fbpx
Gambar 2 - Cara mengusir tikus got dari rumah

Penting untuk segera melakukan cara mengusir tikus got dari rumah manakala hewan ini menghuni tempat tinggal Anda.

Bagaimanapun, hewan pengerat ini tinggal dan sering berada di area yang kotor, penuh kuman dan virus. Jangan sampai kebersihan lingkungan tempat tinggal terganggu apalagi hingga mempengaruhi kesehatan semua penghuni rumah.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa ulasan mengenai cara mudah menyingkirkan tikus got dari rumah Anda selamanya.

Membersihkan area rumah

Agar rumah selalu bersih dan higienis, maka Anda harus membersihkannya. Apalagi bila sudah jelas ada hewan pengerat yang sedang bersarang dan bersembunyi di tempat tinggal Anda. Justru ini menjadi alasan yang sangat kuat untuk lebih menjaga kebersihan.

Membersihkan got-got di sekitar rumah

Perhatikan got di sekitar rumah. Bila ada sampah menumpuk harus segera dibersihkan. Lakukan pembersihan rutin bila perlu.

Kalau got di sekitar rumah Anda tertutup namun ada yang berlubang di beberapa titik. sebaiknya tutup titik itu agar tidak menjadi jalur lewat mereka untuk menyerang rumah-rumah yang ada di sekitarnya.

Memperbaiki pipa saluran air yang bocor atau berlubang

Salah satu tempat yang bisa dijadikan jalur untuk masuk ke rumah adalah pipa saluran air. Untuk itu, periksalah jika ada kebocoran atau berlubang. Segera tutup agar mereka tidak bisa masuk ke dalam.

Menutup saluran pembuangan air dengan baik

Pembuangan air tempat cuci piring di dapur, kamar mandi, atau yang lainnya kadang tidak tertutup sempurna. Masih ada celah yang bisa digunakan untuk masuk hanya dengan didorong.

Menutup saluran pembuangan air dengan baik

Untuk itu, pastikan area ini tertutup dengan baik. Khususnya pada saat tidak terpakai. Misalnya pada saat malam hari atau ketika rumah sedang ditinggalkan (kosong).

Membuang sampah pada tempatnya yang tertutup

Daya tarik utama dari tikus yang masuk ke dalam rumah adalah makanan. Makanan ini berasal dari sisa-sisa yang Anda buang di sampah. Untuk itu, usahakan untuk terus membuang sampah di tempatnya.

Kalau bisa, pilihlah model sampah yang tertutup untuk digunakan di area dalam rumah. Agar mereka tidak bisa dengan mudah mencari dan mengambil makanan yang ada di sana.

Tidak menumpuk sampah

Jangan tunggu sampah dalam rumah penuh. Bila memang sudah saatnya dibuang harus dibuang. Kalau perlu jadwalkan pembuangan sampah secara rutin. Minimal 1 kali sehari.

Hal ini dilakukan untuk menghindari pembusukan akibat tumpukan sampah yang terlalu lama dibiarkan. Bila pembusukan terjadi, tempat tinggal Anda akan berbau dan ini akan mengundang serangga lain untuk masuk. Yang paling sering adalah lalat. Jelas, ini tidak higienis.

3 Cara mengusir tikus got dari rumah

Langkah-langkah di atas bersifat pencegahan. Sekarang, Anda bisa masuk ke langkah pengusiran atau bahkan pembasmian bila memang keberadaan tikus sudah sangat meresahkan. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa dilakukan:

Cara mengusir tikus got dari rumah

Coba cara tradisional mengusir tikus

Pengusiran hewan pengerat bisa dilakukan dengan cara tradisional, yakni memakai bahan-bahan alami yang mampu mengecoh indra penciuman mereka yang tajam.

Berikut ini adalah beberapa bahan yang bisa Anda pakai:

  1. Cangkang telur.
  2. Kapur barus.
  3. Daun mint.
  4. Bubuk kopi.
  5. Kantung teh.
  6. Bawang putih.
  7. Mengkudu.
  8. Daun sirsak.
  9. Kapas yang sudah dibasahi dengan cuka.
  10. Merica bubuk.
  11. Cengkeh.
  12. Kulit durian.
  13. Soda kue, dll.

Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan, bukan? Bila Anda penasaran caranya, kami sudah mengulas salah satunya di cara mengusir tikus dengan kapur barus.

Perlu diketahui bahwa bahan-bahan alami di atas ada yang bersifat mengusir, ada pula yang dapat membasmi tikus. Dua di antara bahan yang diklaim bersifat racun buat hewan pengerat ini adalah kapur barus dan soda kue.

Jebakan tikus

Sambil menggunakan bahan alami, Anda juga bisa menjebak mereka dengan beberapa alat yang bisa dibuat sendiri atau langsung beli agar lebih instan dan cepat.

Cara kerja dari jebakan ini adalah dengan memberikan umpan. Jadi, pastikan Anda memilih umpan yang paling mereka suka.

Hewan pengerat ini adalah omnivora. Semua barang mereka makan, namun makanan sisa atau makanan Anda sehari-hari tampaknya juga menarik untuk dijadikan umpan.

Melakukan cara mengusir tikus dengan suara

Ini merupakan pengusiran tikus yang modern, Anda bisa menggunakan alat yang bisa mengeluarkan gelombang ultra sonik untuk mengusir tikus pergi selamanya. Alat ini bisa dibeli secara online dengan harga yang cukup terjangkau.

Caranya hanya dengan mencolokkan alat ke sumber listrik agar bisa bersuara. Suaranya tidak bisa didengar oleh manusia namun sangat mengganggu buat para tikus dan serangga lain. Jadi, alat ini cukup multifungsi.

Cara membasmi tikus secara efektif

Keseluruhan cara di atas bisa dilakukan sendiri, namun pada beberapa kasus bisa gagal dan pengusiran tidak bisa dilakukan dengan tuntas.

Cara membasmi tikus secara efektif

Bila ingin tuntas, Anda bisa menghubungi jasa pembasmi tikus. Kami, Fumida, Pest Control berpengalaman dan berlisensi.

Tak hanya cara mengusir tikus got di rumah, kami juga membantu mengatasi masalah hama lain di gedung dan bangunan besar. Silakan hubungi kami di 0822.1177.1166.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123