fbpx
Gambar 2 - Cara mengusir tikus dari plafon rumah secara efektif

Hentikan suara berisik di atap pada malam hari dengan melakukan cara mengusir tikus dari plafon rumah. Suara itu bisa membuat istirahat Anda tidak nyaman dan kualitas tidur memburuk.

Saat sebuah rumah dihuni oleh hewan pengerat, maka setiap sudut rumah berpotensi dijadikan tempat persembunyian. Tak terkecuali atap.

Hal ini karena hewan ini bisa dengan mudah berpindah tempat dari bawah ke atas, atau sebaliknya. Binatang kecil ini lincah hingga susah sekali ditangkap meskipun sudah dikejar.

Oleh karena itu, diperlukan cara jitu agar atap rumah Anda tak sampai dijadikan sarang mereka. Sehingga tidak ada suara gaduh yang terdengar lagi dan Anda pun bisa kembali tidur dengan nyenyak.

Lantas, bagaimana cara jitu tersebut? Kami akan mengulasnya di sini, selamat menyimak.

Tanda-tanda ada tikus di plafon

Suara berisik yang ada di atap hanya sebagian kecil dari tanda keberadaan hewan pengerat di atap rumah. Ada banyak tanda lain yang perlu diketahui sebelum proses pengusiran dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa tanda umum:

Kotoran bau dan berceceran

Tanda utama yang paling terlihat adalah adanya kotoran berwarna hitam mengkilap dengan bentuk menyerupai kapsul. Ukurannya adalah sekitar 0,6 cm sampai dengan 1,3 cm.

Warna dan ukuran ini tidak bisa dijadikan patokan. Sebab kadang ukurannya lebih besar dan warnanya lebih terang. Tergantung makanan yang dikonsumsi hewan tersebut.

Adanya noda dan bau kencing yang menyengat

Selain fesesnya yang bau, hewan ini juga memiliki tetesan kencing atau noda menyerupai goresan halus yang sangat bau. Kalau Anda kesulitan menemukan lokasi mereka, cobalah cek dengan mengikuti jejaknya.

Ada bekas gigitan atau lubang untuk mengunyah

Tikus yang tinggal di plafon biasanya memakan kabel, kayu, bungkus makanan, dan yang lainnya. Periksa setiap sudut rumah. Apabila menemui bekas gigitan, misalnya di kabel listrik.

Bila menemukan ini di beberapa titik, bisa jadi ini di area terdekat adalah sarangnya. Sedangkan area yang sudah digigit adalah jalur lintasan untuk mencari makanannya. Binatang ini memiliki kebiasaan mengikuti jejaknya.

Baca juga  4 Cara Menjebak Tikus, Tangkap Semuanya Secara Masal!

Suara

Terakhir, suara gaduh yang terdengar biasanya tak hanya gerakan. Melainkan juga garukan atau suara gesekan karena tikus sedang menggerogoti benda-benda di dalam rumah.

Seluruh tanda di atas akan membantu Anda menemukan lokasi sarang dan jalur lintasan mereka. Juga memahami kebiasaan mereka di dalam rumah Anda.

Sanitasi yang baik

Tikus yang tinggal di plafon rumah selalu butuh pasokan makanan. Mereka akan terus-terusan mencari makanan dan seringnya bergerilya di malam hari.

  Sanitasi yang baik

Untuk mencegahnya, Anda harus memiliki sanitasi rumah yang baik. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan:

Penyimpanan makanan

Atur supaya makanan tertutup rapat, pakailah tudung saji atau taruh di kotak yang sulit digerogoti oleh tikus. Jangan simpan makanan di dalam kardus yang mudah mereka lubangi hanya dengan sekali gigit.

Bila Anda punya hewan peliharaan, maka simpanlah makanan mereka dengan baik juga.

Rapikan taman

Bila Anda memiliki taman baik di depan maupun belakang rumah, maka rawatlah dengan baik. Potong rumput, singkirkan gulma, dan bersihkan sampahnya secara rutin.

Buang kertas atau kardus tak terpakai

Selanjutnya, Anda perlu membuang kardus, kertas, atau sampah lain keluar dari rumah. Ini adalah benda-benda yang sangat mungkin dijadikan sarang bila dibiarkan menumpuk.

Periksa bangunan untuk mengurangi populasi

Selanjutnya, untuk mengurangi jumlah populasi hewan pengerat yang masuk ke dalam rumah, periksa setiap lubang yang ada. Titik penting yang ada di plafon harus dicek dengan detail, jendela, pintu, pipa saluran air, dan yang lainnya.

Bila ada yang berlubang atau bocor segera lakukan penutupan sehingga bangunan kembali normal dan aman. Tikus pun tidak bisa sesuka hati keluar masuk rumah Anda.

Cara mengusir tikus dari plafon rumah secara efektif

Pada dasarnya, proses pengusiran tikus di plafon rumah hampir sama dengan cara mengusir tikus got dari rumah. Hanya ada sedikit perbedaan perlakuan karena lokasinya berada di atap. Silakan cek ulasan berikut.

Baca juga  Menerima Pembasmian Hama Pestcontrol Kecoa dll daerah Kemiri Muka Phone 021-29049130

Cara mengusir tikus dari plafon rumah secara efektif

Jebakan tikus

Jebakan tikus adalah alat umum yang bisa digunakan untuk menyingkirkan hewan pengerat yang ada di plafon rumah. Jebakan ini bisa dipasang di atas atau di dekat makanan yang sering mereka obrak-abrik.

Jangan hanya memasang satu jebakan. Harus lebih dari itu. Selain itu, gunakan umpan yang sangat menarik agar perangkap yang Anda siapkan benar-benar mereka datangi.

Racun tikus

Racun tikus juga dikenal sangat efektif untuk membasmi hewan pengerat. Anda memang bisa menggunakan racun yang dijual bebas di pasaran.

Namun, penggunaan bahan ini haruslah tepat sehingga tidak menimbulkan masalah lain bagi Anda dan keluarga.

Bila khawatir dengan bahannya yang beracun buat manusia, pakai racun alami. Contohnya adalah kapur barus dan soda kue.

Meski efektivitasnya tak sebagus racun aslinya, tapi nilai keamanannya cenderung lebih baik.

Panggil jasa pembasmi tikus

Semua langkah di atas memang tidak mudah. Apalagi buat yang belum terbiasa melakukannya. Baru di tahap mencari sarang di atap saja rasanya butuh tingkat keamanan yang baik.

Panggil jasa pembasmi tikus

Maka dari itu, sebaiknya Anda memanggil jasa pembasmi tikus. Fumida adalah pest control yang sudah berpengalaman sehingga tahu tempat persembunyian hewan pengerat dengan mudah.

Selain itu, seluruh langkah dan cara mengusir tikus dari plafon rumah yang dilakukan sudah sesuai dengan standar karena tim sudah berlisensi. Jangan ragu untuk menghubungi kami di 0822.1177.1166 atau 021.2904.9130.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

[recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]