fbpx
Gambar 1 - Produk cairan desinfektan untuk lantai

LIPI baru-baru ini merilis daftar cairan desinfektan untuk ruangan dan lantai yang berasal dari produk-produk rumah tangga. Hal ini menyusul tindakan penyemprotan mandiri oleh warga Indonesia di rumah dan lingkungan sekitar untuk memerangi virus corona covid-19.

Sudah bukan rahasia lagi, sejak virus covid 19 mewabah di Indonesia, hampir semua orang melakukan tindakan antisipasi, salah satunya dengan menyemprotkan desinfektan.

Cara ini bisa dibilang sebagai langkah awal tindakan pencegahan virus dalam taraf masal di fasilitas umum dan rumah pribadi.

Sebagian besar orang membuat cairan disinfektan sendiri dan pihak LIPI pun mengumumkan produk-produk yang bisa dipakai untuk membuat cairan tersebut.

Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa produk rumahan yang bisa dipakai untuk membuat cairan desinfektan sendiri di rumah.

Ini dia 18 daftar cairan desinfektan untuk ruangan & lantai yang harus Anda tahu!

Kami akan mengelompokkan pembahasan produk ini berdasarkan penggunaannya di rumah:

5 Produk berbasis pemutih pakaian

Berikut ini adalah produk berbasis pemutih pakaian yang bisa Anda gunakan:

  1. Bayclin varian lemon.
  2. Bayclin varian regular.
  3. Proclin pemutih.
  4. Soklin pemutih.
  5. Clorox Disinfecting Bleach

Poin 1-4 adalah produk yang mudah ditemukan di Indonesia dan sering dijumpai di rumah-rumah. Keempatnya mengandung sodium hypochlorite 5,25% sehingga pengencerannya adalah 20 mililiter banding 1 liter air. Gunakan perbandingan ini untuk membuat campuran yang lebih banyak atau sedikit.

Khusus untuk produk kelima, kandungan bahan aktifnya lebih pekat, yakni sodium hypochlorite 7,4%. Bila membuat desinfektan dengan produk ini, perbandingannya adalah 10 ml : liter air.

6 Produk cairan desinfektan untuk lantai

 Produk cairan desinfektan untuk lantai

Berikut ini adalah produk cairan desinfektan untuk lantai yang biasanya dipakai di rumah:

  1. Muscle axi triguna pembersih lantai.
  2. Dettol pembersih lantai multiaction 4 in 1.
  3. Dettol pembersih lantai citrus.
  4. SOS pembersih lantai anti bacterial.
  5. Wipol pembersih lantai cemara.
  6. Wipol pembersih lantai sereh & jeruk.

Produk-produk di atas memiliki kandungan bahan aktif yang berbeda-beda. Berikut ini adalah ukuran pengencerannya:

Mr. Muscle mengandung bahan aktif Benzalkonium chloride 0,15% dan ethoxilated linear 0,6%. Perbandingan pengencerannya adalah 20 ml banding 1 liter air.

Untuk Dettol pembersih lantai, keduanya mengandung Benzalkonium klorida sebanyak 1,1856%. Pengencerannya adalah dicampurkan sebanyak 45 ml dengan air 1 liter.

SOS mengandung benzalkonium chloride 1%, setiap 50 ml-nya bisa diencerkan dengan 1 liter air.

Sementara itu, Wipol varian cemara mengandung Pine Oil 2,5%. Perbandingan pengencerannya adalah 1:9 untuk Wipol : air. Pastikan satuan ukur yang digunakan sama.

Terakhir, Wipol sereh & jeruk mengandung Ethoxylated alcohol 3% dengan benzalkonium chloride 1,25%. Setiap 40 ml produk ini bisa dicampurkan dengan 1 liter air.

2 Produk cairan desinfektan untuk ruangan

Berikut ini adalah produk yang biasanya digunakan untuk membersihkan ruangan dan bisa dibuat jadi desinfektan:

Produk cairan desinfektan untuk ruangan

  1. Clorox toilet bowl cleaner with bleach.
  2. Bebek kamar mandi.

Bahan aktif yang terkandung dalam Clorox adalah sodium hypochlorite 2,4%. Setiap 40 ml Clorox bisa dicampurkan dengan 1 liter air. Sementara pada cairan desinfektan untuk ruangan kamar mandi dari Bebek terdapat kandungan Benzalkonium klorida sebanyak 0,1 %.

5 Produk berbasis desinfektan lainnya

Berikut ini adalah 5 produk yang dirilis LIPI dan bisa dipakai untuk membuat desinfektan:

  1. Septalkan.
  2. Brata Care Disinfectane Concentrate.
  3. Aquatabs Multipurpose.
  4. Dettol antiseptic liquid.
  5. Dettol all in one disinfectant spray.

Penggunaan produk di atas ada yang harus dicampurkan dengan air, ada yang sudah siap langsung bisa digunakan. Bentuknya juga ada yang cair, ada yang tablet. Berikut ulasan lengkapnya:

Septalkan mengandung material aktif benzalkonium klorida 0,0095%. Bila ingin diencerkan, campurkan dengan perbandingan 1:1 pada air.

Brata Care mengandung Quarternary ammonium compound 4,5%. Setiap 10 ml Bratacare bisa dicampurkan dengan 1 liter air.

Aquatabs Multipurpose bisa dibeli secara online, zat aktif yang terkandung adalah sodium dichloroisocyanurate. Dosis pengenceran dan cara pakainya biasanya sudah ada di kemasan. Produk ini berbentuk tablet yang mudah larut dalam air.

Khusus untuk Dettol antiseptic liquid, kandungan di dalamnya adalah chloroxylenol 4,8%. Setiap 25 ml Dettol Antiseptic liquid bisa dicampurkan dengan 1 liter air.

Terakhir, Dettol all in one disinfectant spray sudah siap pakai. Zat aktif di dalamnya adalah alkyl dimethyl benzyl.

Itulah 18 produk yang bisa Anda gunakan untuk membuat disinfektan mandiri. Beberapa produk hanya bisa dibeli secara online karena tidak tersedia di minimarket atau supermarket.

Selain memperhatikan dosis, hendaknya Anda juga memperhatikan cara penggunaan desinfektan dan pemakaiannya dengan benar.

Pembuatan dan penyemprotan yang efektif usir virus

Meski sudah berhasil membuat desinfektan, faktanya virus ini terus menerus menyebar. Bahkan, sudah ada yang merasa putus asa dengan hal ini.

Gambar Pembuatan dan penyemprotan yang efektif usir virus

Alih-alih berputus asa, sebaiknya Anda mencari solusi yang lebih efektif untuk menghentikan perkembangan di lingkungan sekitar. Cara terbaiknya adalah dengan menghubungi jasa pembasmi virus, kuman, dan bakteri.

Kami, Fumida, memiliki pengalaman dalam pembuatan desinfektan dengan bahan efektif dan dosis yang tepat. Bahan yang digunakan sudah sesuai standar dan aman buat lingkungan.

Selanjutnya, tim ahli kami juga akan menyemprotkan cairan desinfektan untuk ruangan ke seluruh area dengan trik yang sesuai sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitar. Virus hilang, lingkungan tenang.

Hubungi kami di nomor 0822-1123-1123 atau 021-29049130 sekarang untuk penanganan tercepat!

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123