Jenis Hama Tikus

Jika berbicara mengenai tikus, umumnya terdapat 4 jenis pengerat yang bisa dijumpai. Sayangnya masih banyak orang yang berpikir bahwa tikus itu sama. Padahal, setiap jenis tikus memiliki ciri khasnya tersendiri, baik dari segi fisik, karakter, maupun tempat tinggalnya. Agar pembasmian tikus tepat sasaran, yuk simak jenis hama tikus dalam ulasan berikut.

Mengenal Spesies Tikus Agar Pembasmiannya Tepat Sasaran

1. Rattus Norvegicus (Tikus Norway)

Tikus Norwegia biasanya dikenal sebagai tikus selokan yang memiliki ciri tubuh berwarna abu abu. Jenis hewan pengerat ini hidup dan bersarang di bawah tanah dan membentuk koloni. Panjang tubuh Tikus Norway ini mencapai 16 inci dengan telinga kecil dan mata hitam besar yang terlihat sangat menonjol.

Tikus dengan nama latin Rattus Norvegicus ini memiliki periode yang singkat. Setiap tikus betina akan melahirkan sekitar 20 anak. Artinya, sistem perkembangbiakan tikus ini menghasilkan koloni baru dalam jumlah banyak. Seperti kebanyakan pengerat lainnya, tikus Norway ini memakan semua makanan mulai dari sereal, buah buahan, bahkan hewan peliharaan.

Ia akan senang hidup di tumpukan sampah rumah tangga yang didalamnya banyak sisa makanan. Kemampuan mengeratnya yang sangat tinggi menjadikan tikus ini dapat merusak segala jenis benda bahkan yang terbuat dari logam sekalipun. Jenis hama tikus ini bisa dibasmi jika anda selalu memastikan kebersihan rumah.

2. Tikus Rumah (Rattus Rattus)

Tikus rumah adalah hewan pengerat yang banyak ditemukan di dalam hunian. Kehadiran tikus ini bisa dikenali hanya dengan suaranya yang berdecit dan bernada tinggi. Indikator umum lainnya dari kehadiran tikus rumah ini adalah kemunculan kotoran tikus yang cirinya runcing dan berwarna gelap.

Baca juga  Melayani Pembasmian Hama Pestcontrol Rayap dll daerah Bojong Pondok Terong Telp 021-29049130

Jika anda menemukan adanya kotoran tikus dengan ciri demikian, maka hewan dengan nama latin Rattus Rattus ini sudah memasuki rumah anda. Ia akan bersembunyi di lubang lubang dinding yang ada di dalam rumah. Rattus Rattus adalah pelari, pelompat, dan perenang yang sangat hebat. Kemampuannya ini membuatnya dapat bertahan di segala kondisi.

Berbeda dengan tikus Norway, Rattus Rattus lebih menyukai makanan yang bersih. Mereka biasanya gemar memakan biji bijian, buah, sayur segar, hingga daging segar. Kemampuannya mengerat tidak setinggi jenis hama tikus Norway. Akan tetapi hewan pengerat ini dapat membawa penyakit pes yang tentunya sangat berbahaya bagi manusia.

Untuk membasmi tikus rumah, anda bisa menyebarkan wewangian yang tidak disukainya. Adapun aroma yang tidak disukai tikus adalah wewangian daun mint. Anda dapat menyebarkannya di seluruh ruangan rumah untuk mengusir Rattus Rattus secara mudah, alami, dan dijamin aman.

3. Mencit (Mus Musculus)

Mencit adalah jenis hewan pengerat yang memiliki kebiasaan menggerogoti mebel dan barang lainnya yang terbuat dari kayu. Hewan pengerat ini diduga sebagai makhluk terbanyak kedua di dunia setelah manusia. Untuk membasminya, anda bisa memberikan perlindungan terhadap barang barang kayu dengan menyebarkan kapur barus di sekitarnya.

4. Tikus Sawah (Rattus Argentiventer)

Tikus sawah biasanya dijumpai di daerah pedesaan yang masih memiliki banyak persawahan. Hewan pengerat ini sangat mengganggu tanaman di sawah. Untuk mengendalikan hama ini, dibutuhkan pemberian umpan beracun atau pengasapan yang dikenal efektif memberantas jenis hama tikus sawah.

Sejatinya semua jenis tikus merupakan hama yang tentunya merugikan. Bahkan, beberapa jenis tikus membawa penyakit yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Jika tidak ingin terjangkit penyakit, maka anda bisa memanfaatkan jasa FUMIDA selaku jasa pembasmi berbagai jenis hama termasuk tikus.

Baca juga  Identifikasi serta Pengendalian Hama, Penyakit, dan Gulma pada Ubi Kayu

 

 

 

 

 

Leave Comment

twenty − seventeen =

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123082211231123