fbpx
Gambar 1 - Cara membuat disinfektan sendiri menggunakan pemutih pakaian

Ada banyak cara buat disinfektan yang bisa dicoba. Namun yang paling sering dipilih adalah cara membuat disinfektan sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan yang sering digunakan setiap hari.

Hal ini karena bahan tersebut mudah didapatkan. Jadi tidak perlu ribet mencari ke sana kemari, cukup menggunakan bahan yang sudah tersedia setiap hari. Contoh bahannya adalah pemutih pakaian.

Agar lebih jelas, simaklah ulasan tentang pembuatan disinfektan berikut ini sampai selesai!

3 cara buat disinfektan sendiri di rumah dari bahan yang mudah didapatkan

Bahan yang biasanya digunakan untuk membuat disinfektan adalah pemutih pakaian dan pembersih lantai atau karbol. Dalam kesempatan kali ini kami akan membahasnya secara ringkas:

Cara membuat disinfektan sendiri menggunakan pemutih pakaian

Cara membuat disinfektan sendiri menggunakan pemutih pakaian

Pemutih pakaian biasanya memiliki kandungan sodium hipoklorit. Kandungan inilah yang diperlukan dalam disinfektan karena ampuh untuk menghilangkan virus dan bakteri.

Nah, sebelum Anda membuat obat disinfeksi, sebaiknya cek dulu kandungan sodium hipoklorit dalam pemutih. Hal ini berhubungan erat dengan dosis pengenceran yang diperlukan supaya obat yang dihasilkan bisa memberikan hasil maksimal.

Bila cairan pemutih yang Anda miliki memiliki 5% sodium hipoklorit, maka lakukanlah cara di bawah ini:

  1. Ambil satu bagian cairan pemutih pakaian.
  2. Siapkan 99 bagian air kran biasa.
  3. Campurkan keduanya dalam wadah semprot, tergantung yang dibutuhkan. Bila banyak, maka siapkan wadah yang cukup besar. Bila skalanya kecil, cukup siapkan semprotan kecil.
  4. Semprotkan ke area-area atau benda mati yang ingin dibebaskan dari virus dan bakteri.

Catatan: satuan ukur yang digunakan untuk masing-masing bahan harus sama agar dihasilkan ukuran dan perbandingan yang sama pula.

Membuat disinfektan sendiri menggunakan pemutih pakaian 2,5% sodium hipoklorit

Apabila pemutih pakaian yang ada di rumah Anda mengandung sodium hipoklorit yang lebih kecil, hanya 2,5%. Maka pastikan bahwa perbandingan pengencerannya lebih tepat, yakni berlipat.

Silakan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Siapkan 2 bagian cairan pemutih pakaian.
  2. Siapkan 98 bagian air kran.
  3. Campurkan kedua bahan dalam satu wadah yang bisa disemprotkan. Bila butuh skala besar, taruh di wadah yang besar. Bila kebutuhannya hanya skala kecil, silakan simpan dalam botol kecil.
  4. Penyemprotan bisa dilakukan secara langsung ke benda mati atau area-area yang membutuhkan perlindungan.
Baca juga  Cara Penggunaan Desinfektan dan Pemakaiannya

Catatan: satuan ukur yang digunakan untuk masing-masing bahan harus sama agar dihasilkan ukuran dan perbandingan yang sama pula.

Tutorial DIY disinfektan memakai bahan karbol atau pembersih lantai

Kandungan bahan aktif pembersih lantai biasanya lebih rendah bila dibandingkan dengan pemutih pakaian. Untuk itu, bahan yang digunakan jauh lebih banyak.

Gambar Tutorial DIY disinfektan memakai bahan karbol atau pembersih lantai

Berikut adalah cara dan langkah yang bisa dilakukan apabila memang yang tersedia di rumah saat ini hanya pembersih lantai:

  1. Siapkan 10 tutup botol cairan karbol atau pembersih lantai.
  2. Siapkan air sebanyak 1 liter.
  3. Campurkan kedua bahan hingga benar-benar rata dalam sebuah wadah yang bisa disemprotkan.
  4. Jika sudah silakan gunakan untuk menyemprot.

Apabila Anda terganggu dengan wangi karbol yang menyengat, Anda bisa mengganti air dengan bahan lain untuk mengimbangi wangi karbol.

Gantilah air biasa dengan air serai. Caranya adalah dengan merebus serai hingga bau wanginya keluar. Kemudian diamkan sampai dingin lalu campurkan dengan cairan karbol yang ada di rumah.

Itulah 3 cara membuat disinfektan yang bisa diterapkan di rumah, sekolah, kantor, tempat ibadah, dan yang lainnya. Agar aman, usahakan untuk memakai alat seperti masker, sarung tangan, pakaian yang sudah usang, dan sepatu untuk pengamanan diri.

Pemakaian pakaian ini dimaksudkan agar Anda tidak segan untuk membuangnya bila terkena cipratan pemutih yang dapat merusak keindahan pakaian tersebut.

Penggunaan dan hal-hal yang perlu diperhatikan

Setelah melakukan cara buat disinfektan di atas, Anda bisa menggunakannya di benda-benda mati. Ialah benda-benda yang sering disentuh menggunakan tangan dan selalu digunakan sehari-hari. Sebagai contoh gagang pintu, setir sepeda motor, setir mobil, kursi, meja, pintu pagar, hingga ruangan-ruangan yang sering dipakai.

Perlu diketahui bahwa cara buat disinfektan di atas mampu melakukan disinfeksi dalam waktu kontak selama 10 menit sampai dengan 1 jam.

Baca juga  Cairan Disinfektan adalah Bahan Kimia Apa Itu?

Jasa pembasmi virus dan bakteri, lebih aman dan terpercaya!

Jasa pembasmi virus dan bakteri, lebih aman dan terpercaya!

Meski pemakaian pemutih menurut WHO sudah cukup baik untuk mencegah dan membunuh virus yang menempel pada sebuah benda. Namun, akan lebih aman bila disinfektan yang digunakan memiliki dosis yang tepat dan dilakukan oleh ahlinya.

Fumida, jasa pembasmi virus dan bakteri terbaik yang bisa menangani masalah dengan hasil optimal. Bahan kimia atau chemical yang digunakan sudah terdaftar di EPA dan Kementan. Selain itu, material yang digunakan juga sudah lolos Material Safety Data Sheet.

Artinya, bahan yang digunakan penyedia jasa ini sangat aman dan efektif dalam membunuh semua jenis virus. Termasuk di antaranya adalah corona virus, salah satunya adalah Covid-19 yang kini tengah mewabah di dunia.

PT Fumida Pestindo Jaya juga memastikan bahwa bahan kimia yang digunakan bisa membasmi dalam waktu singkat dan bisa diterapkan baik dalam skala kecil maupun besar.

Tim ahli kami siap membantu menyemprotkan bahan terbaik secara aman di rumah, kantor, atau gedung-gedung dan fasilitas umum lainnya.

Oleh karena itu, bila cara buat disinfektan sendiri yang dipaparkan di atas terlalu ribet buat Anda, segera hubungi kami di nomor 0822.1177.1166 atau 0822.1132.1132. Kami siap datang dan melayani Anda dengan cepat dan tepat!

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

[recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]