fbpx
Gambar 1 - Ini 10 serangga perusak pakaian yang harus segera ditangani dengan cepat!

Kaos tiba-tiba bolong? Bisa jadi di lemari Anda ada serangga perusak pakaian. Cek dan lakukan cara membasminya segera bila memang terbukti mereka menyerang rumah dan perabot Anda.

Ada banyak jenis serangga yang bisa menyebabkan rusaknya pakaian. Serangga ini ada yang sudah familiar, ada juga yang masih belum terlalu dikenal.

Maka dari itu penting untuk mengetahui jenis serangga yang bisa menyebabkan kerusakan pada kaos, kemeja, baju, blus, dress, rok, celana, dan semacamnya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas beberapa jenis hewan tersebut berikut cara membasminya. Jadi, selamat menyimak.

Ini 10 serangga perusak pakaian yang harus segera ditangani dengan cepat!

Sebagaimana diketahui, di dunia ini ada banyak sekali jenis serangga. Dari sekian banyak spesies tersebut, berikut ini adalah beberapa nama hewan yang bisa membuat pakaian Anda jadi rusak:

 Ini 10 serangga perusak pakaian yang harus segera ditangani dengan cepat!

Rayap

Hewan satu ini memang lebih dikenal sebagai pemakan dan perusak kayu. Tapi ternyata saat sudah masuk ke lemari, mereka tidak hanya akan makan kayu tetapi juga buku dan pakaian.

Hal ini karena rayap bukanlah pemakan kayu, melainkan mereka mengambil selulosa dalam kayu. Jadi, selama bisa menemukan selulosa pada buku, uang kertas, dan pakaian, mereka akan mengambilnya dengan cara apapun.

Terlebih lagi, hewan satu ini sangat tertarik dengan aroma tubuh, bau keringat, minyak tubuh, dan kulit mati. Berada di ruang gelap seperti lemari akan membuat mereka merasa leluasa untuk merusak apa yang ada di dalamnya.

Kutu api

Dalam bahasa inggris, kutu api ini disebut dengan firebrat. Mereka sangat aktif di malam hari dan sangat suka dengan ruangan hangat, contohnya atap atau loteng.

Cirinya adalah berukuran kecil sekitar 1 cm dan tidak memiliki sayap. Hewan ini memang secara khusus suka dengan bahan-bahan pembuat pakaian. Misalnya kain linen, kapas, hingga kain rayon.

Baca juga  Menyediakan Jasa Pembasmian Hama Pestcontrol Serangga dll daerah Mekar Jaya Call 021-29049130

Jadi, saat mereka sudah masuk dalam rumah dan menginvasi rumah Anda, bersiaplah untuk menemui kaos yang bolong atau baju yang berlubang kecil.

Apalagi bila mereka sudah menemukan satu sumber makanan, kecenderungannya adalah kutu api akan bertahan dan menetap di situ.

Semut

Semut memang tidak dikenal bisa merusak pakaian secara langsung. Akan tetapi hewan omnivora yang suka sisa makanan dan bangkai hewan ini bisa membuat Anda jengkel saat sudah menyerang lemari.

Sebab mereka bisa mengotori pakaian, menciptakan kerusakan yang kadang tak terbayangkan. Misalnya dengan meninggalkan telur-telurnya. Apalagi jika sarang mereka terletak di lemari tersebut. Pasti Anda harus berhati-hati bila mau memakai baju.

Kumbang karpet

Ada 3 jenis kumbang karpet dengan bentuk mirip. Ketiganya bisa dibedakan melalui warna. Yang perlu diketahui, kumbang karpet betina biasanya akan bertelur di sekitar perabot rumah dan paling sering di karpet.

Yang jadi masalah, si betina sangat pandai memilih tempat yang tersembunyi untuk meletakkan telur-telur tersebut.

Padahal, larva dari kumbang karpet ini suka memakan serat alami pakaian. Sebagai contoh benang sutra dan wol.

Dari fase telur ke larva, mereka hanya butuh waktu sekitar 8 sampai 15 hari saja. Mereka sangat betah di tempat gelap dan tersembunyi.

Ngengat pakaian

Ngengat sudah terkenal sebagai serangga perusak pakaian. Sama dengan kumbang karpet, fase hewan ini yang paling senang merusak baju adalah larva.

Selain bisa memakan wol, flanel, dan kain kotor, hewan ini juga suka mengonsumsi serpihan rambut. Bila Anda sering menemukan jahitan yang terkelupas atau baju berlubang, maka ini berarti ngengat harus dicurigai sebagai penyebabnya.

Gegat

Hewan ini suka makanan dari serat alami seperti kapas, kain rayon, dan sutra. Dalam bahasa inggris gegat disebut silverfish. Bila sudah menginvasi pakaian, gegat bisa menyebabkan pakaian berlubang dan rusaknya jahitan.

Jangkrik

Siapa yang menyangka bila jangkrik ternyata juga memiliki peran dalam kerusakan pakaian. Biasanya, hewan ini sangat suka dengan pakaian kotor utamanya yang membawa aroma tanah.

Selain aroma tanah, jangkrik juga mencari pakaian dengan aroma keringat, makanan, minuman, noda, dan sel kulit mati.

Baca juga  Menangani Pembasmian Hama Pestcontrol Lalat dll daerah Cikareo Hub 021-29049130

Lipan

Satu lagi hewan yang tak disangka bisa merusak pakaian, lipan. Hewan berkaki banyak ini suka sekali hidup di area yang gelap dan tersembunyi. Saat sudah memasuki rumah dan menemukan tempat yang dekat dengan sumber makanan, mereka cenderung akan bertahan dan menetap di sana.

Tinea pellionella

Namanya mungkin terdengar kurang familiar. Tapi kami yakin Anda pernah melihatnya meski hanya satu kali.

Tinea pellionella

Ciri dari hewan ini adalah menyerupai cacing bercangkang. Tubuhnya terbungkus sesuatu menyerupai kepompong berbentuk pipih.

Saat tidak ada manusia, mereka akan berjalan seperti biasa. Tapi kalau ada manusia, mereka secara otomatis akan masuk ke dalam cangkang untuk bersembunyi.

Masalahnya, cangkangnya sangat keras dan tidak bisa dibunuh dengan mudah. Padahal hewan ini bisa merusak pakaian berbagai jenis. Di antaranya wol, pakaian kotor, flanel, hingga rambut.

Kecoa

Terakhir adalah kecoa. Hewan satu ini sangat suka dengan tempat lembap dan gelap. Kecoak juga menyukai pakaian dengan bau keringat atau yang terkena noda makanan dan minuman.

Meski tak secara langsung menyebabkan kerusakan, karena ingin mendapatkan makanan yang tertempel di pakaian mereka bisa merusaknya dengan cepat.

Cara mencegah dan membasmi serangga perusak baju

Karena menyebabkan kerusakan dan pasti merugikan, hendaknya Anda waspada dan melakukan pengendalian dengan cepat.

Cara mencegah dan membasmi serangga perusak baju

Silakan panggil jasa pembasmi serangga untuk mengatasi masalah Anda dengan cepat. Cocok untuk pemilik usaha baju, kain, dan yang lainnya. Juga bisa mengatasi masalah di rumah secara aman.

Fumida adalah pengendali hama yang bisa Anda panggil di nomor 0822.1123.1123 atau 021.2904.9130. Tim yang sudah berpengalaman akan segera menyelesaikan masalah dengan membasmi serangga perusak pakaian yang ada di lemari dan tempat penyimpanan Anda.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

[recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123