fbpx
Gambar 3 - Cara penyemprotan desinfektan yang sesuai dosis dan efisien

Cara penyemprotan desinfektan yang sesuai dosis amat dianjurkan untuk mengurangi kesalahan dan menjaga efektivitas campuran yang digunakan. Dengan begitu, virus dan bakteri bisa mati tanpa menimbulkan kerugian.

Sebagaimana diketahui, ada banyak orang yang membuat campuran disinfektan sendiri. Berbekal informasi dari internet, semuanya membuat chemical sederhana untuk membunuh virus, kuman, dan bakteri. Hal ini dilakukan untuk menekan dan mengantisipasi penularan virus Covid-19 yang kini tengah mewabah di Indonesia.

Sebagai langkah pencegahan, penyemprotan chemical ini tetaplah harus sesuai standar agar bisa efektif dan efisien. Pembuatan campuran disinfektan harus memperhatikan ukuran yang tepat agar konsentrasinya pas dan bisa bermanfaat.

Salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat desinfektan secara mandiri adalah pemutih pakaian. Hal ini membuat permintaan akan produk ini sangat tinggi. Bahkan, di beberapa supermarket dan minimarket stoknya sampai kosong.

Alih-alih hanya menggunakan satu produk, Anda harus mengetahui beragam produk rumah tangga yang bisa digunakan untuk membuat desinfektan sendiri di rumah. Dengan banyak pilihan, Anda pun tak perlu takut lagi kehabisan produknya.

Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas produk-produk dengan kandungan bahan kimia yang ampuh untuk membasmi virus, kuman, dan bakteri. Informasi produk ini disertai dengan dosis campuran yang disarankan. Jadi bila penasaran, silakan simak ulasan ini sampai selesai.

18 Produk untuk membuat desinfektan sesuai dosisnya

Sebelum dibahas produknya satu per satu, Anda perlu tahu dulu bahwa pemakaian produk-produk rumah tangga untuk membuat disinfektan disebabkan oleh kandungannya. Dalam produk-produk tersebut terdapat bahan aktif yang khusus diformulasikan untuk membunuh kuman.

Baca juga  Daftar Cairan Desinfektan untuk Ruangan & Lantai

Salah satu contohnya adalah pemutih pakaian yang mengandung sodium hipoklorit. Namun, perlu diperhatikan bahwa persentase kandungan ini berbeda pada masing-masing merek/brand. Hal ini mempengaruhi perbandingan campurannya. Jadi, Anda harus memperhatikannya dengan saksama.

Berikut ini adalah beberapa produk dan anjuran perbandingan campurannya:

Aquatabs Multipurpose

Produk ini memiliki kandungan aktif sodium dichloroisocyanurate.

Bayclin lemon

Bahan aktif sodium hipoklorit 5,25% terkandung di dalamnya. Encerkan 20 mililiter Bayclin lemon dengan 1 liter air.

Bayclin lemon

Bayclin regular

Bahan aktif sodium hipoklorit 5,25% terkandung di dalamnya. Encerkan 20 mililiter Bayclin regular dengan 1 liter air.

Bebek kamar mandi

Benzalkonium klorida 0,1% ada di dalam produk ini.

Clorox disinfecting bleach

Sebanyak 7,4% sodium hipoklorit terkandung di dalamnya. Encerkan 10 mililiter clorox disinfecting bleach dengan 1 liter air.

Bracate disinfectane concentrate

Quarternary  ammonium compound 4,5% ada di dalamnya. Gunakan perbandingan 10 mililiter Bracate dengan 1 liter air.

Clorox toilet bowl cleaner with bleach

Mengandung sodium hypochlorite 2,4%. Perbandingan pengencerannya adalah 40 mililiter per 1 liter air.

Wipol pembersih lantai sereh dan jeruk

Kandungan aktif benzalkonium chloride 1,25% dan ethoxylated alcohol 3% ada di dalamnya. Dosisnya adalah 40 mililiter banding 1 liter air.

Wipol pembersih lantai sereh dan jeruk

Wipol pembersih lantai cemara

Bahan aktifnya pine oil 2,5%. Perbandingannya adalah 1:9, 1 bagian wipol banding 9 bagian air.

SOS pembersih lantai

Bahan aktifnya adalah antibacterial benzalkonium chloride 1%. Perbandingan campurannya adalah 50 mililiter produk banding 1 liter air.

Soklin pemutih

Bahan aktif sodium hypochlorite 5,25%. Campurkan 1 liter air dengan 20 mililiter soklin pemutih.

Proclin

Pemutih sodium hypochlorite 5,25% terkandung di dalamnya. Jadi campurannya 20 mililiter : 1 liter air.

Septalkan

Mengandung benzalkonium klorida 0,095%. Meski demikian, Anda perlu mencampurkannya dengan perbandingan 1:1 (septalkan : air).

Mr. Muscle axi triguna pembersih lantai

Ethoxylated linear alcohol 0,6% dan benzalkonium chloride 0,15% ada di dalamnya. Jadi, campurkan 1 bagian Mr. Muscle dengan 2 bagian air. Perbandingannya 1:2.

Baca juga  Cara Menggunakan Desinfektan yang Benar

Dettol pembersih lantai citrus

Bahan aktifnya adalah benzalkonium klorida 1,1856%. Campurkan 1 liter air dengan 45 mililiter Dettol pembersih lantai citrus ini.

Dettol antiseptic liquid

Chloroxylenol 4,8% ada di dalamnya. Pengencerannya adalah 25 ml/1 liter air.

Dettol All in One Disinfectant Spray

Bahan aktifnya adalah Alkyl Dimethyl Benzyl.

Dettol pembersih lantai multiaction 4 in 1

Benzalkonium klorida 1,1856 % ada di dalamnya. Campurannya adalah 45 ml/1 liter air.

Itulah 18 produk yang bisa digunakan dalam cara pakai desinfektan yang tepat.

Cara penyemprotan desinfektan yang sesuai dosis dan efisien

Anda bisa menggunakan ukuran di atas untuk membuat disinfektan sendiri di rumah. Semprotkan di area rumah dan lingkungan sekitar, termasuk tempat ibadah dan sekolah-sekolah. Gunakan perbandingan kecil di atas untuk membuat disinfektan dalam jumlah besar jika memang diperlukan.

Cara penyemprotan desinfektan yang sesuai dosis dan efisien

Jangan lupa gunakan sarung tangan dan masker pada saat membuat campurannya agar aman dan terhindar dari bahaya.

Agar makin aman lagi, Anda bisa memanggil jasa pembasmi virus dan bakteri. Tim yang melakukan penyemprotan sudah berpengalaman. Campuran bahan yang digunakan sudah pasti sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Anda bisa menghubungi Fumida. Tim kami yang berkompeten siap menyemprotkan desinfektan berbahan terbaik yang sudah lolos dari Kementan dan EPA. Jadi, pasti amannya buat lingkungan.

Selain itu, bekas yang muncul setelah penyemprotan juga tidak lengket dan mudah dihilangkan. Sangat recommended.

Langkah yang dilakukan dalam cara penyemprotan desinfektan oleh tim Fumida juga sudah sesuai dosis dan standar yang ditetapkan. Sangat cocok untuk area perumahan, kantor, dan perusahaan. Hubungi tim kami di nomor 0822-1123-1123 atau 021-29049130.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123