Daftar Tanaman Pengusir Lalat

Kehadiran serangga yang hadir di rumah tentu sangat menyebalkan. Serangga seperti lalat bahkan seringkali mengedarkan berbagai jenis penyakit yang tidak baik untuk kesehatan. Mengetahui kondisi tersebut, hewan lalat sebaiknya dibasmi dengan tuntas. Anda bahkan bisa menggunakan berbagai jenis tanaman pengusir lalat yang diletakkan di rumah. Berikut selengkapnya.

Beberapa Jenis Tanaman Untuk Mengusir Lalat Di Rumah

1. Mint

Tanaman mint yang sering dimanfaatkan sebagai minuman herbal ternyata dapat digunakan untuk mengusir lalat. Pasalnya, anda dapat memilih daun mint yang segar dengan aroma yang kuat seperti spearmint. Penggunaan tanaman ini bahkan hanya perlu diletakkan di tempat yang sering didatangi oleh lalat.

Meski demikian, anda sebaiknya melakukan perawatan yang baik agar tumbuhan ini tidak mudah layu dan mati. Tanaman mint bahkan sangat mudah dirawat karena hanya memerlukan sinar matahari 4 jam maupun menggunakan sistem pencahayaan secara tidak langsung. Pemangkasan tanaman agar tidak melebihi pot dan mendapatkan air yang cukup harus anda lakukan dengan baik.

2. Basil Atau Kemangi

Tanaman pengusir lalat ini memiliki manfaat lebih dalam menghadirkan aroma yang harum sekaligus mencegah hama lalat datang ke rumah. Lazimnya, anda bisa meletakkan kemangi atau basil pada ruangan dengan sistem pencahayaan yang cukup. Selain itu, penyiraman secara teratur dan semprotan botol gerimis sangat diperlukan oleh tumbuhan ini.

Tanaman yang mudah dirawat ini bahkan tetap bisa bertahan meskipun kondisi tanahnya sempat mengering. Anda bahkan bisa memangkas bunga yang muncul pada akhir musim panas agar basil atau kemangi dapat hidup lebih lama. Menariknya, daun tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran bahan makanan yang lezat dan menyehatkan.

Baca juga  Cara Membasmi Lalat di Rumah Tanpa Ribet

3. Lavender

Lavender bahkan sudah lama dipercaya sebagai tanaman pengusir lalat, nyamuk, ngengat, laba-laba maupun semut. Namun, perawatan tanaman ini membutuhkan banyak cahaya maupun kondisi aliran udara yang cukup di sekitar tanaman. Anda juga perlu memilih jenis tanah yang gembur agar bisa menghadirkan akar yang tidak basah.

Pemeliharaan tanaman ini pada dasarnya cukup sulit dan wajib untuk diperhatikan dengan teliti. Kondisi lingkungan yang kurang sesuai bahkan dapat membuat bunga dari tanaman ini sulit untuk mekar. Padahal cara mengusir lalat dari rumah menggunakan lavender memerlukan aroma yang hadir dari bunganya. Untuk itu, berikan perawatan terbaik dan nikmati keindahan serta manfaatnya.

4. Serai

Tanaman serai atau sereh memiliki bentuk daun menyerupai rumput. Namun, aroma wangi yang dihadirkan oleh tanaman ini ternyata dapat digunakan untuk mengusir nyamuk dan lalat. Daun tanaman ini bahkan bisa dimanfaatkan untuk memasak dalam menghadirkan aroma dan rasa yang nikmat.

5. Rosemary

Rosemary pada dasarnya hampir memiliki sifat seperti lavender. Untuk itu, tanaman pengusir lalat jenis ini dapat anda letakkan pada bagian jendela untuk mendapatkan sinar matahari sekaligus menimbulkan aroma harum ruangan untuk menangkal lalat. Anda bahkan bisa melakukan perawatan tanaman ini dengan menyimpannya di dekat lampu.

6. Marigold

Anda juga bisa memanfaatkan tanaman marigold untuk menangkal masuknya lalat dan serangga lain ke dalam ruangan. Meski tanaman ini sangat cocok di luar ruangan, anda juga bisa meletakkan marigold pada dalam ruangan. Marigold bahkan tidak membutuhkan proses perawatan yang rumit karena tidak membutuhkan cahaya sepanjang hari.

Itulah beberapa tanaman alami yang bisa anda manfaatkan untuk mengusir lalat. Tentunya, tanaman tersebut perlu dihadirkan dengan penggunaan media tanam dan pengairan yang sesuai. Jika anda kesulitan untuk merawat tanaman ini, penggunaan jasa FUMIDA merupakan solusi ampuh untuk memberantas serangga pengganggu tersebut.

Leave Comment

thirteen + three =

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123082211231123