fbpx
Gambar 2 - Klasifikasi serangga yang merugikan dan tidak terbang

Kenali ciri jenis serangga di rumah yang berbahaya dan bisa menyengat manusia. Segera lakukan pembasmian bila menjumpainya.

Serangga atau yang dalam bahasa latin disebut insekta memiliki ragam yang sangat banyak. Jumlah spesiesnya bahkan mencapai ratusan ribu.

Sebut saja capung yang sudah ditemukan sebanyak 5.000 spesies, belalang dengan 20.000 spesies, lalat dan kerabatnya sebanyak 120.000 spesies, kumbang sebanyak 360.000 spesies, kepik sebanyak 82.000 spesies, semut dan lebah sebanyak 110.000 spesies, hingga kupu-kupu dan ngengat yang berjumlah 170.000 spesies.

Angka-angka tersebut masih dapat berkembang, seiring dengan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya. Meskipun tidak mengenali keseluruhan jenisnya. Paling tidak kita kenal serangga yang masuk ke rumah atau berada di lingkungan sekitar.

Serangga adalah…

Dalam dunia keilmuan biologi, pengertian serangga adalah hewan-hewan yang memiliki ruas dalam tubuhnya dengan tingkat adaptasi yang tinggi. Ada banyak jenis serangga yang disinyalir telah ada ratusan juta tahun yang lalu berkat kemampuan adaptasi mereka dengan lingkungan.

Jenis serangga di rumah dan ciri-cirinya

Ada banyak sekali jenis serangga yang ada di rumah. Kita sering melihat lalat, capung, kupu-kupu, nyamuk, bahkan tawon atau lebah.

 Jenis serangga di rumah dan ciri-cirinya

Jumlah hewan-hewan ini di pedesaan dengan di area perkotaan tentu berbeda. Di pedesaan biasanya insektanya lebih banyak dibanding di perkotaan yang padat dengan penduduk.

Artinya, jumlah insekta yang ada di rumah Anda tergantung juga dengan di mana Anda tinggal dan kondisi lingkungannya.

Kalau memang dekat dengan habitat para serangga, maka jelas di rumah Anda pun akan ditemukan banyak sekali insekta. Sebaliknya, bila lingkungannya tidak jadi habitat, serangga juga akan jarang terlihat di rumah.

Baca juga  Menyediakan Jasa Pembasmian Hama Pestcontrol Serangga dll daerah Jatiasih Hub 021-29049130

Berikut ini adalah beberapa klasifikasi serangga yang biasanya masuk ke dalam rumah:

Jenis serangga yang dapat terbang dan ciri umumnya

Sebagian besar serangga yang bisa masuk rumah adalah mereka yang memiliki sayap dan bisa terbang, di antaranya adalah:

Nyamuk

Inilah serangga yang hampir ditemukan di semua rumah. Hal ini karena nyamuk sangat mudah menemukan habitat. Asalkan ada air menggenang untuk menaruh telur dan kondisi rumah yang lembap, mereka bisa berkembang biak dengan leluasa.

Masalahnya, ada banyak penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Mulai dari malaria, demam berdarah, kaki gajah, chikungunya, dan yang lainnya.

Semua penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk yang membawa bakteri dan parasit sesuai dengan nama penyakitnya.

Lalat

Tak jauh berbeda dengan nyamuk, lalat juga sangat mudah ditemukan di rumah. Hal ini karena setiap hari di rumah ada makanan lalat juga tempat untuk mereka bertelur dan menetaskan telurnya. Apalagi kalau bukan tempat sampah.

Meski tidak tinggal dekat pembuangan sampah, tapi setiap rumah pasti memproduksi sampah setiap harinya. Inilah yang menarik buat serangga terbang satu ini.

Masalahnya, lalat membawa bakteri yang bisa menyebabkan masalah pencernaan sehingga harus segera dibasmi.

Tawon dan lebah

Tawon dan lebah juga memiliki peran dalam menciptakan teror di dalam rumah. Meski jumlahnya hanya satu dua, ini sudah cukup membuat panik orang seisi rumah apabila mereka berhasil masuk.

Hal ini bukan tanpa alasan. Tawon merupakan jenis serangga menyengat. Pada beberapa kasus ditemukan bahwa sengatan tawon bisa mengakibatkan kematian.

Jadi, sudah menjadi fakta umum bahwa hewan ini bisa terbang dan berbahaya.

Bila sarang tawon biasanya berwarna abu-abu dengan tekstur menyerupai kertas, lebah memiliki sarang yang berwarna putih bening. Khusus lebah madu, di dalam sarang ini terdapat madu yang bermanfaat buat manusia.

Kecoa

Beberapa jenis kecoa memiliki sayap dan bisa terbang dalam jarak dekat. Hal ini karena pada dasarnya sayap kecoa tidak diperuntukkan buat terbang, tetapi lebih ke menjatuhkan diri.

Baca juga  Menyediakan Jasa Pembasmian Hama Pestcontrol Serangga dll daerah Kukusan Call 021-29049130

Sayap ini biasanya dipakai untuk beradaptasi saat mereka sedang merasa terancam atau menjatuhkan diri dari ketinggian saat ada yang mengejarnya.

Hewan ini juga membawa banyak bakteri dalam tubuhnya. Beberapa masalah yang bisa ditimbulkan adalah diare, keracunan, gatal, dll.

Klasifikasi serangga yang merugikan dan tidak terbang

Selain mereka yang bisa terbang, Anda juga bisa menemui beberapa hewan yang merugikan tapi lebih sering terlihat bersembunyi di celah-celah, yakni:

Klasifikasi serangga yang merugikan dan tidak terbang

Semut

Siklus hidup semut sebagian besar dilakukan dekat dengan tempat tinggal kita. Makanya mereka sangat sering dijumpai di dalam rumah.

Seperti diketahui, untuk dapat berkembang biak mereka butuh asupan nutrisi atau makanan. Sementara tim pekerja yang bertugas untuk hal tersebut mencarinya di dapur dan makanan-makanan sisa yang ada di rumah.

Insekta ini merugikan karena bisa merongrong bangunan rumah untuk membuat sarang dan tempat perlindungan.

Kutu kasur dan yang lainnya

Selanjutnya, kutu-kutuan yang di dalamnya terdapat kutu kasur, kutu busuk, dan yang lainnya juga menimbulkan kerugian tersendiri.

Bau kasur jadi busuk dan bila menggigit bisa meninggalkan jejak gatal yang membuat kulit merah.

Cara membasmi serangga cepat dan tepat

Untuk membasmi keseluruhan serangga dalam waktu yang cepat dan tepat sasaran, Anda butuh jasa pembasmi serangga. Tim ini sudah berpengalaman dalam penanganan semua jenis serangga dan akan membantu menghilangkan masalah di rumah Anda.

Cara membasmi serangga cepat dan tepat

Jasa anti serangga berbahaya “Fumida” bisa dihubungi di nomor 021.2904.9130 atau 0822.1123.1123. Respons cepat, layanan berkualitas.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123