Bahan Alami Memutus Penyebaran Hama

Menjaga kesehatan dan kelangsungan hidup tanaman adalah menjadi tugas penting bagi anda yang memiliki tanaman hias. Terlebih jika pada tanaman hias sering mengalami kondisi layu atau rusak akibat serangan hama. Apabila tanaman di rumah kerap kali rusak karena hama, anda harus simak ulasan berikut yang terkait dengan bahan alami untuk basmi hama tanaman.

Jenis Bahan Alami Untuk Mencegah Penyebaran Hama Tanaman

1.Bawang Putih

Bahan masakan yang satu ini diketahui dapat menjadi bahan alami yang cukup ampuh untuk mengendalikan hama seperti semut, kutu daun, kumbang, ataupun lalat putih yang kerap kali mengganggu pertumbuhan tanaman. Ketika tanaman dihinggapi oleh beberapa hama tersebut, maka bawang putih bisa menjadi solusi untuk memutus penyebaran hama tanaman yang sedang merajalela.

Cara untuk membuat insektisida dari bawang putih ini juga cukup sederhana dan dapat dilakukan dengan mudah dirumah. Sediakan sekitar 10 hingga 12 siung bawang putih, setengah cangkir minyak sayur, serta satu sendok teh sabun cair. Setelah itu haluskan bawang putih lalu campur ke dalam air ukuran 1 liter. Kemudian biarkan semalaman hingga tekstur menjadi encer.

Jika sudah, selanjutnya anda bisa saring campuran bawang putih untuk basmi hama tanaman ini dengan mencampurkan semua bahan yang telah disebutkan menjadi satu. Setelah itu masukkan bahan ke dalam botol semprotan yang sudah anda sediakan untuk membasmi hama nakal pada tanaman.

Hal ini dikaarenakan bawang putih memiliki karakteristik antibakteri, antivirus alami serta antijamur, maka penggunaan bawang putih sebagai pestisida akan sangat baik diterapkan pada tanaman dirumah. Terlepas dari itu, bawang putih juga diketahui mengandung senyawa seperti diallyl trisulfide serta diallyl disulfide yang bisa mengganggu keberadaan serangga.

2. Minyak Mimba

Bahan alami selanjutnya yang bisa anda gunakan adalah minyak mimba atau neem oil yang diekstraksi dari biji pohon mimba atau Azadirachta indica yang berasal dari India maupun kawasan Asia Selatan lainnya. Keberadaan minyak mimba ini sudah lama dikenal sebagai salah satu produk insektisida tradisional yang kerap kali digunakan untuk basmi hama tanaman.

Membuat insektisida berbahan dasar minyak mimba ini bisa anda lakukan sendiri dirumah. Bahan yang digunakan yakni 2 sendok teh minyak mimba murni, satu sendok teh sabun cair, serta kisaran 250 mililiter air. Campurkan semua bahan tersebut lalu kocok di dalam botol dan semprotkan pada daun tanaman yang terdampak hama serangga.

Umumnya dalam penggunaan minyak mimba sebagai pestisida ini hanya membutuhkan dua atau tiga kali penyemprotan saja. karena minyak mimba berfungsi sebagai pengganggu hormon hama atau serangga. Ditambahkan lagi, bahwa minyak mimba juga mampu merusak siklus hidup serangga. Termasuk juga di dalamnya seperti telur, larva, hingga serangga dewasa.

3. Daun Tomat

Kandungan dari tanaman tomat diketahui terdapat kandungan glycoalkaloid Tomatine atau solanum lycopersicum, alkaloid alami dengan memiliki sifat insektisida, fungisida dan juga antimikroba. Dengan beberapa kandungan itulah, daun tomat dipercaya bisa menjadi pestisida nabati sebagai bahan yang efektif melawan keberadaan serangga hingga mampu basmi hama tanaman.

Cara yang bisa digunakan yakni dengan memotong beberapa daun tomat lalu masukkan ke dalam wadah. Selanjutnya tambahkan juga dua gelas air dan biarkan larutan itu hingga semalaman. Keesokan harinya anda bisa mengencerkan campuran dengan tambahkan satu cangkir air lagi, lalu taburi tanaman dengan cara menyemprotkan cairan tersebut.

Itu dia beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara membasmi keberadaan hama pada tanaman koleksi anda yang berada di pekarangan rumah. Jika cara tersebut belum berhasil dan hama masih saja berkeliaran, anda bisa menggunakan FUMIDA sebagai jasa pembasmi hama.

Leave Comment

five × 3 =

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123082211231123