fbpx
Penyebab kutu busuk

Kutu busuk merupakan sejenis serangga yang bisa membuat tidur jadi tak nyenyak. Cari tahu penyebab kutu busuk dan bahayanya untuk melakukan tindakan pencegahan sejak dini.

Kutu busuk dikenal juga dengan nama kutu kasur, merupakan serangga yang sangat menjengkelkan. Hewan ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan jika terus diabaikan. Hal ini karena kutu menghisap darah manusia dan meninggalkan bekas gigitan berwarna merah secara acak.

Hewan ini hidup secara koloni dan biasanya bersembunyi di kasur. Oleh karena itu, jika ada penghuni rumah yang melihat satu kutu, maka bisa dipastikan ada banyak kutu yang sedang bersembunyi di sarangnya.

Mengetahui asal mula kutu busuk bisa menjadi langkah awal untuk melakukan tindakan pencegahan atas serangan koloni kutu tersebut.

Penyebab kutu busuk

Kutu kasur berasal dari berbagai tempat yang mayoritas adalah tempat umum. Agar lebih jelas mengenai asal mula kutu, simak ulasan di bawah ini:

Penyebab kutu busuk

1. Berasal dari rumah atau lokasi lain

Kutu dapat berpindah dari tempat satu ke tempat lainnya. Hewan ini bisa bersembunyi di lipatan baju, koper, atau semacamnya. Maka dari itu, berhati-hatilah saat Anda berada di tempat umum seperti:

  1. Warnet
  2. Alun-alun.
  3. Kantor.
  4. Angkutan umum.
  5. Rumah sakit / klinik.
  6. Tempat penitipan anak.
  7. Playground.
  8. Perpustakaan.
  9. Asrama mahasiswa.
  10. Hotel, dll.

Ada banyak cara kutu berpindah dari tempat satu ke tempat lainnya, kemudian menyebar dan membentuk koloninya, di antaranya adalah dengan cara:

  1. Saat Anda dan keluarga duduk di kursi tempat umum, bisa jadi di kursi tersebut ada kutu yang menyelinap masuk ke pakaian. Ketika sampai di rumah dan Anda menggunakan pakaian ini untuk duduk di kasur atau sofa di rumah, saat itulah kutu berpindah dan akan membuat koloni baru di rumah.
  2. Saat anak Anda bermain ke rumah temannya atau bermain di tempat penitipan anak, bisa jadi saat pulang anak Anda membawa telur kutu di pakaiannya. Hasilnya, telur ini akan membentuk sebuah koloni kutu yang baru.
Baca juga  Ampuh! Ini Cara Membasmi Kutu Kasur Alami Vs Bahan Kimia

Selain 2 cara di atas, masih ada banyak cara dan penyebab kutu busuk masuk ke dalam rumah. Oleh karena itu, demi kehati-hatian, selalu perhatikan area di mana Anda duduk saat berada di ruang atau tempat umum.

2. Tidak rajin mencuci sprei

Penyebab yang umum adalah jarang mencuci sprei, sedangkan kutu sangat suka dengan tempat yang kotor dan lembap seperti ini.

3. Jarang menjemur kasur

Kutu tidak suka dengan panas matahari. Jika kasur jarang dijemur dan jendela atau ventilasi jarang dibuka, ini merupakan tempat yang paling mereka senangi.

4. Sering menumpuk pakaian kotor di atas kasur

Menumpuk pakaian kotor dan agak basah bisa menjadi tempat tinggal ternyaman buat kutu. Selain itu, kutu juga sangat suka dengan bau keringat manusia.

Tanda adanya kutu kasur

Berikut ini adalah beberapa tanda bahwa kutu sudah masuk ke dalam rumah:

  1. Ditemukan telur kutu.
  2. Ada kotoran kutu.
  3. Adanya noda hitam di kasur.
  4. Adanya bau apek di lokasi yang ada kutunya.

Fakta menarik kutu kasur dan tempat yang disukai

Fakta tentang kutu di bawah ini bisa membantu Anda mengenali penyebab berkembangnya kutu di rumah:

  1. Kutu kasur suka suhu dingin.
  2. Mencari makan atau menghisap darah saat malam kemudian bersembunyi lagi di lipatan kasur.
  3. Selain di kasur, kutu juga bisa ditemukan di sekitar celah saklar.
  4. Hangatnya tubuh manusia selalu membuat kutu tertarik.
  5. Satu ekor telur busuk betina bisa bertelur sebanyak 5 butir setiap harinya.
  6. Kutu betah tinggal di kasur kotor dan jarang dibersihkan.

Akibat dan bahaya kutu busuk

Berikut ini adalah akibat kesehatan yang ditimbulkan oleh kutu kasur:

  1. Kurang tidur karena tidak nyenyak dan tidak berkualitas.
  2. Adanya reaksi alergi terhadap gigitan.
  3. Benjolan merah akibat gigitan menyebar di kulit dalam jumlah banyak.
  4. Adanya infeksi karena garukan.
  5. Memicu frustasi dan stres.
Baca juga  Jasa Pembasmi Kutu Busuk di Surabaya

Karena bahaya buat kesehatan, segera ambil tindakan jika Anda menjumpai kutu. Anda membutuhkan pest control untuk menanggulangi masalah kutu ini. Hal ini karena kutu memilih lokasi tersembunyi dan cukup sulit untuk ditemukan, kecuali oleh ahlinya.

Dengan menggunakan jasa pembasmi kutu, tindakan pencegahan terhadap penyebab kutu busuk tak hanya akan efektif tapi juga bisa memberikan dampak signifikan dan tuntas sampai ke telurnya.

Anda bisa menghubungi Fumida di nomor 0822.1177.1166 atau melalui nomor telepon 021.2904.9130, masalah hama di rumah pun akan beres.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

[recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123