Tungau scabies atau yang dikenal dengan nama latin Sarcoptes Scabiei merupakan serangga yang menyebabkan penyakit scabies atau kudis. Kudis ini masuk dalam kategori penyakit kulit menular pada manusia. Ukuran tungau scabies sangat kecil hingga mampu membuat lubang dan bersarang pada lapisan kulit manusia.

Layaknya penggalian yang dilakukan di jalan raya, begitulah tungau scabies menggali dan membuat terowongan pada kulit manusia. Rasa yang ditimbulkan saat serangga ini menggali kulit Anda ialah gatal seperti habis digigit nyamuk. Namun, serangga parasit ini tidak sekadar menggali saja, melainkan bersarang dan bertelur di lapisan kulit Anda. Proses mengerikan sekaligus merugikan dapat dicegah dengan cara membunuh tungau scabies.

Tungau Scabies

Hewan ini kerap disamakan dengan seekor kutu, karena ukurannya yang kecil. Sejatinya, tungau bukanlah kutu melainkan lebih dominasi ke dalam kategori laba-laba dengan ukuran yang menyerupai kutu. Tungau memiliki 8 tungkai yang mirip seperti laba-laba, tapi tidak membentuk sarang di sudut rumah, melainkan bersarang di lapisan kulit manusia. Serangga ini menjadi penyebab dari penyakit scabies (kudis).

Tungau masuk dalam kategori hewan avertebrata dengan beragam jenis dan memiliki kemampuan bertahan hidup di berbagai kondisi lingkungan. Ukurannya yang kecil kerap menjadikan tungau scabies sulit untuk diketahui keberadaannya. Tungau scabies adalah salah satu dari sekian jenis tungau yang hidup parasit di tubuh manusia dan juga hewan. Anda perlu mewaspadai dengan mengetahui cara membunuh tungau scabies secara tepat.

Penularan Scabies

Proses penularan scabies dapat terjadi antara manusia dengan manusia lain yang telah mengidap kudis akibat tungau scabies. Penularan penyakit kulit yang berbahaya ini juga dapat disebakan karena tungau yang berada di hewan. Namun, terdapat perbedaan proses penularan scabies antara manusia dengan manusia, dan hewan dengan manusia. Penularan penyakit dari tungau scabies antara manusia dapat terjadi dari sentuhan.

Bahkan hanya sekadar menyentuh barang yang telah terkontaminasi dari pengidap scabies. Sementara tungau scabies yang diidap oleh hewan seperti kucing atau anjing, hanya sedikit dan nyaris tidak mungkin dapat terjadi. Sebab, tungau scabies pada hewan sulit beradaptasi dan cenderung mati ketika pindah ke kulit manusia. Namun, Anda tetap harus waspada dan segera ketahui cara membunuh tungau scabies agar tidak mendapat penyakit kudis.

Penyebab Scabies

Fakta mengejutkan pada tungau scabies yang kerap menimbulkan penyakit kulit pada manusia ini ternyata disebabkan karena tungau scabies betina. Hewan berukuran kecil dan tidak bisa dilihat dengan mata telanjang ini, akan menggali lapisan kulit manusia dan bersarang di sana untuk membuat saluran tempatnya bertelur. Segala macam aktifitas di bawah kulit manusia ini menyebabkan rasa gatal yang tak tertahankan.

Cara membunuh tungau scabies yang tepat harus dilakukan agar tidak terjadi penyebaran yang lebih luas dan menambah banyak korban, termasuk keluarga Anda. Sebab, tungau scabies ini mambu menyebar ke seluruh kulit Anda dan menginfeksi orang lain. Meski penularan tidak dirasakan secara langsung, tapi dengan kontak fisik yang intens dan rutin akan mempercepat proses penularan scabies.

Tungau scabies adalah salah satu dari sekian jenis tungau yang dapat masuk dan menyebar ke seluruh lapisan kulit Anda. Jumlah tungau scabies dapat mencapai ratussan dan akan terus berkembang biak dengan cepat jika Anda tidak segera membasminya. Tempat yang jarang dibersihkan, serta bantal dan kasur yang tidak dijemur juga dapat memicu datangnya tungau scabies yang menyebabkan penyakit kudis.

Gejala Scabies

Gejala memang tidak serta merta langsung dirasakan, pada awalnya mungkin hanya terasa gatal seperti alergi. Namun dalam jangka 2 atau 5 minggu setelah terinfeksi akan menimbulkan gejala yang lebih konstan. Bahkan ada penderita yang mengalami gejala scabies lebih cepat setelah terinfeksi, yakni hanya dalam1 atau 4 hari saja. Rasa gatal akibat gigitan dari tungau scabies yang bersarang di lapisan kulit memuncak pada malam hari.

Permukaan kulit akan menimbulkan benjolan keras dan tak jarang orang mengalami luka akibat garukan yang spontan dilakukan akibat tungau scabies. Cara membunuh tungau scabies dengan cepat dan tepat dibutuhkan agar tidak sampai memunculkan gejala seperti kerak tebal pada kulit. Hal ini diakibatkan karena jumlah tungau scabies di dalam lapisan kulit telah mencapai ribuan.

Rasa gatal yang luar biasa akan dirasakan sebagai gejala yang jika terus-menerus tidak ditangani dapat menyebabkan terjadinya impetigo. Di mana kulit mengalami infeksi dan bersifat menular, akibat penderita terus-menerus menggaruk kulit yang terjaring tungau scabies. Kulit akan terasa panas dan terluka akibat garukan yang dilakukan secara intens.

Cara Mencegah Penularan Scabies

Pastikan untuk tidak melakukan kontak langsung dengan penderita scabies agar tidak terjadi penyebaran tungau. Selain itu, ada baiknya tidak berbagi penggunaan barang, pakaian, bantal, handuk, dan lain sebagainya yang telah digunakan oleh penderita scabies. Jika keluarga Anda telah terinfeksi scabies atau kudis, ada baiknya pisahkan seluruh barang dan hindari untuk berkontak secara langsung. Pisahkan seluruh pakaian yang telah digunakan penderita.

Cuci secara terpisah dan pastikan tidak mencampurnya dengan pakaian Anda. Bila perlu gunakan sarung tangan saat mengambil barang atau pakaian penderita dan siram dengan air mendidih. Rendam selama 10 hingga 30 menit, lalu cuci dengan sabun dan jemur di bawah sinar matahari yang terik atau gunakan pengering dengan panas yang tinggi agar scabies mati. Ini salah satu cara membunuh tungau scabies agar tidak tertular.

Tungau scabies memang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang dan Anda harus berupaya agar tidak tertular dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, baik itu kucing atau anjing, maka perhatikan pula kebersihannya termasuk kandang hewan tersebut agar scabies tidak berkembang biak. Segera periksakan ke dokter jika mengalami gatal dan ruam akibat tungau untuk mendapatkan obat yang tepat.

Bunuh Tungau Scabies

Cara membunuh tungau scabies pada penderita bisa meminta resep ke dokter untuk mendapatkan dosis serta obat yang tepat. Biasanya dokter akan memberikan krim oles yang memiliki kandungan antitungau. Rasa gatal yang muncul akibat gigitan dari tungau scabies betina juga perlu diobati dari dalam menggunakan obat yang diminum. Obat untuk meredakan rasa gatal dengan cara diminum berupa antihistamin.

Anda harus pergi ke dokter kulit agar tungau scabies mati secara total dan berhenti berkembang biak di lapisan kulit. Mencuci seluruh pakaian, sprei, dan seluruh barang dengan air panas atau menyemprotkan anti tungau bisa dilakukan agar tungau scabies benar-benar mati. Bunuh tungau scabies harus dilakukan secara menyeluruh agar tidak kembali terinfeksi dan mengalami kambuh penyakit kudis.

Cara membunuh tungau scabies secara tepat dan total bisa dilakukan dengan menggunakan jasa fumida.co.id. Fumida merupakan perusahaan pembasmi hama terpercaya yang ada di Jakarta. Para pekerja profesional dengan alat yang modern akan membantu Anda menyelesaikan berbagai masalah terkait hama. Harga terjangkau dan bergaransi diberikan untuk kepuasan Anda dalam menerima layanan dari Fumida. Customer service kami siap selalu membantu anda di 0822-1123-1123 atau 021-29049130.

 

Leave Comment

seventeen + eleven =

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123