Nyamuk adalah serangga yang bisa membawa berbagai macam penyakit. Melalui gigitannya banyak virus dan sumber penyakit lain yang bisa ditularkan ke manusia. Nyamuk sangat senang tinggal di tempat yang lembab. Jadi tidak heran jika negara Indonesia termasuk negara dengan risiko tinggi terhadap penyakit akibat gigitan nyamuk. Salah satunya penyakit demam berdarah.

Kendati demikian, sebaiknya Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk. Salah satunya dengan tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat baik di rumah ataupun di lingkungan sekitar rumah. Selain itu, Anda bisa menggunakan berbagai jenis obat nyamuk.

Cara Membuat Obat Nyamuk Dari Bahan Alami Dengan Mudah

Obat nyamuk tersedia dalam berbagai jenis di pasaran. Ada obat nyamuk yang terbuat dari bahan alami, ada juga yang dibuat dari bahan kimia. Kedua jenis ini pada dasarnya sama-sama bertujuan untuk membasmi dan membunuh nyamuk. Namun tahukah Anda bahwa obat nyamuk bisa dibuat sendiri di rumah dari bahan alami? Penasaran? Simak ulasannya berikut ini!

  1. Minyak kayu manis

Kayu manis bisa dimanfaatkan ekstraknya untuk dijadikan obat pengusir nyamuk. Satu penelitian bahkan mengungkapkan bahwa minyak kayu manis ini bisa membunuh telur-telur nyamuk. Adapun cara untuk membuatnya bisa dilakukan sebagai berikut.

  • Campurkan air secukupnya dengan minyak kayu manis
  • Tuang campuran tersebut ke dalam botol spray
  • Semprotkan cairannya ke tempat-tempat yang sering menjadi sarang nyamuk di rumah

 

  1. Minyak lemon

Cara selanjutnya Anda bisa memanfaatkan kandungan yang terdapat di dalam minyak lemon. Minyak lemon eucalyptus dipercaya dapat mengusir nyamuk secara efektif bahkan dalam waktu 3 jam pemakaian. Cara membuat minyak lemon ini sangat mudah, diantaranya :

  • Tuangkan minyak lemon ke dalam botol spray yang sudah dibersihkan
  • Semprotkan pada kulit tubuh yang rawan digigit nyamuk seperti kaki, lengan, leher dan bagian lainnya
  • Aplikasikan pada kulit tubuh secara merata

Meskipun lemon termasuk bahan alami, penggunaan minyak lemon ini tidak disarankan untuk anak dibawah 3 tahun.

  1. Ekstrak kemangi

Tanaman yang memiliki aroma khas ini selain bermanfaat untuk kesehatan ternyata tidak disukai oleh nyamuk. Kandungan senyawa alami yang dihasilkan kemangi mempunyai bau yang sangat menyengat bagi nyamuk.

Cara menggunakannya sebagai obat nyamuk sangat mudah, cukup dengan meletakkan daun kemangi yang sudah dicuci di tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk. Seperti gantungan baju, sudut-sudut rumah dan bagian lainnya.

  1. Ampas kopi

Cara selanjutnya adalah menggunakan ampas kopi. Ampas kopi menghasilkan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Suatu penelitian mengatakan bahwa nyamuk betina tidak senang bertelur di permukaan air yang terkena ampas kopi. Pasalnya ampas kopi dinilai tidak baik untuk perkembangan telur nyamuk.

Untuk menjadikan ampas kopi sebagai obat nyamuk, Anda hanya perlu menuangkan ampas kopi pada tempat yang rawan dijadikan sarang nyamuk. Tapi pastikan Anda tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan rutin membersihkan bekas siraman ampas kopi.

Dari beberapa bahan alami untuk pembuatan obat nyamuk sangat mudah didapatkan. Tapi bagaimana dengan keefektifannya? Jika dibuat dengan tepat tentu obat nyamuk bahan alami ini bisa berfungi dengan baik. Akan tetapi jika nyamuk tetap membandel dengan obat alami yang sudah Anda buat, sebaiknya segera panggil jasa pemberantas nyamuk.

Fumida adalah pilihan paling tepat yang bisa Anda gunakan. Telah berpengalaman di bidang pembasmi nyamuk selama 10 tahun, Fumida sudah memiliki tim professional dan ahli. Layanan fogging dari Fumida siap mengatasi keluhan Anda dan memberantas semua nyamuk di rumah Anda sampai tuntas. Customer service Fumida siap sedia membantu anda dalam konsultasi maupun pemesanan terkait layanan fogging pembasmi nyamu, hubungi di 0822-1123-1123 dan 021-29049130.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123