Melakukan perawatan secara rutin untuk mencegah serangan rayap penting untuk dilakukan.

Karena kita tidak tahu kapan saat rayap akan menyerang rumah kita tanpa kita sadari.

Jadi, hal yang tepat untuk dilakukan adalah dengan melakukan pencegahan.

Lalu, perawatan rutin apa yang bisa kita lakukan di rumah untuk mencegah serangan rayap tersebut?

Simak penjelasan di bawah ini!

Mengapa Rayap Menjadi Masalah?

Mencegah Serangan Rayap

Rayap menjadi ancaman serius bagi pemilik rumah.

Hal ini dikarenakan rayap adalah hama yang hidup dalam koloni besar dan memakan zat selulosa yang terdapat dalam kayu.

Mereka seringkali memakan bagian dalam kayu dan tetap membiarkan bagian luar tetap utuh hingga kita tidak bisa kerusakan yang signifikan telah terjadi.

Serangan rayap bisa menjadi sangat mahal dan mengancam struktur rumah Anda.

Hal ini termasuk kerusakan perabotan kayu, dinding, lantai, plafon, dan lain sebagainya yang mengandung zat selulosa kesukaan rayap.

Langkah-Langkah Pencegahan

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk melakukan pencegahan di rumah untuk mencegah terjadinya serangan rayap, beberapa diantaranya adalah:

Inspeksi Rutin

Melakukan inspeksi secara rutin adalah langkah pertama yang penting untuk dilakukan dalam mencegah serangan rayap.

Cara Melakukan Inspeksi

  • Melakukan pemeriksaan terhadap kerusakan kayu di dalam rumah, struktur bangunan yang retak, dan juga keberadaan tabung lumpur di permukaan lantai.
  • Pengecekan di sekitar area yang berpotensi terjadinya kelembaban seperti pipa bocor, hal ini dikarenakan rayap menyukai tempat yang lembab.
  • Lakukan pemeriksaan pada perabotan kayu, apakah terdapat tanda-tanda kerusakan atau keropos.

Pengelolaan Kelembaban

Berdasarkan penjelasan diatas mengenal inspeksi area yang berpotensi lembab, dengan mengelola area kelembaban juga dapat membantu Anda untuk mencegah terjadinya serangan rayap.

Tips Mengurangi Kelembaban

  • Jika sudah melakukan inspeksi pastikan juga untuk memperbaiki area yang bocor seperti di pipa, celah retakan dinding atau celah retakan atap.
  • Selain memperbaiki area yang lembab Anda juga bisa memberikan ventilasi di area yang dirasa lembab seperti didapur, kamar mandi, dan juga ruangan tertutup tanpa adanya akses jendela.
  • Anda juga bisa menggunakan alat dehumidifier untuk menstabilkan suhu di area yang memiliki tingkat kelembaban yang tinggi.

Penggunaan Kayu Tahan Rayap

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan jenis kayu yang tahan terhadap serangan rayap hal ini dapat menjadi langkah preventif yang efektif.

Beberapa Jenis Kayu Tahan Rayap

  • Kayu jati adalah kayu alami yang memiliki ketahanan terhadap serangan rayap, lebih baik lagi jika diberikan cat anti rayap.
  • Kayu Cedar memiliki kandungan yang tidak disukai oleh rayap yaitu minyak alami yang di hasilkan dari kayu tersebut.
  • Sama halnya seperti kayu jati, kayu redwood juga memiliki ketahanan terhadap kelembaban yang disukai oleh rayap, namun tetap lebih baik juga kayu redwood ini dilindungi oleh cat anti rayap.

Pemeliharaan Taman

Jika Anda memiliki taman disekitar rumah Anda, ada baiknya untuk Anda mengelola taman dengan baik untuk mencegah terjadinya serangan rayap di rumah Anda.

Tips Pemeliharaan Taman

  • Hindari penggunaan mulsa yang mendekati fondasi rumah sebab mulsa yang berperan untuk menjaga kelembaban tanah dapat menarik minat rayap untuk datang mendekati rumah jika berdekatan, sehingga harus diberikan jarak antara mulsa dan fondasi rumah agar infestasi rayap tidak terjadi.
  • Jika Anda memiliki atau penyuka tanaman hindari tanaman berada di dekat fondasi rumah atau menempel di dinding rumah, hal ini akan memungkinkan rayap masuk ke dalam rumah melalui jalur tersebut.
  • Kelola taman Anda jangan sampai terdapat kayu mati yang berpotensi menyebarkan serangan rayap dari kayu tersebut ke dalam rumah.

Memanggil Layanan Jasa Pembasmi Rayap Profesional

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya serangan rayap di rumah Anda adalah memanggil jasa pembasmi rayap profesional.

Selain untuk mencegah serangan rayap di rumah Anda, jasa ini juga bisa membantu rumah Anda yang sudah terlanjut di serang oleh rayap dengan membasmi rayap hingga tuntas.

Fumida adalah jasa pembasmi rayap profesional yang berpengalaman dibidang pembasmian rayap.

Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun, Fumida dapat membasmi rayap hingga tuntas ke akarnya dan memberikan garansi 3 – 5 tahun.

Anda bisa menghubungi nomor 0822-1123-1123 untuk mendapatkan survei secara gratis hanya untuk Anda.

Segera hubungi kami untuk cegah serangan rayap di rumah Anda!

5/5 - (8793 votes)

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Telp Sekarang 0822-1123-1123