fbpx
Cara membasmi Semut pada Tanaman Anggrek

Keberadaan semut di tanaman bisa merusak sekaligus mengganggu. Segera cari tahu cara membasmi semut pada tanaman saat kebun atau pekarangan Anda diserang.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Pemilihan bahan alaminya harus disesuaikan dengan karakter pohon atau tanaman yang sedang diserang.

Penggunaan bahan alami dalam membasmi atau menghilangkan semut memang tak seefektif racun atau obat pembasmi. Akan tetapi, cara ini tergolong lebih aman dan bisa dilakukan oleh siapa saja sehingga risiko terjadi hal-hal tak diinginkan pun kecil.

Nah, dari pada penasaran dengan pilihan bahan alaminya. Simak saja ulasan lengkapnya dalam artikel ini!

Yuk kenali 7 cara membasmi semut pada tanaman pakai bahan alami!

Berikut ini adalah bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan semut pada tanaman:

  1. Perasan air jeruk lemon atau jeruk nipis.
  2. Air bawang putih.
  3. Air sabun.
  4. Air dan cuka.
  5. Bubuk cabe.
  6. Bubuk kayu manis.
  7. Bubuk kopi.

Itulah 7 bahan yang bisa digunakan untuk menanggulangi masalah hama yang suka gula tersebut. Sekarang, mari kita lihat pengaplikasian masing-masing bahan alami pada beberapa tanaman di bawah ini:

Cara membasmi Semut pada Tanaman Anggrek

1. Tanaman anggrek

Tanaman anggrek termasuk ke dalam salah satu tanaman pot yang bisa diserang koloni semut hitam. Pada dasarnya, penanganan tanaman anggrek cukup mudah karena tidak terlalu tinggi dan masih bisa dijangkau.

Anda bisa menggunakan perasan jeruk lemon. Jika jeruk lemon terlalu mahal, pilihan lainnya adalah jeruk nipis atau jeruk biasa. Jeruk memiliki kandungan yang sangat tidak disukai oleh semut karena bagi mereka sifatnya beracun.

Untuk hasil yang lebih efektif, gunakanlah minyak jeruk, gula tetes, sabun cuci piring, dan air. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Setinggi apa tanaman anggrek yang Anda miliki. Gunakan campuran ini untuk menyiram tanaman anggrek.

Baca juga  11 Cara Membasmi Semut Di Rumah

Jika Anda tidak punya minyak jeruk, kupas jeruk dan rebus kulitnya sampai lunak, dan airnya tinggal sedikit.

2. Tanaman cengkeh

Kalau tanaman cengkeh hanya satu dua, cara di atas bisa dilakukan. Namun jika tanaman cengkeh Anda satu kebun, maka perlu penyiraman masal dan dibutuhkan bahan yang murah dan bisa digandakan dengan mudah. Apa itu?

Air sabun adalah pilihan yang tepat. Anda bisa mencampurkan air dengan sabun kemudian menyiramkannya di seluruh kebun cengkeh.

3. Tanaman cabe

Biasanya, tanaman cabe didatangi oleh semut hitam yang tidak menggigit jika tidak diganggu. Meski tidak menggigit, keberadaan mereka harus segera dibasmi sebab bisa membuat daun cabe menggelinting.

Di samping, proses panen cabe juga bisa terganggu karena adanya koloni semut yang mengganggu saat cabe dipetik. Apa solusinya?

Solusinya adalah dengan menggunakan bubuk cabe. Memang terdengar aneh saat tanaman cabe yang diserang semut harus ditangani dengan bubuk cabe yang merupakan hasil dari tanaman tersebut. Tapi ini cukup efektif. Coba saja!

4. Tanaman jambu

Untuk membuat aroma jambu tak terkontaminasi dengan aroma sabun atau malah pedas karena bubuk cabe, gunakanlah bubuk kayu manis. Anda bisa membalurkan bubuk kayu manis pada batang pohon dari bawah sampai atas. Atau di daerah semut biasa terlihat.

5. Tanaman kopi

Gunakanlah bubuk kopi untuk membasmi semut di tanaman kopi. Jika masih ingin coba-coba, gunakanlah dulu bubuk bekas seduhan kopi Anda di pagi hari untuk mengetahui efektivitasnya.

6. Tanaman mangga

Air bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara membasmi semut di pohon mangga. Tumbuk bawang putih dan beri air hingga terbentuk pasta. Taruh di bagian pohon yang diserang hama untuk mengusirnya.

Baca juga  6 Cara Ampuh Membasmi Laron

7. Menghilangkan semut di tanah untuk tanaman lainnya

Anda bisa menghilangkan semut di tanah dengan menyiramkan air cuka. Ini akan memberikan hasil yang efektif jika dikombinasikan dengan cara-cara di atas.

Sayangnya, cara-cara di atas cocok untuk mengusir semut dalam skala kecil. Bagaimana dengan skala besar? Bagaimana jika kebunnya sangat luas dan serangan hama sangat banyak sampai tidak bisa tertangani?

Solusinya hanya satu. Hubungi jasa pembasmi semut sekarang di nomor 0822.1177.1166. Fumida merupakan salah satu penyedia pembasmi hama terpercaya dengan pengalaman lebih dari 10 tahun.

Tim yang bekerja sudah berlisensi dan bisa memberikan pelayanan terbaik dalam cara membasmi semut pada tanaman. Hama pergi tak kembali lagi. Telepon sekarang di nomor 021.2904.9130. Anda boleh konsultasi untuk lebih meyakinkan diri.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

Lokasi Kantor FUMIDA

Kirimkan Kami Pesan

[recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]