fbpx

Bagaimana Mencegah Semut Masuk Rumah? Coba Lakukan Hal Ini

Memiliki rumah yang nyaman tentu menjadi harapan banyak orang. Dengan memiliki rumah yang nyaman juga akan membuat betah para penghuninya. Namun terkadang hal tersebut menjadi suatu masalah jika ada beberapa yang justru menjadikan rumah tidak nyaman, salah satunya adalah jika banyak semut. Apalagi jika semut tersebut termasuk salah satu jenis semut yang memiliki gigitan yang kuat pada kulit manusia. Tentu hal tersebut akan sangat mengganggu. Masalah tersebut dapat diatasi dengan mencari tahu bagaimana mencegah semut masuk rumah.

Jika sebelumnya Anda paham bagaimana cara untuk mengusir semut yaitu dengan menggunakan obat yang dibeli dari warung misalnya, maka kini ada cara bagaimana mencegah semut masuk rumah. Sebab biar bagaimana pun, mencegah lebih baik daripada semut-semut sudah membuat sarang di rumah Anda. Bahkan jika sarang tersebut ada di bagian sela-sela kecil rumah yang susah untuk dibersihkan yaitu berupa gundukan pasir dan juga sisa-sisa makanan yang sebelumnya tidak habis.

Inilah cara bagaimana mencegah semut masuk rumah yang dapat Anda praktekkan di rumah dan bisa menjadi persiapan untuk mengupayakan agar rumah Anda tetap nyaman:

 1. Kemas makanan yang mengundang semut,

Beberapa bahan makanan yang mengandung semut seperti gula dan juga bahan makanan lainnya yang rasanya manis biasanya mampu mengundang semut begitu mudahnya. Bahkan bila Anda lupa dalam beberapa waktu untuk menutup kembali bahan makanan yang disukai oleh semut, dalam beberapa menit saja sudah dikelilingi semut. Jenis semut yang ini biasanya semut gula yang penciumannya tajam terhadap bahan maupun makanan yang rasanya manis.

2. Rapikan barang-barang terutama bagian dapur,

Cara ini mungkin banyak diabaikan oleh orang-orang. Tanpa disadari dengan memiliki susunan barang yang rapi maka segala hal yang ditata di dalam rumah juga akan nyaman untuk dilihat. Hal ini juga akan mampu memberikan pengamanan yang tepat sehingga memperkecil kemungkinan semut tidak akan betah berada di rumah Anda. Bersihkan rumah dengan baik hingga ke sela-sela dan bila perlu bagian dapur menjadi perhatian yang sangat penting sebab memiliki banyak makanan maupun bahan sisa dari masakan. Simpan dengan rapi segala bahan makanan, bila perlu taruh di kulkas. Dengan demikian kebersihan rumah akan tetap terjaga dan meminimalisir agar tidak ada binatang jenis serangga yang betah di rumah Anda, termasuk salah satunya adalah semut.

3. Bungkus kembali bekas makanan yang tersisa,

Apabila Anda memiliki makanan di rumah maka sebaiknya biasakan tetap berada dalam kemasannya, sekalipun makanan tersebut belum habis. Kemaslah kembali makanan tersebut sehingga jika masih tersisa. Jangan biarkan sisa makanan tersebut mengundang banyak semut untuk datang ke rumah Anda dan segerombolan semut lainnya akan datang bahkan membuat sarang di rumah Anda.

4. Jangan biarkan lantai berbau manis,

Sama seperti poin sebelumnya untuk menghindari jenis semut gula yang suka terhadap sari makanan yang rasanya manis maka sebaiknya jangan sekali-kali Anda membiarkan lantai rumah Anda berbau manis. Misalnya saja jika pada kondisi tertentu Anda menumpahkan susu atau air gula maka segeralah bersihkan dan jangan lupa untuk membersihkannya menggunakan cairan yang bersih bila perlu menggunakan ekstrak yang berbau kopi. Sebab semut tidak menyukai aroma kopi. Apabila tidak ada, maka bisa juga dengan menggunakan cairan pewangi biasa yang ada di toko maupun warung terdekat rumah Anda.

5. Bila perlu gunakan obat pembasmi serangga

Sudah lumrah bagi banyak orang untuk mencegah maupun mengusir semut salah satunya adalah dengan menggunakan obat pembasmi serangga. Banyak jenis obat untuk membasmi serangga yang dapat Anda temukan. Anda bisa memilih jenis obat yang mana, apakah berupa cairan, semprot, atau berupa kapur yang dapat ditaburkan. Pilihlah yang menurut Anda sesuai dengan kebutuhan. Untuk pencegahan sebaiknya menggunakan yang berupa cairan karena hal ini akan memudahkan dan membuat tahan lama, dengan kata lain jika disapu tidak akan terbawa dan aromanya tetap ada.

Gambar Cara Membasmi Semut Hitam di Pohon Mangga

Selain kelima cara tersebut, apabila rumah Anda terlanjur ada sarang semut, maka cara untuk mengusirnya cukup mudah. Anda bisa menggunakan beberapa bahan yang ada di dapur Anda seperti bubuk kopi, cuka, baking soda, dan juga garam. Tidak disangka bukan beberapa bahan tersebut pastinya mudah didapat dan dengan harga terjangkau bahkan tersedia di dapur Anda?

Untuk itu jika Anda mampu mengetahui khasiat beberapa bahan tersebut maka Anda dapat menggunakannya dengan mudah. Garam bisa Anda sebarkan di sela-sela lantai atau antar keramik untuk lantai yang dijadikan sarang semut, maka tidak lama setelah ditaburkan biasanya semut akan keluar dengan sendirinya. Setelahnya maka Anda dapat membersihkan bagian sisanya. Begitu pula dengan bubuk kopi, fungsinya sama dengan garam dengan cara ditaburkan.

Kemudian untuk baking soda, caranya seperti membuat jebakan untuk semut. Anda dapat mencampurkannya dengan gula dan taburkan pada semut sehingga baking soda akan dimakan berbarengan dan mampu melumpuhkan semut. Sedangkan cuka dapat disemprotkan dengan mudah pada semut. Itulah beberapa cara bagaimana mencegah semut masuk rumah.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123