyanya terlihat elok dan menyenangkan. Maka dari itu penting untuk kita selalu menjaga kesehatan tanaman yang kita miliki dengan cara memperhatikan struktur tanamannya.

Leave Comment

one + nineteen =

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123082211231123