Penyebab Tikus Masuk Rumah Yang Sering Tidak Disadari

Tikus merupakan salah satu jenis hama yang sering mendatangi hunian anda. Hewan kecil ini bahkan sering merusak perabotan rumah dengan cara mengerat. Begitu pula, tikus ternyata juga bisa menularkan penyakit berbahaya kepada manusia. Untuk itu, anda sebaiknya mengenali penyebab tikus masuk rumah agar tidak menimbulkan kekhawatiran. Berikut selengkapnya.

Alasan Tikus Sering Masuk Ke Dalam Rumah

1. Mencari Sumber Makanan

Tak hanya tikus, setiap makhluk hidup juga mencari makanan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hewan kecil ini bahkan membutuhkan makanan sebanyak 5 gr dalam setiap harinya. Untuk itu, hewan pengerat ini seringkali mencari berbagai sumber makanan yang disukai. Meskipun tikus bisa memakan berbagai jenis makanan, hewan ini biasanya akan tergoda dengan makanan yang lezat.

Tikus bahkan memiliki kelebihan untuk mendeteksi makanan ini dengan kumisnya. Dengan kelebihan in, hewan pengerat ini mampu mencium berbagai makanan lezat yang berasal dari hunian anda. Akibatnya, hewan kecil ini biasanya akan mencari celah untuk menjangkau hal yang diinginkan. Terlebih lagi jika anda menyisakan remahan makanan yang tidak dibersihkan.

2. Mencari Sumber Minuman

Seperti halnya manusia, tikus juga membutuhkan asupan air. Untuk itu, penyebab tikus masuk rumah dapat terjadi akibat kebutuhan yang satu ini. Hewan pengerat ini bahkan membutuhkan minuman sebanyak 60 ml air dalam setiap harinya. Hewan ini bahkan sering mencari air bersih untuk minum dengan memanfaatkan pipa air, keran dan mangkuk minuman hewan peliharaan anda.

3. Mencari Sarang Yang Tepat

Begitu pula, tempat berlindung adalah kebutuhan makhluk hidup yang harus dipenuhi. Pasalnya, tikus seringkali menyukai tempat yang gelap, kotor dan jarang dijangkau manusia. Hewan ini biasanya memanfaatkan loteng, dapur, di bawah kulkas atau lemari, gudang dan berbagai tempat lain yang berpotensi disukai oleh hewan ini.

Tempat kotor yang jarang dibersihkan dan tidak terawat menjadi incaran hewan pengerat. Tikus bahkan sering memanfaatkan atap rumah atau loteng untuk bersarang dengan kawanannya. Hewan ini juga bisa tinggal lama tanpa terdeteksi pada tempat tersebut jika anda tidak membersihkannya secara berkala.

Begitu pula, penyebab tikus masuk rumah juga dapat terjadi akibat tempat yang potensial untuk dijadikan sebagai sarang. Ruangan yang memiliki fungsi sebagai gudang dengan banyak barang yang tida diperlukan dapat menjadi sarang dari hewan yang satu ini. Parahnya, hewan pengerat ini seringkali menyelinap masuk ke rumah anda dan mengerat berbagai alat penting di rumah.

4. Menemukan Celah Untuk Masuk Ke Dalam Rumah

Kemudian, celah yang terdapat pada rumah juga menjadi pintu utama untuk hewan ini agar bisa mengendap dan masuk ke dalam rumah. Pasalnya, beberapa celah yang sering dimanfaatkan oleh hewan ini meliputi lubang kamar mandi, lubang wastafel maupun tembok yang tertutup tripleks atau kayu.

Celah-celah tersebut seringkali dimanfaatkan untuk mencari kebutuhan mereka. Tentunya, penyebab tikus masuk rumah pada dasarnya adalah hal yang saling berkesinambungan. Celah untuk masuk ke dalam rumah ini memiliki fungsi untuk mencari makanan hingga membuat sarang pada tempat-tempat tertentu. Terlebih lagi jika tempat tersebut gelap, kotor dan jarang dibersihkan.

Penyebab tikus masuk ke dalam rumah pada dasarnya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka. Meski demikian, kebiasaan buruk dengan membiarkan ruangan kotor dan makanan berceceran adalah penarik hewan ini dalam mencari celah. Untuk itu, anda sebaiknya membersihkan rumah dan menggunakan jasa FUMIDA untuk memberantas tikus secara tuntas.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123