Cara Atasi Gigitan Kutu Kasur

Keberadaan kutu kasur di rumah menjadi ancaman bagi penghuni rumah. Terlebih lagi pada mereka yang memiliki anak kecil dengan tingkat sensitif pada kulit yang masih rentan. Apabila saat ini anda atau si kecil sedang mengalami gatal yang diakibatkan oleh kutu kasur, ada baiknya simak 4 cara atasi gigitan kutu kasur berikut ini.

Cara Mengatasi Gigitan Dari Hama Kutu Kasur

1.Kompres Air Dingin

Pada area kulit yang terasa gatal akibat serangan kutu kasur bisa berakibat terjadinya pembengkakan. Sebagai cara mengurangi pembengkakan dan juga rasa gatal yang menyerang pada kulit, anda bisa menggunakan handuk kecil yang sebelumnya telah dicelupkan dengan air dingin.

Cara menerapkannya pun cukup mudah, yaitu dengan menempatkan handuk dingin tersebut hingga beberapa menit. Langkah ini dilakukan supaya sensasi dingin dapat menyebar hingga ke kulit. Selain itu, penggunaan kompres dingin ini juga diketahui bisa mengurangi rasa gatal yang menyerang.

Tak hanya kompres menggunakan handuk, anda juga bisa mandi menggunakan air yang sedikit dingin. Karena bila menggunakan air panas, adanya temperatur yang tinggi bisa membuat kulit menjadi lebih kering. Yang mana kondisi ini dapat memperburuk masalah kulit seperti terjadinya eksim.

2. Krim Gatal

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan sebagai upaya cara atasi gigitan kutu kasur yaitu dengan menggunakan lotion atau krim anti gatal. Untuk bisa mendapati krim anti gatal ini, anda bisa mencarinya di apotek yang telah dijual bebas. Adapun beberapa bahan aktif pada produk pereda gatal yang bisa dipilih.

Diantaranya seperti calamine, lauromacrogol, urea, dan juga hidrokortison. Beberapa bahan tersebut bisa mengurangi rasa ketidaknyamanan pada kulit akibat rasa gatal yang sangat mengganggu. Selanjutnya, apabila area kulit bekas dari gigitan sudah mengering, bahan aktif urea atau lauromacrogol bisa menjaga kulit yang kering agar tetap terhidrasi dengan baik.

Dalam penggunaan produk anti gatal tersebut, ada satu hal yang jangan sampai terlupakan. Yaitu dengan membersihkan kulit pada area yang sedang gatal menggunakan air bersih yang mengalir. Selain itu, jangan lupa juga untuk membaca aturan pakai yang telah tertera di kemasan produk sebelum dioleskan pada area kulit.

3. Hindari Menggaruk Gigitan

Terkadang hal ini luput dari pengawasan orang tua, yang mana si kecil merasa jengkel dan kerap kali menggaruk bekas gigitan karena rasa gatal yang ditimbulkan tidak tertahankan. Padahal, dengan tidak menggaruk gigitan kutu bisa dijadikan sebagai cara atasi gigitan kutu kasur agar gatal segera mereda.

Namun, jika anak menggaruk gigitan tersebut sampai lecet, dikhawatirkan dapat melukai kulit si kecil. Apabila sudah terluka dengan garukan, maka bisa menyebabkan infeksi yang lebih parah. Ketika hal tersebut terjadi, maka jalan satu satunya yaitu segera ke dokter untuk mendapatkan resep antibiotik agar tidak terjadi infeksi yang lebih parah.

4. Sabun Anti Gatal

Selain menggunakan krim anti gatal, disarankan pula beralih ke sabun yang lebih aman untuk mengatasi kulit sensitif. Yang mana ketika kulit gatal dan terinfeksi, maka kulit akan lebih sensitif jika terkena bahan bahan tertentu. Oleh karena itu, anda bisa mengatasinya dengan beralih ke sabun anti gatal yang banyak ditemui di apotek atau toko obat.

Adapun sabun khusus sebagai cara atasi gigitan kutu kasur, anda bisa menggunakan sabun yang bebas dari kandungan pewangi. Selain itu tidak kandungan sabun yang juga tidak memiliki zat pewarna yang kerap kali ditemui pada sabun mandi pada umumnya. Lalu bahan yang terakhir yaitu tidak adanya zat pengawet seperti paraben.

Itulah beberapa cara tepat untuk mengatasi rasa gatal akibat gigitan kutu kasur yang menyerang. Apabila anda berniat untuk membasmi keberadaan kutu kasur, gunakanlah jasa FUMIDA yang bisa membantu anda dalam mengatasi permasalahan gangguan hama termasuk kutu kasur di dalam rumah.

 

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123