fbpx
Gambar 1 - Cara tradisional mengusir tikus di rumah sendiri, layak dicoba!

Sebelum mencoba menggunakan racun, sebagian orang melakukan cara tradisional mengusir tikus di rumah sendiri. Hal ini dilakukan karena dinilai lebih aman dan alami.

Ada banyak bahan alami yang bisa dipakai dalam cara mengusir tikus yang membandel di rumah. Anda bisa mencobanya bila memang berkenan.

Namun perlu diperhatikan bahwa efektivitas bahan alami ini juga masih dipertanyakan. Melihat testimoni beberapa orang yang mengungkakan ketidakpuasan.

Meski begitu, tak ada salahnya tetap mencoba. Toh, sesuatu yang bergerak secara alami memang butuh waktu. Tak hanya soal pengusiran dan pembasmian tikus saja, tapi secara umum memang demikian.

Jadi, bila Anda tetap ingin mencoba dan bereksperimen sendiri, kami akan membahas beberapa bahan yang dapat digunakan.

19 Cara tradisional mengusir tikus di rumah sendiri, layak dicoba!

Tidak da ruginya mencoba cara di bawah ini untuk mengusir tikus. Bahannya alami, mudah didapatkan, dan murah.

Lada bubuk atau merica bubuk

Anda bisa memakai lada bubuk, silakan beli lada bubuk kemasan atau hancurkan merica bulat. Taburkan atau taruh di area yang sering dilewati oleh hewan pengerat.

Cara mengusir tikus dengan kopi

Sudah bukan rahasia bila hewan ini sangat tidak suka dengan kopi karena aroma yang khas mengganggu indera penciumannya. Untuk memakai bubuk kopi, caranya cukup mudah.

Silakan taburkan bubuk kopi di sudut rumah yang sering dilalui oleh hewan ini. Anda juga bisa meletakkan di area-area yang dicurigai sebagai sarang persembunyian mereka.

Bagaimanapun, tikus merupakan hewan yang terbiasa menggunakan jalur yang sama dalam mencari makan karena mereka bisa mendeteksi jejak dengan baik. Manfaatkan kebiasaan ini untuk mengusir mereka.

Cangkang telur

Meski belum ada bukti studi yang mendukung. Cangkang telur menjadi salah satu bahan yang bisa dicoba karena gratis.

Cangkang ini harus dihaluskan dulu sampai menjadi bubuk. Baru kemudian bisa ditaruh di area yang sering dijadikan lintasan mereka.

Baca juga  Menerima Pembasmian Hama Pestcontrol Serangga dll daerah Onyam Phone 021-29049130

Daun sirsak

Di kampung, mencari daun sirsak masih sangat mudah. Daun ini mengeluarkan zat yang bisa merangsang munculnya aroma yang tak disukai oleh hewan pengerat.

Blender atau sobek sampai kecil daun sirsak lalu letakkan di sudut rumah dan lintasan mereka. Lakukan secara rutin dan ganti daun bila sudah kering.

Daun mint

Cara tradisional mengusir tikus di rumah sendiri, layak dicoba!

Selain daun sirsak, mint juga mengeluarkan zat perangsang aroma yang tak disukai tikus. Pemakaian daun ini sama dengan sirsak. Bedanya hanya di ketersediaannya saja.

Teh celup

Bila biasanya setelah membuat teh, kantungnya dibuang. Sekarang, Anda bisa menyimpannya. Gunakan kantung ini untuk menciptakan iritasi pada hidung tikus.

Bagaimana pun, teh celup biasanya mengandung peppermint yang memang bisa menyebabkan iritasi pada indera penciuman mereka.

Kapas dan cuka

Siapkan cuka putih, taruh di kapas. Bersihkan rumah, pel menggunakan pembersih dan pewangi.

Jika cuka sudah terserap pada kapas, silakan taruh di sarang atau jalur lintasan mereka.

Bulu burung

Sebenarnya Anda bisa menggunakan semua jenis bulu burung. Namun, ada yang bilang bahwa yang terampuh adalah bulu burung hantu. Bulu ini memiliki kesan misterius dan membuat tikus tersiksa karena merasa geli saat bulu tersebut menyentuh kulitnya.

Kucing

Inilah yang jelas dilakukan oleh orang zaman dulu. Kucing dan tikus adalah musuh abadi. Bila ingin tikus pergi, peliharalah kucing yang suka makan hewan pengerat tersebut.

Jangkrik

Jangkrik memang suka ngerik. Meski kadang terdengar berisik, tapi ini menguntungkan buat Anda bila ingin mengusir tikus dari rumah. Sebab hewan pengerat ini juga tersiksa dengan suara jangkrik tersebut.

Cengkeh

Aromanya memang harum dan menenangkan. Tapi tidak demikian buat hewan pengerat.

Bawang putih

Silakan iris bawang putih dan taruh di kasa. Diamkan bungkusan ini di pojok rumah atau area yang dicurigai sebagai sarang dan jalur lintasan.

Baca juga  Menyediakan Jasa Pembasmian Hama Pestcontrol Tikus dll daerah Poris Plawad Indah Telp 021-29049130

Mengkudu

Mengkudu memiliki banyak manfaat buat kesehatan. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk membersihkan lingkungan rumah dari tikus.

Baking soda atau soda kue

Baking soda atau soda kue

Campurkan baking soda ke makanan yang biasanya dimakan oleh tikus. Jadikan umpan jebakan bila perlu. Bahan ini akan membuat tubuh mereka mengembang.

Minyak peppermint

Taruh minyak ini di bola kapas dan letakkan dekat dengan sarang mereka.

Saus atau bubuk cabai, detergen, dan air

Campurkan bubuk cabai (boleh saus), detergen, dan air. Gunakan larutan ini untuk menyemprot hewan pengerat bila mereka muncul.

Kulit durian

Potong kecil-kecil kulit durian dan letakkan di jalur mereka lewat. Aromanya yang menyengat akan mengganggu indera penciuman dan kulitnya yang tajam akan membuat kulitnya tak nyaman.

Kulit jengkol

Jengkol juga punya bau yang sangat menyengat. Blender kulit jengkol dan taruh bubuknya di area yang biasa mereka lewati.

Daun salam

Iris tipis-tipis daun salam. Taruh di jalur lewat dan sarang mereka. Ganti bila sudah kering.

Cara mengusir tikus membandel dengan cepat

Bila dengan cara alami di atas hewan ini tidak juga pergi, maka panggillah jasa pembasmi tikus. Tim dari Fumida akan memberikan solusi pasti dan terjamin untuk mengatasi masalah hewan pengerat di rumah dan lingkungan Anda.

Cara mengusir tikus membandel dengan cepat

Segera hubungi kami di nomor 0822.1177.1166 bila cara tradisional mengusir tikus di rumah yang Anda lakukan tak kunjung berhasil.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

[recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]