Cara Kutu Busuk Menggigit Manusia

Kutu busuk merupakan hama berbahaya yang kerap kali ditemui pada beberapa furniture rumah seperti sofa atau tempat tidur. Salah satu hama merugikan ini membutuhkan makanannya dengan cara menghisap darah termasuk darah manusia. Berikut ulasan cara kutu busuk menggigit manusia dan juga tips untuk mengatasi keberadaannya.

Cara Kutu Busuk Memperoleh Makanannya

Hama kecil ini tidak dapat terbang tapi memiliki pergerakan tubuh yang sangat cepat. Baik itu di lantai maupun di dinding rumah anda. Pada kutu busuk betina, mereka dapat bertelur hingga mencapai ratusan butir kutu busuk. Ukurannya pun sangat kecil bagaikan ukuran debu yang tidak nampak.

Binatang kecil yang termasuk dalam hama rumah ini akan aktif pada malam hari. Biasanya, mereka akan menggigit manusia saat sedang tidur. Cara mereka agar memperoleh makananya yaitu dengan menusuk bagian permukaan kulit manusia dan menghisap darah melalui paruh panjang yang dimilikinya.

Apabila anda terkena gigitan kutu busuk, anda tidak bisa merasakan gigitannya di awal. Melainkan mulai merasa bahwa kutu busuk ini telah menggigit manusia pada beberapa saat setelahnya. Sama halnya seperti digigit nyamuk, yang mana kutu busuk menggigit manusia juga membutuhkan waktu kisaran 3 hingga 10 menit untuk dapat menghisap darah manusia.

Sebenarnya, banyak sekali orang yang tidak menyadari bahwa mereka telah digigit oleh kutu dan menganggap bahwa bekas gigitan tersebut berasal dari nyamuk biasa. Maka dari itu, cara satu satunya agar anda menyadari bahwa ada keberadaan kutu busuk di area kamar atau rumah yaitu dengan menemukannya kutu itu sendiri secara langsung.

Adapun beberapa cara agar dapat mengetahui keberadaan kutu busuk dengan mengetahui beberapa hal. Diantaranya seperti menemui noda darah yang berada di atas bantal, seprei ataupun selimut yang anda gunakan saat tidur. Selain itu bisa juga ditemukannya noda kehitaman atau kotor pada atas sprei, selimut, bahkan dinding kamar sekalipun.

Baca juga  Kenali 5 Jenis Hama Serangga Yang Hidup Di Kasur. Bahaya Kah?

Kutu busuk menggigit manusia dengan caranya yang seperti nyamuk, namun pada kutu busuk terkadang meninggalkan jejak berupa bintik bintik pada sprei. Tidak jarang juga ditemui adanya telur di tempat kutu busuk tersebut bersembunyi. Lalu, cara terakhir untuk mendeteksi keberadaan kutu penggigit ini yaitu adanya bau menyengat khas serangga yang tidak sedap.

Cara Atasi Kutu Busuk

Karena keberadaannya yang mengganggu, diketahui ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membasmi keberadaan kutu busuk ini. Seperti dengan membersihkan sprei dan juga pakaian dengan menggunakan air hangat. Setelah itu keringat sprei tersebut menggunakan mesin cuci berkecepatan tinggi.

Membersihkan permukaan kasur juga bisa anda lakukan sebagai upaya tepat untuk bisa mencegah kutu busuk menggigit manusia. Gunakanlah sikat kasur yang kaku untuk menggosok kasur. Cara ini akan ampuh untuk anda bisa menghilangkan kutu busuk beserta dengan telur mereka yang belum atau sudah menetas.

Gunakan vakum cleaner atau penyedot debu untuk membersihkan area area yang sempit pada kamar. Lalu buanglah kotoran tersebut ke luar dan jauh dari rumah. Hal ini dilakukan agar kutu busuk dapat pergi jauh dari area rumah anda. Cara selanjutnya yang bisa dilakukan yakni menutup retakan yang terdapat pada dinding rumah dengan rapat dan tanpa celah.

Hal terakhir untuk membasmi kutu busuk adalah jangan membiarkan kasur anda berantakan. Cara ini masih sering kali dilupakan oleh beberapa orang, padahal membersihkan kasur dapat menghindari datangnya hama kasur termasuk kutu busuk yang mengganggu. Apabila anda masih memiliki kebiasan yang jarang membersihkan tempat tidur, sebaiknya ubah kebiasaan itu mulai sekarang.

Itulah beberapa ulasan seputar kutu busuk yang sekiranya dapat membantu kekhawatiran anda dengan keberadaan kutu busuk di dalam rumah. Jika cara diatas tak kunjung berhasil, anda bisa meminta bantuan dengan memanggil jasa FUMIDA untuk mengatasi permasalah hama rumah yang mengganggu.

Leave Comment

three × three =

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123082211231123