Sebagian besar perabotan di rumah sudah pasti terbuat dari kayu. Perabotan yang berbahan dasar kayu sangat rentan sekali rusak karena dimakan rayap. Apalagi jika keadaan udara di rumah lembab yang sangat disukai oleh hama ini. Supaya tidak mudah rusak, Anda harus mengetahui cara agar perabotan kayu tidak dimakan rayap.

Sebab, kerusakan yang terjadi akibat rayap dapat mengakibatkan perabotan menjadi rapuh dan tidak dapat digunakan kembali. Ada beberapa cara yang bisa digunakan agar semua perabotan rumah tangga yang terbuat dari kayu tidak mudah dimakan rayap, yaitu sebagai berikut.

Hindari Meletakkan Perabotan Kayu Menempel pada Dinding

Ketika mengatur tata letak perabotan di rumah, tidak bisa sembarangan menempatkan semua barang. Sebab, penempatan ini akan sangat berpengaruh terutama yang terbuat dari kayu. Untuk barang-barang yang terbuat dari kayu seperti lemari, rak buku, kursi, dan lainnya jangan diletakkan menempel dengan dinding.

Hal ini karena rayap menyusuri dinding untuk bisa sampai pada bagian kayu. Jadi, untuk menghindari hal tersebut sebisa mungkin untuk menjauhkannya dari dinding. Cara aman penempatan perabotan tanpa mengubah estetika adalah dengan memberi jarak dengan dinding. Dengan cara ini, perabotan menjadi lebih aman dari rayap. Maka pastikan semua lemari, rak buku, dan barang yang terbuat dari kayu lainnya tidak menempel secara langsung pada dinding.

Menggunakan Kapur Barus

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui fungsi dari kapur barus. Kapur barus memiliki bentuk dan wangi yang khas. Namun, tentu saja bukan untuk mengharumkan pakaian yang ada pada lemari. Namun, untuk mencegah rayap datang menghabiskan kayu. Kapur barus sangat ampuh untuk mengusir hama berkoloni yang sering menggerogoti kayu ini.

Sebab, rayap sangat tidak menyukai bau yang tidak menyengat. Bau kapur barus sendiri tidak akan masalah untuk manusia sehingga sangat aman digunakan untuk lemari pakaian. Namun, sebaiknya tidak menggunakan kapur barus untuk lemari pakaian bayi. Hal ini untuk mencegah bagian baju yang terkena kapur barus digigit oleh bayi sehingga dapat berakibat fatal.

Agar lebih efektif, Anda dapat menumbuk terlebih dahulu kapur barusnya sampai bubuk. Lalu, taburkan pada bagian sudut-sudut lemari. Akan tetapi, tanpa dihancurkan pun tetap ampuh untuk mencegah rayap datang mendekat.

Buatlah Ventilasi yang Cukup

Hal yang seringkali diabaikan ketika membangun rumah yaitu pembuatan ventilasi. Tidak sedikit rumah yang kekurangan ventilasi sehingga udara di dalamnya menjadi sangat lembab. Udara yang lembab sangat disukai oleh hama ini sehingga secara tidak sadar dapat mengundang rayap untuk datang. Untuk membuat udara menjadi tidak lembab, buatlah ventilasi yang cukup untuk setiap ruangan di rumah.

Tidak hanya membuat sirkulasi udara yang baik tapi juga agar sinar matahari dapat masuk. Jika setiap ruangan mendapatkan sinar matahari yang cukup maka tidak perlu khawatir akan kedatangan rayap. Pasalnya, hama ini sangat tidak menyukai suhu yang menyengat. Jadi, pembuatan ventilasi ini dapat menjadi salah satu cara agar perabotan kayu tidak dimakan rayap yang sangat ampuh.

Dengan menerapkan ketiga cara tersebut, tidak perlu khawatir akan ada rayap yang hinggap dan menggerogoti semua perabotan kayu di rumah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jasa pembasmi rayap dari PT Fumida Pestindo Jaya. Apalagi jika sudah terlanjut banyak barang yang dimakan rayap. PT Fumida Pestindo Jaya dapat membantu membasmi rayap secara profesional, aman, dan cepat. Customer service Fumida siap membantu anda terkait permasalahan rayap di rumah anda, hubungi segera di 0822-1123-1123 dan 021-29049130.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123