Apakah Semut Api Berbahaya

Apakah Semut Api Berbahaya – Mendengar namanya saja sudah bisa dibayangkan betapa digigit serangga kecil berwarna coklat agak kemerahan ini akan memberi efek menyakitkan pada kulit. Namun benarkah gigitan semut api dapat sangat membahayakan?

Menurut keterangan dari Medical News Today, gigitan semut api mampu mengancam nyawa seseorang yang alergi terhadap racun semut api. Bahkan satu gigitannya dapat menghasilkan gejala anafilaksis (syok akibat reaksi alergi yang berat) dan menyebabkan penurunan tekanan darah secara drastis sampai penyempitan saluran pernapasan hanya dalam beberapa menit saja.

Gigitan semut api setidaknya mengandung 46 protein beracun yang dapat memengaruhi sistem saraf manusia. Oleh karena itu, banyak dari orang yang digigit semut api akan mengalami halusinasi sesaat.

Bagaimana Gejala Gigitan Semut Api?

Untuk mengetahui bahaya dari gigitan semut api, perhatikan gejala berikut ini:

  • Gejala yang umum muncul dari gigitan semut api adalah rasa sakit seperti terbakar yang luar biasa setelah sengatan pertama
  • Rasa sakit itu tak berlangsung lama karena akan berganti dengan rasa gatal yang intens (bisa sampai berhari-hari bila tidak mendapat perawatan medis yang tepat)
  • Kemudian area gigitan biasanya akan mengalami kemerahan, pembengkakan hingga mengeluarkan nanah

Apakah Semut Api Berbahaya

  • Setiap orang akan merasakan gejala yang berbeda-beda, bagi yang menderita alergi mungkin akan lebih parah karena anafilaksis berpotensi mematikan.
  • Selanjutnya gejala setelah syok terhadap reaksi alergi akan diikuti dengan masalah pernapasan, pusing, pembengkakan lidah atau tenggorokan, kebingungan hebat dan menurunnya kesadaran.
Baca juga  Kenapa Banyak Nyamuk di Kamar

Tips Menangani Gigitan Semut Api

Saat kamu terlanjur digigit semut api dan tidak memiliki riwayat alergi, kamu dapat menangani sendiri dengan pengobatan rumahan. Ini beberapa tipsnya:

1. Dikompres

Terlebih dahulu area gigitan dicuci dengan air dan sabun, kemudian dikompres dengan air dingin selama 20 menit agar tidak terjadi pembengkakan

2. Pakai Madu

Bila kamu memiliki madu, kamu dapat mengoleskannya untuk mengurangi rasa gatal pada kulit. Menurut studi Cochrane Library, madu dikatakan sangat efektif dalam menyembuhkan luka bakar dan luka yang terinfeksi.

3. Pakai Mentimun

Mentimun yang kamu simpan di kulkas dan memiliki sensasi dingin juga dapat menenangkan permukaan kulit dari iritasi

4. Gunakan Krim

Kamu bisa mengoleskan krim gatal atau menggunakan antibiotik bila rasa gatal dan nyeri belum juga hilang

5. Perawatan Medis

Sebaiknya periksakan diri ke dokter bila terjadi gejala lanjutan yang lebih serius

Basmi Semut Api dengan FUMIDA

Apakah Semut Api Berbahaya

Setelah mengetahui bahaya yang ditimbulkan dari semut api, tentu penting bagi kita untuk melakukan pencegahan sebelum bahaya tersebut mengganggu kenyamanan aktivitas di rumah. Upaya pencegahannya dapat dilakukan dengan menggunakan jasa pembasmian semut yang terpercaya dan sudah berpengalaman.

FUMIDA adalah perusahaan pest control yang melayani jasa pembasmian semut secara profesional. Call center kami akan membantumu untuk mengatur jadwal survey gratis dan konsultasi permasalahan hama lainnya. Hubungi: 0822-1123-1123/021-29049130

 

 

5/5 - (2835 votes)

Leave Comment

16 − 2 =

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123