fbpx
Gambar 1 - Tujuan pengendalian tikus

Pernah menjumpai ribuan tikus? Jika iya, itulah saatnya pengendalian tikus dilakukan dengan cepat agar tidak menimbulkan kerugian yang besar.

Sebagaimana diketahui, hewan pengerat ini bisa menyebabkan berbagai masalah. Baik itu di rumah maupun di sawah.

Kalau di rumah, mereka bisa menggerogoti pakaian, mengotori rumah, dan menyebabkan masalah arus pendek karena merusak kabel.

Sementara di sawah, kerugian materi yang sangat besar pasti dirasakan apabila tanaman yang dirawat petani diserang begitu saja.

Untuk mencegah hal ini, perlu dilakukan metode yang paling tepat supaya mereka benar-benar bisa pergi dan tidak mengganggu lagi.

Tujuan pengendalian tikus

Sebagai disebutkan di atas bahwa ada banyak sekali dampak negatif yang bisa disebabkan oleh tikus atau curut. Maka tujuan pengendaliannya secara garis besar adalah untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

 Tujuan pengendalian tikus

Berikut ini adalah beberapa tujuan yang bisa dicapai saat bisa mengendalikan pertumbuhan hewan pengerat:

Mengurangi kerugian akibat gagal panen

Bila yang menjadi masalah Anda adalah tikus yang menyerang sawah, maka jelas tujuan pengendaliannya adalah agar tidak mengalami kerugian besar akibat panen yang gagal.

Hal ini karena saat sudah menyerang di sawah atau perkebunan, biasanya jumlahnya sudah mencapai ratusan bahkan ribuan.

Bukan hanya sawah Anda melainkan juga milik tetangga. Mereka tidak akan pilih-pilih, asal ada makanan, di situ mereka bisa menyerang dengan bebas.

Tujuan pengendalian tikus di rumah

Tikus yang menghuni rumah biasanya terbagi dalam beberapa jenis di antaranya adalah tikus got, tikus atap, dan yang lainnya.

Tujuan pengendaliannya tentu adalah untuk membuat rumah lebih bersih sebab hewan ini identik dengan kotor dan bikin jijik. Mereka juga menggerogoti semua benda dan meninggalkannya berserakan di lantai.

Baca juga  Tikus Got: Ciri-ciri, Bahaya, dan Cara Mengusir yang Tepat

Selain alasan kebersihan, tujuan lain yang ingin dicapai adalah menekan kerugian akibat kerusakan perabot. Sebagaimana diketahui, hewan ini suka sekali makan kabel. Bayangkan saja bila kabel yang dirusak itu adalah milik kulkas, mesin cuci, atau perabot lain.

Bila ini dibiarkan maka perabot yang harganya jutaan tersebut bisa rusak hanya karena bekas gigitan mereka.

Belum lagi masalah arus pendek saat yang dimakan sudah mencapai kabel bagian dalam. Bila sudah ada arus pendek, maka urusannya sudah berhubungan dengan listrik yang pada kelanjutannya tujuan pengendaliannya adalah untuk menghindari kebakaran akibat konsleting listrik.

Hewan ini juga membawa banyak sekali virus dalam tubuhnya. Sebagai contoh hantavirus dan salmonella. Bila dibiarkan begitu saja, penularan virus ini akan mengganggu kesehatan manusia, baik dalam tahap ringan maupun berat.

Last but not least, meski bukan termasuk dalam serangga perusak pakaian, hewan pengerat juga memiliki kemampuan untuk membuat baju, kaos, dan pakaian Anda yang lainnya jadi berlubang-lubang.

Metode pengendalian tikus sawah

Karena menimbulkan kerugian yang besar, para petani biasanya melakukan penanganan yang serius terhadap hama satu ini. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

Metode pengendalian tikus sawah

Memagari dan memasang jebakan

Para petani secara bersama akan memagari tanamannya. Agar lebih aman, mereka juga akan memasang jebakan untuk menangkap mereka.

Dengan memagari dan memasang jebakan, jumlah mereka akan berkurang seiring berjalannya waktu. Jadi, paling tidak bisa mengurangi hewan yang memakan hasil panen sehingga dapat menekan kerugian.

Melepaskan predator alami mereka

Para petani juga biasanya melepaskan predator alaminya. Contoh: ular dan burung hantu sebagai cara tradisional mengusir tikus.

Pakai obat semprot pengusir tikus

Selain jebakan dan pagar, untuk hasil yang lebih cepat para petani juga menggunakan obat semprot secara bersama-sama.

Obat yang paling terkenal adalah Radoc. Obat jenis ini bisa didapatkan secara online maupun offline. Baiknya, selain bisa mengusir hama tikus, Radoc juga sangat bagus untuk pengusiran burung yang biasanya membuat tanaman padi gabug (tak berisi).

Para petani melakukan metode apa saja secara kompak. Sebab mereka mengerti bahwa serangan hama ini bisa berpindah dari satu sawah ke sawah lainnya dengan cepat.

Baca juga  Info Pembasmian Hama Pestcontrol Semut dll daerah Pasilian Call 021-29049130

Metode pengendalian tikus rumah terbaik

Bila tikus sawah bisa dikendalikan secara bersama, yakni atas kerja sama para petani, tidak demikian dengan tikus rumah. Anda harus melakukan semua metodenya sendiri sehingga pengusiran dan pembasmian bisa berhasil.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan di rumah, di antaranya adalah:

Memasang jebakan tikus

Ada banyak jebakan tikus rumahan yang bisa digunakan. Anda bisa membuatnya sendiri atau membelinya di toko terdekat.

Beberapa bentuk jebakan yang biasanya dipakai di rumah adalah kotak besi, penjapit, dll. Jika Anda mau buat sendiri, silakan manfaatkan botol air bekas atau ember.

Biasanya, untuk bisa menjebak mereka dibutuhkan makanan sebagai umpan.

Gunakan aplikasi dan alat pengusir tikus

Anda juga bisa memakai aplikasi yang tersedia di Play Store dan dapat diunduh secara gratis. Aplikasi semacam ini biasanya bekerja dengan mengeluarkan gelombang bunyi yang bisa mengganggu hama. Sehingga mereka akan pergi sendiri dan terusir.

Namun, bila aplikasi ini tak cukup efektif, sebaiknya pakailah alat pengusir tikus yang elektrik. Anda pun bisa membelinya secara online.

Cara-cara ini tak hanya bisa mengusir tikus, tetapi juga hewan lain seperti kecoa dan cicak.

Jasa pembasmi tikus

Dibandingkan metode-metode di atas, metode ini adalah yang paling efektif untuk membasmi hama tikus. Salah satu rekomendasi jasa pembasmi tikus terbaik adalah Fumida. Tim sudah terdaftar dan diakui.

Jasa pembasmi tikus

Testimoni yang masuk ke Fumida juga sangat positif dan banyak. Tim sudah mendapatkan rating 4,8 dari 5 bintang dari ratusan ulasan yang masuk.

Anda bisa menghubungi di 0822.1123.1123 atau 021.2904.9130 untuk segera melakukan pengendalian tikus rumah dengan cepat dan tepat.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123