4 Jenis Hama Perusak Tanaman Tomat

Melakukan kegiatan berkebun merupakan kegiatan yang menyenangkan, apalagi saat melihat beberapa tanaman mulai ditumbuhi buah yang siap panen contohnya seperti buah tomat. Namun hal ini menjadi menyebalkan ketika banyak hama perusak tanaman tomat yang menghambat pertumbuhan buah. Maka dari itu, kenali jenis hama yang bisa saja saat ini bertengger di tanaman anda.

4 Jenis Hama Penghambat Tanaman Tomat

1.Kutu Daun Thrips Tomat

Hama yang kerap menyerang tanaman tomat adalah kutu daun thrips tomat. Hama thrips menyerang tanaman dengan cara menghisap cairan yang berada di permukaan bawah daun, terutama juga pada dedaunan yang masih muda. Tanda apabila tanaman anda mendapat serangan dari kutu daun thrips adalah daun tanaman akan berubah warna menjadi putih.

Apabila serangan kutu ini semakin parah, maka dapat beresiko pada daun tanaman yang menjadi kering. Tentu saja akibatnya akan berujung pada kondisi tanaman akan mati. Ada pula kutu daun thrips sebagai hama perusak tanaman tomat juga bisa menyebabkan daun menjadi keriting atau keriput.

2. Ulat Buah Tomat

Sudah tidak asing lagi jika keberadaan ulat memang selalu mengganggu pertumbuhan tanaman. Ulat pada buah tomat ini dapat menyerang pada bagian daun, buah, hingga bunga. Karakteristik ulat buat adalah memiliki panjang tubuh sekitar 3 centimeter. Cukup terlihat apabila anda memperhatikan dengan detail tumbuhan tanaman milik anda.

Warna tubuh pada ulat ini berwarna coklat hingga warna hitam, yang mana tubuhnya diselubungi oleh bulu bulu halus. Apabila ulat buah tomat ini menyerang pada salah satu bagian tanaman, seperti contohnya buah tomat, maka akan memunculkan lubang yang mengelilingi area sekitaran buah tomat tersebut. Jika terjadi cukup lama, maka buah akan mengalami infeksi sehingga membusuk.

Baca juga  Jarang Disadari, Ternyata Begini 5 Tanda Tanaman Terserang Hama

Anda bisa mengendalikan keberadaan hama perusak tanaman tomat dengan cara memasang perangkat yang memiliki cahaya ultraviolet. Selain itu juga anda bisa membunuh telur beserta ulat yang memang mengganggu panen tomat. Cara terakhir, anda bisa membersihkan tanaman liar yang sering sekali tumbuh berada di sekitaran tanaman.

3. Ulat Tanah

Berbeda dengan ulat buah tomat, ulat tanah ini bisa menyebabkan terpotongnya tanaman pada bagian pangkal batang tomat. Sehingga menyebabkan tanaman menjadi rusak hingga mati. Untuk jenis ulat tanah dewasa sering berdiam diri pada bawah daun tanaman serta meletakkan telurnya di area tersebut. Telur yang sudah menetas akan menjadi larva kemudian memakan jaringan daun tomat.

Ulat tanah juga diketahui menghindari sinar matahari serta bersembunyi pada tanah sekitar 5 hingga 10 centimeter. Ketika malam hari, barulah ulat tanah akan muncul ke permukaan lalu memakan pangkal batang tanaman. Bila tanaman yang dimakan adalah tanaman muda, maka ulat bisa memakan habis tanaman tersebut tanpa sisa sedikitpun.

4. Lalat Buah

Hama perusak tanaman tomat selanjutnya yaitu lalat buah. Dimana hama ini memiliki ukuran kisaran 8 milimeter dengan warna tubuh hijau kehitaman serta memiliki sayap yang transparan. Sedangkan apabila lalat masih menjadi belatung muda, warna tubuhnya adalah warna putih yang pekat.

Apabila tomat sudah terserang hama lalat buah, maka akan mengalami fase pembusukan. Dan tentunya juga terdapat belatung yang ada di dalamnya. Anda bisa dengan mudah membuat pengendalian hama dengan cara membuat perangkap. Namun jika tanaman sudah terlanjur diserang, anda bisa langsung memetik tomat dan membakarnya agar tidak menyebar ke buah lainnya.

Itu dia beberapa jenis hama yang berpotensi untuk merusakan tanaman anda khususnya pada tanaman buah tomat. Jika anda sudah melakukan beberapa upaya pencegahan namun tidak mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa langsung menggunakan jasa FUMIDA. Yaitu jasa pembasmi hama seperti semut, lalat dan hama lainnya yang tentu bisa membantu anda.

Leave Comment

3 × two =

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123082211231123