fbpx
Begini cara praktis mengusir rayap di lemari rumah secara sederhana tapi efektif

Tak terlalu sulit! Ternyata ada beberapa cara praktis mengusir rayap secara efektif sampai tuntas. Trik ini bisa diterapkan di lemari rumah, plafon, kusen, tembok, dan bagian rumah lainnya.

Kenapa harus diterapkan di seluruh bagian rumah?

Hal ini karena saat hewan pemakan kayu ini sudah menyerang salah satu sudut rumah, maka bagian lainnya akan ikut diserang dalam waktu sekejap. Meski serangannya memang tidak langsung terlihat karena mereka merongrong bagian dalam rumah.

Bahkan, keberadaan mereka biasanya baru akan terdeteksi jika kerusakan yang ditimbulkan banyak. Dengan kata lain, kerugian yang ada di rumah Anda juga besar.

Maka dari itu, untuk menghindari hal ini dan menemukan solusi yang tepat, silakan baca artikel ini sampai selesai.

Begini cara praktis mengusir rayap di lemari rumah secara sederhana tapi efektif

Sebagaimana kita tahu, lemari merupakan furnitur yang sangat penting. Perabot ini digunakan sebagai tempat penyimpanan barang. Mulai dari kebutuhan pokok seperti baju hingga benda-benda penting seperti dokumen, perhiasan, dan uang.

Begini cara praktis mengusir rayap di lemari rumah secara sederhana tapi efektif

Bila lemari tidak dibuat dengan rencana dan eksekusi yang bagus, maka benda ini bisa rusak dengan cepat. Bagaimana caranya supaya lemari penyimpanan Anda aman dari hama:

Cara mengusir rayap dengan memilih material pembuat furnitur

Pilihlah kayu terbaik untuk membuat furnitur. Kayu yang kami rekomendasikan adalah jati. Jenis material ini sangat kokoh, tahan terhadap cuaca, dan jamur. Jadi, sifatnya awet dan tidak bisa diserang oleh hama.

Pakaikan pelapis sebelum dibuat

Semprot dulu kayu yang akan dibuat jadi furnitur, kusen, atau plafon dengan cairan anti rayap. Bahan ini bisa dibeli secara online dan fungsinya memang untuk melapisi kayu agar tahan terhadap serangan hama.

Baca juga  Jasa Pembasmi Rayap di Mampang Prapatan Jakarta Selatan

Cara menghilangkan rayap di lemari kayu dengan cat atau pelitur sebagai finishing

Setelah materialnya dibuat menjadi lemari atau furnitur lain, segera lakukan finishing dengan mengecatnya menggunakan produk yang mengandung zat anti hama. Kini sudah banyak tersedia bahan ini secara online. Anda bisa mencarinya secara langsung di marketplace atau internet.

Cara menghilangkan rayap di lemari kayu dengan cat atau pelitur sebagai finishing

Pemasangannya jangan mepet

Selanjutnya, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan dengan meletakkan lemari di ruangan. Caranya adalah dengan meletakkannya tidak mepet ke tembok. Ini akan mencegah jenis rayap kayu kering naik melalui tembok dan berpindah ke lemari Anda.

Cara mengusir rayap di lemari dan furnitur lain dengan menjemurnya

Bila ingin perabot rumah aman dari rayap, Anda bisa menjemurnya secara berkala. Trik ini memang terkesan ribet sebab Anda perlu angkat-angkat perabot besar.

Untuk itu, sebagai gantinya, Anda bisa melakukan cara lain, yakni menjaga kelembapan rumah agar selalu pada batas yang wajar. Jangan biarkan rumah terlalu lembap dan pastikan bahwa sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah dengan baik.

Pastikan bahwa tempat tinggal Anda terasa kering karena cahaya bebas keluar masuk.

Cara mengusir rayap di rumah dengan membuat ventilasi yang lebar

Cahaya dan udara yang masuk ke dalam rumah bisa didapatkan bila Anda membangunnya dengan jendela, ventilasi, dan bukaan yang luas. Konsep rumah minimalis modern pada dasarnya sesuai dengan pencapaian tujuan ini.

Sebab kini mayoritas rumah mengusung konsep dengan bukaan yang luas. Contohnya adalah pemasangan pintu partisi lipat geser dengan bahan kaca, atau semacamnya.

Enam tindakan yang dilakukan di atas adalah cara mencegah dan mengantisipasi munculnya serangan rayap. Jika sudah diperlakukan seperti itu tapi masih ada hama yang menyerang, lakukanlah cara pembasmian. Lanjutkan baca untuk mengetahui cara menghilangkan rayap sampai tuntas.

Cara membasmi rayap di lemari baju menggunakan pewangi

Pemakaian pewangi di dalam lemari bisa dibilang sebagai tindakan pencegahan, bisa juga dikatakan sebagai tindakan pembasmian.

Baca juga  Jasa Pembasmi Rayap di Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara

Hal ini karena hama tidak nyaman dengan wangi dari pewangi-pewangi ini sehingga mereka akan pergi dan tidak jadi menguasai furnitur Anda.

Kini ada banyak pewangi yang bisa Anda pilih berdasarkan aroma dan bentuknya. Aromanya bisa disesuaikan dengan selera, kalau bentuknya bisa disesuaikan dengan bentuk lemari dan kebutuhan Anda.

Kalau mau ditempatkan di lemari baju gantung, pilihlah pewangi yang gantung juga. Kalau mau diletakkan di lemari bertingkat, Anda bisa memilih versi tempel.

Membasmi rayap dengan kapur barus

Cara mengusir rayap dan membasminya juga bisa dilakukan dengan kapur barus. Cara ini pada dasarnya bisa diterapkan di berbagai tempat, dari furnitur hingga ruangan. Maksudnya, Anda bisa meletakkannya di lemari, di kamar mandi, ruangan yang rawan diserang oleh rayap.

Hama pemakan kayu tidak suka dengan bau kapur barus yang juga sering disebut kamper. Bahkan, kayu kamper bisa dibilang sebagai musuh hewan pemakan kayu ini.

Ada berbagai warna, bentuk, dan aroma wangi yang ditawarkan oleh produsen kapur barus, Anda bisa memilihnya. Sesuaikan dengan pemakaiannya. Mau diletakkan di perabot atau ruangan.

Cara membasmi rayap di plafon rumah, tembok, dan lantai secara efektif

Bila sudah melakukan cara pencegahan dan perawatan tapi rayap tetap datang, segera panggil jasa anti rayap.

Cara membasmi rayap di plafon rumah, tembok, dan lantai secara efektif

Fumida adalah salah satu penyedia jasa terbaik yang direkomendasikan. Tim ahli yang melakukan treatment pengendalian hama sudah berpengalaman puluhan tahun. Semua anggota tim juga sudah berlisensi sehingga apa yang dilakukan pasti sesuai standar dan terjamin.

Jadwalkan cara praktis mengusir rayap di gedung, kantor, atau rumah Anda sekarang! Hubungi kami di nomor 0822.1177.1166.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123