fbpx
Gambar 1 - Jenis jenis desinfektan yang siap pakai

Terdapat banyak sekali jenis jenis desinfektan yang bisa digunakan di rumah. Ada yang bisa langsung dipakai, ada juga yang perlu diencerkan atau dibuat sendiri.

Sejak virus mewabah di Indonesia, banyak orang yang menaruh perhatian lebih terhadap pemakaian disinfektan. Bahan kimia yang ada dalam cairan ini bisa membunuh kuman dan virus yang kini tengah menjadi musuh warga di seluruh penjuru dunia.

Dengan menggunakan disinfektan diharapkan bisa memerangi virus corona yang juga disebut dengan covid-19. Penanganan ini dilakukan khusus pada benda mati seperti pintu, jendela, pagar, kendaraan, dan yang lainnya.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai beberapa produk yang bisa digunakan untuk membasmi virus di rumah. Baik yang sudah siap pakai, maupun yang harus dibuat sendiri.

Jenis jenis desinfektan yang siap pakai

Dari NBC News diinformasikan bahwa ada beberapa produk yang bisa langsung digunakan untuk menghilangkan kuman dan membunuh virus di permukaan sebuah benda, di antaranya adalah:

Jenis jenis desinfektan yang siap pakai

Sabun dan air

Rasanya gabungan kedua benda ini memang biasa-biasa saja. Terlihat sederhana dan tak istimewa. Namun, justru kombinasi sabun dan air ini memiliki efektivitas yang bagus dalam hal menangani virus yang menempel di meja.

Apalagi, sabun, seperti detergen dan sabun cuci tangan, juga aman digunakan pada kulit. Sehingga sangat disarankan buat semua orang untuk mencuci tangan secara teratur demi menghilangkan dan membunuh virus.

Selain itu, sering-seringlah cuci muka dengan sabun jika Anda punya kebiasaan mengusap wajah.

Alkohol 70%

Jenis produk yang siap pakai selanjutnya adalah alkohol 70%. Sesuai dengan namanya, kandungan bahan ini adalah 70% alkohol dan ampuh untuk membunuh berbagai macam kuman dan virus.

Penggunaan alkohol 70% lebih baik dengan cara digosokkan karena cenderung lebih aman buat permukaan benda. Sayangnya, bahan ini tidak direkomendasikan untuk benda-benda yang terbuat dari plastik karena bisa membuatnya hitam.

Baca juga  Cairan Disinfektan adalah Bahan Kimia Apa Itu?

Disinfectant spray

Salah satu produk semprot yang bisa difungsikan sebagai disinfektan siap pakai adalah Dettol All in One Disinfectant spray. Produk ini mengandung bahan aktif alkyl dimethyl benzyl.

Bisa digunakan pada furnitur secara langsung dan efektif membunuh kuman, bakteri, dan virus hingga 99,9%. Ampuh!

Produk ini tersedia dalam berbagai varian dengan wangi yang berbeda-beda. Mulai dari Jasmine Fields hingga Spring Waterfalls.

Sayangnya, saat virus merebak, desinfektan ini sangat sulit dijumpai. Mau dibeli di minimarket, supermarket, atau pembelian secara online, semua stok habis.

Maka dari itu, banyak orang yang lebih memilih untuk membuat disinfektan sendiri di rumah.

Jenis desinfektan yang diencerkan terlebih dulu

Selain 3 bahan di atas, Anda juga bisa menggunakan material lain untuk membuat desinfektan. Trik ini biasanya dilakukan saat diperlukan penyemprotan secara masal atau dalam skala besar. Jenis desinfektan yang bisa digunakan adalah:

Jenis desinfektan yang diencerkan terlebih dulu

Pemutih

Pemutih merupakan salah satu bahan yang sangat populer akhir-akhir ini. Di dalam produk-produk pemutih terkandung natrium hipoklorit atau sodium hypochlorite yang ampuh membasmi bakteri dan virus.

Meski persentase pada masing-masing produk berbeda, setiap pemutih pakaian dengan kandungan natrium hipoklorit tetap bisa memberikan manfaat baik. Hanya saja Anda perlu memperhatikan dosis pengencerannya dengan tepat.

Semakin pekat kandungannya, semakin banyak pula perbandingan air yang diperlukan untuk mengencerkannya agar tetap aman digunakan.

Mengenai persentase kandungannya ini, Anda perlu mengecek dosis pengencerannya daftar cairan desinfektan untuk ruangan.

Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida merupakan salah satu jenis desinfektan yang cukup sering dipakai pada produk rumahan. Bahan ini ditemukan di pemutih gigi sampai obat kumur.

Soal kekuatan, memang H2O2 ini tidak sekuat pemutih pakaian. Namun kelebihannya, dia tidak bisa menyebabkan kerusakan yang berarti. Meski pada beberapa kasus dijumpai H2O2 yang bisa menghitamkan kain.

Baca juga  Cara Penggunaan Desinfektan dan Pemakaiannya

Amonium Kuartener

Selain dua bahan di atas, salah satu jenis disinfektan yang cukup terkenal adalah amonium kuartener. Bahan aktif ini bisa ditemukan dalam produk Bratacare Disinfectane Concentrate.

Dalam Bratacare Disinfectane Concentrate, ada 4,5% kandungan bahan aktif quarternary ammonium compound. Sehingga jika Anda ingin menggunakannya, produk ini harus diencerkan terlebih dulu. Pengencerannya adalah 10 mililiter : 1 liter air.

Jenis disinfektan yang harus diwaspadai penggunaannya

Ada beberapa jenis disinfektan yang penggunaannya harus diwaspadai, apalagi oleh orang awam. Di antaranya adalah klorin dan formaldehida (formalin).

Baru-baru ini dilaporkan sebuah kejadian orang yang nyaris buta setelah disemprot menggunakan cairan disinfektan secara langsung. Hal ini membuat semua orang seharusnya lebih waspada mengenai bahaya penyemprotan disinfektan secara masal yang langsung mengenai tubuh.

Sudah sewajarnya kita sebagai warga mengindahkan semua aturan dan imbauan yang diberikan oleh pemerintah selama wabah.

Solusi dan jenis desinfektan terbaik

Salah satu cara agar tetap bisa aman dari virus adalah dengan meminta bantuan tim ahli untuk melakukan penyemprotan disinfektan. Bukan penyemprotan asal-asalan yang bisa mengakibatkan masalah kesehatan lain.

Solusi dan jenis desinfektan terbaik

Tim pembasmi virus dari Fumida siap membantu Anda untuk melakukan pembersihan dan treatment di rumah-rumah, kantor, dan area sekitarnya.

Bahan aktif yang digunakan sudah memenuhi standar EPA (enviromental protection agency) dan KEMENTAN. Campuran bahan yang digunakan juga efektif membunuh virus, bakteri, dan kuman. Termasuk salah satunya corona – covid 19.

Penyemprotan jenis desinfektan terbaik dilakukan oleh tenaga ahli, jadi sudah pasti aman karena sudah berpengalaman. Tim juga dilengkapi dengan APD lengkap. Hubungi kami di 0822-1123-1123 atau 021-29049130 sekarang.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123