Cara Membasmi Koloni Rayap Di Rumah Sampai Tuntas

Rayap adalah hama yang kerap dijumpai pada furniture atau perabot rumah tangga dan menjadi masalah menjengkelkan. Pasalnya, rayap dapat membuat perabot tidak tahan lama karena sifatnya yang suka menggerogoti kayu. Tak ayal, banyak orang mencari cara membasmi koloni rayap di rumah. Agar semakin terbantu, yuk simak cara usir rayap berikut!

Beberapa Cara Ampuh Basmi Hama Rayap Di Rumah

1. Perbanyak Ventilasi Rumah

Perlu anda ketahui, rayap sangat menyukai tempat yang lembab dan minim sinar matahari. Mereka akan berkembang biak dengan baik di tempat tempat yang lembab dan dekat dengan air. Jika rumah anda dipenuhi dengan perabot kayu, maka memperbanyak ventilasi rumah bisa menjadi cara ampuh untuk mencegah rayap datang.

Buatlah lubang ventilasi dalam rumah sebanyak mungkin agar udara bersih dan sinar matahari dapat masuk ke setiap sudut rumah. Akan tetapi, jika perabotan anda sudah terlanjur diserang rayap maka dapat mengatasinya dengan menjemur perabotan tersebut pada area terbuka yang terkena sinar matahari langsung.

2. Bersihkan Halaman Dari Genangan Air

Di mana ada air dan tempat lembab, di situlah rayap akan datang dan menjadikan tempat tersebut sebagai rumah barunya. Satu satunya cara membasmi koloni rayap yang masuk ke dalam rumah adalah menghilangkan air yang menggenang di berbagai area rumah. Saat musim penghujan datang, tentu area halaman rumah akan digenangi air hujan.

Hal ini akan menjadi kesempatan emas bagi koloni rayap untuk mendirikan rumahnya di sana. Untuk menghindarinya, alangkah lebih baik menyediakan tempat penampungan air agar tidak tergenang di mana mana. Hal ini juga bertujuan mencegah hama lain seperti nyamuk, semut, tikus, yang masuk ke dalam rumah.

3. Perbaiki Keramik Atau Pipa Yang Rusak Dengan Segera

Terlihat sepele, keramik lantai yang rusak akan memunculkan celah yang akan menjadi jalan masuk hama rayap ke dalam rumah. Lantai bercelah disertai pipa bocor akan semakin membuat kondisi rumah benar benar lembab. Jika tidak segera diperbaiki, maka anda akan mengundang berbagai hama termasuk rayap untuk datang ke rumah.

4. Beri Jarak Antar Furnitur Dengan Dinding Atau Lantai

Apabila rumah anda didominasi furnitur berbahan kayu, maka cara membasmi koloni rayap yang benar adalah memberikan jarak antar furnitur tersebut dengan dinding. Cara ini sangat efektif mencegah rayap masuk ke rumah. Furnitur kayu yang berdekatan dengan dinding akan mudah mengumpulkan uap air, yang menjadikannya lembab serta mengundang rayap.

5. Basmi Rayap Dengan Kapur Barus

Selain berfungsi sebagai pengharum ruangan, kapur barus dipercaya ampuh membasmi rayap secara efektif. Kandungan naftalena dalam kapur barus terbukti dapat merusak penciuman rayap. Agar terhindar dari koloni rayap, letakkan kapur barus di beberapa sudut rumah dan furnitur kayu yang dirasa rentan terkena rayap.

6. Siram Dengan Sabun

Air sabun juga dapat mengganggu sistem pernafasan hama rayap. Dengan pemberian air sabun, rayap akan lebih mudah mati akibat tidak adanya pasokan oksigen dalam tubuh. Untuk caranya, cukup larutkan sabun cair dengan air lalu semprotkan ke bagian yang terkena rayap. Setelah menerapkan cara membasmi koloni rayap ini, hama tersebut tidak akan datang lagi.

Hidup rayap yang berkoloni membuat beberapa orang kesulitan untuk membasminya. Selain menerapkan cara dalam ulasan tersebut, anda juga dapat membasmi rayap hingga tuntas dengan cara menggunakan jasa FUMIDA. Jasa yang bergerak di bidang pembasmian hama ini ampuh mengusir berbagai hama termasuk rayap yang masuk ke rumah.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123