Jenis Ulat Beracun

Kerap kali ditemui ada beberapa orang yang merasa takut bila berhadapan dengan ulat bulu. Sedangkan, tidak jarang juga ditemui beberapa orang yang suka dengan kehadiran ulat bulu yang memiliki bentuk yang menggemaskan. Meskipun begitu, sebaiknya anda perlu berhati hati karena tanpa disadari terdapat beberapa jenis ulat beracun yang bisa saja mencintai anda. Intip jawabannya berikut ini.

Beberapa Jenis Ulat Yang Memiliki Racun Berbahaya

1.Buck Moth Larvae

Dilihat dari tampilannya saja, ulat buck moth larvae ini juga terlihat mengintimidasi. Larva berjenis ngengat buck atau hemileuca maia ini memiliki duri bercabang yang menyelimuti area tubuhnya. Ditambah lagi, duri tersebut mampu melahirkan sengatan yang sangat kuat ketika disentuh.

Jika tidak sengaja terkena, maka anda akan merasakan sakit yang luar biasa pada area yang telah bersentuhan dengan buck moth larvae ini. Efek awal yang akan dirasakan adalah merasakan sakit yang sangat kuat dan intens. Setelah itu, timbul rasa gatal, kemerahan serta bengkak.

2. Saddleback Venom

Jenis ulat beracun selanjutnya yaitu saddleback venom. Pada bagian tubuhnya menonjol ke atas seperti tanduk, serta pada bagian tengah tubuhnya memiliki warna hijau yang seolah olah hama satu ini sedang menggunakan baju kaos. Umumnya, ulat ini dijumpai di pantai timur Amerika Serikat.

Selain dilihat dari tubuhnya, ulat ini juga memiliki duri yang wajib diwaspadai. Pasalnya duri ini akan menyuntikkan racun pada benda apapun yang datang mendekatinya. Racun dari tubuh saddleback venom menyebabkan beberapa efek pada tubuh. Diantaranya seperti migrain serta nyeri perut. Bagi orang pengidap asam, dengan terkena saddleback venom bisa membuat penyakit asma semakin parah.

3. Stinging Rose Caterpillar

Ulat yang memiliki warna cerah mencolok dengan duri penyengat ini berfungsi untuk mengusir predator. Meskipun terlihat cantik, siapa sangka ternyata stinging rose caterpillar merupakan salah satu jenis ulat beracun yang keberadaannya patut dihindari dan diwaspadai dengan seksama.

Menurut laman Ranked, sengatan dari ulat beracun ini bisa menimbulkan beberapa hal yang cukup parah. Apabila anda selama ini hanya mengetahui bahwa area gatal hanya pada bagian tubuh yang terkena ulat, namun berbeda halnya pada ulat stinging rose caterpillar yang menyebabkan seluruh tubuh anda merasakan ruam serta gatal.

4. Hag Moth Caterpillar

Melihat bentuk ulat yang satu ini pasti banyak orang mengira bahwa hewan tersebut adalah laba laba. Namun nyatanya, hewan ini adalah hag moth caterpillar yang dikenal juga dengan sebutan siput monyet. Tubuh ulat ini ditutupi dengan rambut berwarna coklat serta sembilan kaki tambahan yang berada di kedua sisi badan. Jika anda kurang waspada, bisa saja anda mengiranya daun.

Racun yang diberikan dari jenis ulat beracun yang satu ini bisa membuat orang merasakan sakit yang mana rasanya seperti mirip dengan disengat tawon. Apabila terkena, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mencuci area yang terkena dengan air serta sabun. Setelah itu bisa juga oleskan es batu untuk mempercepat penyembuhan.

5. Cinnabar Moth Caterpillar

Jika ada orang yang secara tidak sengaja terkena sengatan ulat cinnabar, rata rata orang akan mengalami reaksi yang ringan sebagai efek samping. Tetapi ada juga yang mengalami gejala yang lebih parah. yang mana sengatan tersebut bisa memicu asma, pendarahan serta penyakit gagal ginjal yang mengancam kesehatan.

Memiliki warna tubuh yang oranye terang, menjadi tanda bahwa ulat cinnabar tidak aman untuk dimakan oleh hewan lainnya. Istilah ini disebut dengan aposematisme. Dengan begitu, ulat cinnabar tidak memiliki predator atau pemangsa yang akan mengincarnya untuk dijadikan sebagai santapan.

Meskipun beberapa ulat tersebut jarang di temui di Indonesia, namun tidak ada salahnya untuk anda waspada dengan kehadiran ulat beracun, apalagi jika pekarangan rumah anda dipenuhi dengan pohon serta tumbuhan yang biasanya menjadi sarang tempat tinggal ulat. Sebagai cara pencegahan, anda bisa menggunakan FUMIDA sebagai jasa basmi hama termasuk ulat bulu.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123