Cara Basmi Rayap Sampai Tuntas

Rayap memang menjadi masalah yang kerap muncul menyerang perabotan yang terbuat dari kayu. Hal ini tidak terkecuali tiang penyangga rumah. Tentu rusaknya tiang penyangga dapat membahayakan seisi rumah jika sampai rumah tersebut roboh. Lantas bagaimana cara basmi rayap sampai tuntas? Simak 5 tipsnya sebagai berikut.

5 Tips Basmi Rayap yang Ampuh

1. Memperbanyak Ventilasi di Rumah

Rayap lebih suka kondisi yang lembab. Hal inilah yang menjadi penyebab munculnya tips yang satu ini. Dengan memperbanyak ventilasi di dalam rumah maka sirkulasi udara di dalam rumah juga akan berjalan dengan baik. Jika sirkulasi berjalan dengan lancar maka kondisi rumah akan jauh dari rasa lembab. Jika rumah anda tidak lembab maka rayap tidak akan menyerang.

Kondisi rumah yang kurang ventilasi juga sebenarnya tidak baik untuk kesehatan pemilik rumah. Orang yang tinggal di dalam rumah akan mudah terserang penyakit. Penyakit akan gampang menyerang dan mudah berkembang dalam kondisi rumah yang lembab dan kotor. Oleh karena itu tak hanya sebagai cara basmi rayap, memperbanyak ventilasi juga baik untuk kesehatan.

2. Hindari Genangan Air di Halaman Rumah

Tips kedua yang bisa anda lakukan agar rayap tidak menyerang rumah adalah anda harus menjaga halaman rumah agar tidak tergenang air. Genangan air akan membuat rayap berkembang biak dengan cepat. Cara yang paling efektif adalah anda dapat membuat sistem drainase sehingga air tidak menggenang dan dapat langsung dibuang dengan cepat.

Cara lain yang dapat anda gunakan adalah anda dapat membuat penampung air hujan sehingga air tidak akan meluber ke halaman rumah. Dengan cara ini juga sebenarnya telah mencegah nyamuk berkembang biak. Halaman rumah yang tetap bersih menjadi salah satu hal yang harus dijaga agar serangga hama tidak mudah menyerang rumah.

3. Segera Perbaiki Pipa atau Lantai Keramik yang Rusak

Tips ketiga cara basmi rayap adalah dengan memperbaiki pipa atau lantai keramik yang rusak. Sebenarnya apa hubungan pipa dengan rayap? Jika pipa rusak dan bocor maka air yang tergenang akan membuat rumah semakin lembab. Hal ini menjadi salah satu hal yang membuat rayap mudah berkembang biak.

Tak hanya pipa, keramik yang rusak juga dapat meningkatkan kelembaban rumah. Keramik yang rusak akan membuat udara dan air dapat mengisi bagian yang retak atau berlubang pada keramik sehingga lantai akan terasa lembab. Hal ini menjadi tempat yang pas untuk rayap berkembang biak. Tak heran jika lantai lembab dapat memicu rayap datang.

4. Menutup Retakan Dinding di Setiap Sisi Rumah

Hal yang harus diperhatikan dalam mencegah rayap masuk rumah adalah menutup setiap celah yang ada di tembok. Tembok yang berlubang dapat menjadi sarang bagi rayap untuk hidup dan membentuk koloni. Hal inilah yang menyebabkan rayap akhirnya dapat masuk ke dalam rumah. Rayap akan masuk melalui cela cela dinding hingga sampai ke bagian dalam.

5. Memberikan Jarak Antara Satu Furniture Dengan Lainnya

Tips atau cara basmi rayap selanjutnya adalah memberikan jarak antara satu furniture dengan furniture lainnya. Anda juga dapat memberikan jarak antara perabotan yang terbuat dari kayu dengan tanah. Hal ini menjadi salah satu cara yang paling efektif karena dengan begitu rayap tidak dapat masuk ke dalam rumah melalui media kayu.

Demikianlah 5 cara atau tips untuk membasmi rayap. Dengan melakukan lima langkah yang telah disebutkan sebelumnya, harapannya tak ada lagi rayap yang menyerang bagian dalam rumah anda. Jika serangan rayap masih ditemukan, maka anda dapat memanggil jasa pembasmi hama FUMIDA. Mereka adalah jasa pembasmi hama yang andal dan terpercaya.

 

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123