Kebiasaan Yang Berpotensi Mengundang Hama

Seperti yang anda tahu, hama atau serangga tak mungkin datang ke rumah jika kondisi rumah bersih, sehat, dan memiliki lingkungan yang baik. Berbagai kebiasaan buruk juga dapat mengundang serangga untuk masuk ke dalam rumah. Lantas, apa saja kebiasaan buruk yang dapat mengundang hama masuk ke dalam rumah? Yuk simak disini!

Kebiasaan Buruk Ini Dapat Membuat Hama Atau Serangga Masuk Rumah

1. Membiarkan Rumah Berantakan

Lingkungan yang buruk tidak selalu soal makanan yang berserakkan, melainkan tempat yang tidak tertata dan banyak barang barang yang bertumpuk pada satu sisi rumah. Tahukah anda, membiarkan rumah berantakan dapat mengundang hama atau serangga masuk ke rumah? Ini dikarenakan hama paling menyukai lingkungan tertutup dan berserakan.

Entah itu setumpuk koran, beberapa kotak yang tergeletak, hingga perabot rumah tangga yang sudah tidak digunakan lagi. Kondisi rumah yang demikian menjadi tempat favorit bagi serangga untuk melangsungkan kehidupannya. Bahkah, hewan pengerat seperti tikus akan membangun sarang di ruangan yang gelap dan juga berantakan.

Sementara hama kecil seperti laba laba atau kecoa akan sering berlindung dalam lingkungan yang tertutup seperti tumpukan koran dan perabot rumah tangga yang tak digunakan. Cara mencegah hama masuk ke dalam rumah adalah rajin membersihkan dan membereskan rumah yang berantakan. Lakukan pembersihan secara berkala agar hunian tetap bersih dan sehat.

2. Tidak Segera Menutup Lubang Dan Celah Dalam Rumah

Lubang atau celah dapat menjadi akses terbaik bagi para hama untuk dapat masuk ke rumah. Beberapa tempat seperti dinding tempat kabel, pipa bocor, dan saluran air yang berlubang dapat menjadi kesempatan emas bagi para serangga dan hama untuk masuk rumah. Agar hal ini tidak terjadi, maka segeralah menutup lubang dalam rumah.

3. Tidak Membuat Sampah Secara Reguler

Seperti yang anda tahu, hama menyukai makanan bekas dan limbah rumah tangga dalam rumah. Limbah sampah yang tidak segera dibuang akan menjadi alasan mengapa hama datang ke rumah. Selain membuang sampah secara teratur, penting bagi anda untuk memastikan bahwa tempat sampah dalam kondisi bersih.

4. Tidak Memperbaiki Kebocoran

Terlepas dari lubang, kebocoran juga menarik hama masuk ke dalam rumah dan membuat seisi rumah merasa tidak nyaman. Perlu anda tahu, beberapa jenis hama sangat menyukai tempat lembab untuk dapat berkembang biak. Maka dari itu, jangan tunda untuk memperbaiki kebocoran dalam rumah.

5. Tidak Segera Memperbaiki Jendela Atau Ventilasi

Selain lubang dan celah, hama juga bisa masuk lewat jendela dan ventilasi. Bahkan, beberapa lubang kecil pun akan menjadi kesempatan bagi serangga untuk bisa masuk ke rumah. Sebagai saran, alangkah baiknya untuk sesegera mungkin memperbaiki jendela rusak. Tutupilah ventilasi dengan kasa atau kawat untuk mencegah hewan masuk.

6. Malas Bersihkan Alat Dapur

Alat dapur yang digunakan untuk memasak akan meninggalkan noda yang disukai serangga seperti tikus dan kecoa. Penciumannya yang tajam akan berusaha mencari dimana aroma bekas masakan berasal. Untuk menghindari serangga datang, jangan lupa selalu membersihkan peralatan dapur setelah digunakan agar terhindar dari hama masuk ke dalam rumah.

Rumah yang bersih, sehat, dan jauh dari gangguan hama merupakan dambaan setiap rumah. Namun apa daya kebiasaan buruk penghuni rumah-lah yang dapat mengundang hama masuk. Guna menyiasati hal tersebut, anda dapat bekerja sama dengan jasa FUMIDA untuk membasmi segala jenis hama yang datang ke rumah.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123