fbpx
Mengatasi rayap dengan mengenali jenisnya

Furnitur keropos dan lapuk? Mungkin saat ini Anda butuh cara mengatasi rayap di lemari dan ornamen lainnya. Oleh karena itu, silakan simak ulasan ini sampai selesai untuk mendapatkan solusi terbaik.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hama pemakan kayu yang menghancurkan furnitur. Cara-cara tersebut bisa dikombinasikan atau dilakukan satu per satu untuk mengetahui efektivitasnya.

Umumnya, mayoritas orang melakukannya satu per satu. Jadi jika satu cara tak berhasil, maka mereka akan mencoba cara lainnya.

Bagaimana menurut Anda? Lebih efisien mana dari segi waktu? Semua pilihan ada di tangan Anda sendiri. Kami akan membahas opsi penanganannya di sini.

Berikut adalah cara praktis mengatasi rayap dengan mudah dan tuntas:

Mengatasi rayap dengan mengenali jenisnya

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengenali jenisnya. Biasanya, pada furnitur berbahan dasar kayu, jenis yang umum menyerang adalah tanah dan kayu kering. Sementara kayu basah lebih sering ditemukan di luar ruangan.

Mengatasi rayap dengan mengenali jenisnya

Dua jenis ini memiliki karakteristik berbeda. Kalau jenis pertama biasanya suka di tempat lembap dan lebih sering menghancurkan bagian pondasi kayu.

Sementara jenis yang kedua biasanya bisa bertahan terhadap kondisi kering jadi bisa naik sampai bagian terdalam kayu, juga di bagian atas yang notabene jauh dari kelembapan, misalnya di plafon rumah. Kalau sudah begini Anda butuh cara membasmi rayap di plafon rumah.

Untuk mengenali keduanya dan mencari tahu sarangnya, cobalah cari lubang di kayu. Kemudian doronglah menggunakan benda yang runcing. Anda juga bisa mengidentifikasi lokasinya dengan mencari serbuk gergaji yang merupakan frass atau kotoran mereka.

Nah, bila yang Anda temukan adalah tabung lumpur, sudah bisa dipastikan bahwa jenis yang menyerang ornamen perabot rumah Anda adalah rayap tanah.

Cara membasmi rayap tanah secara alami dengan pencahayaan sinar matahari

Usahakan untuk memberikan pencahayaan terbaik pada ruangan yang ada perabot berbahan dasar kayunya. Hama pemakan kayu ini, khususnya jenis tanah, sangat suka dengan kegelapan dan area lembap. Itulah mengapa mereka menggunakan tabung lumpur saat sedang mencari makan.

Untuk hasil maksimal, jemurlah perabot di bawah sinar matahari kurang lebih 2-3 hari. Lakukan secara terus menerus.

Selain bisa mengusir hama, ini akan membuat kelembapan dalam perabot rumah menghilang. Hal ini menjadi langkah antisipasi bila ada serangan berikutnya.

Cara praktis mengusir rayap dengan jebakan kardus

Cara mengatasi rayap berikutnya adalah dengan membuat jebakan kardus. Jebakan ini dibuat dari kertas karton yang mengandung selulosa dan memiliki aroma kayu yang kuat.

Cara praktis mengusir rayap dengan jebakan kardus

Anda bisa membasahi kertas tersebut kemudian meletakkannya di dekat area perabot yang diserang. Biarkan beberapa saat. Setelah hama berkumpul, ambil kertas lalu bakar atau buang.

Gunakan bubuk boraks dan air

Cobalah beli serbuk boraks lalu larutkan dalam air. Masukkan larutan boraks ke dalam sebuah botol semprot siap pakai. Gunakan secara berkala sebagai cara mengatasi rayap di lemari dan furniture lainnya.

Larutan boraks ini tergolong aman untuk manusia asalkan tidak tertelan. Positifnya, efek larutan ini sangat bagus dan efektif untuk menghilangkan hama.

Pakai nematoda yang sifatnya parasit terhadap rayap

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membeli cacing kecil atau nematoda di toko pembibitan lokal atau online. Cacing ini bertindak sebagai parasit di larva rayap. Jadi, cukup efektif untuk membasmi hama sampai tuntas.

Gunakan minyak jeruk

Cara alami lain yang bisa digunakan adalah jeruk. Buatlah minyak jeruk atau belilah secara online. Minyak ini bisa digunakan untuk membunuh rayap seketika saat kulit mereka terkena minyak secara langsung. Hal ini karena dalam minyak terkandung senyawa d-limomene.

Cara pakainya sangat mudah, silakan masukkan minyak jeruk ke dalam wadah semprot lalu semprotkan ke area yang terkena serangan hama. Anda juga bisa mengoleskannya secara langsung bila memang tidak terjangkau dengan semprotan.

Pencegahan adalah kunci

Semua cara mengatasi rayap memang bisa dilakukan dengan mudah. Namun sebelum itu semua, kunci keberhasilannya justru terletak pada trik pencegahan yang terurai dalam pembahasan di bawah ini:

  1. Jauhkan lemari dan furniture lainnya dari area yang lembap. Bila memang diletakkan di area yang lembap, usahakan jangan sampai kena uap air secara langsung.
  2. Gunakan gel lidah buaya untuk mengoles perabot berbahan dasar kayu dari sekarang secara rutin. Fungsinya adalah sebagai pelapis.
  3. Gunakan cat dan pelapis yang mengandung bahan anti rayap.
  4. Jika ada benda berbahan kayu yang ada di rumah dan tidak terpakai, sebaiknya keluarkan atau buang. Ini akan menjadi sarang dan sasaran empuk buat mereka.
  5. Panggil jasa pembasmi rayap untuk memberikan treatment secara berkala.

Jasa anti rayap terbaik

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa pemanggilan jasa anti rayap merupakan langkah pencegahan yang sangat efektif. Kami, Fumida, partner pencegahan sekaligus pembasmian rayap.

Jasa anti rayap terbaik

Sudah banyak testimoni positif yang masuk kepada kami atas suksesnya cara mengatasi rayap yang kami lakukan. Hal ini tak lepas dari pengalaman puluhan tahun yang sudah dijalani oleh tim serta lisensi yang sudah tim dapatkan.

Bila Anda ingin menghilangkan, membasmi, dan mematikan rayap di furnitur seperti di lemari, gudang, dan yang lainnya. Silakan hubungi kami di nomor 021.2904.9130 atau 0822.1177.1166.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123