Cara Usir Ngengat

Ngengat merupakan serangga atau hama yang memiliki hubungan dekat dengan kupu kupu. Tentu kehadiran ngengat cukup mengganggu kenyamanan apalagi mereka yang telah berkembang biak dan bersarang di dalam rumah. Apabila beberapa lokasi di rumah anda sudah dijadikan sebagai sarang ngengat, simak cara usir ngengat berikut ini.

Usir Keberadaan Ngengat Yang Bersarang Di Rumah

1.Mengusir Dengan Kapur Barus

Hama rumah yang satu ini memiliki nama latin Heterocera. Jenis ngengat satu ini kerap kali datang kerumah lalu bersarang di lemari pakaian adalah jenis ngengat Tineidae. Jenis pakaian yang mereka serang adalah pakaian yang dibuat dengan serat alami seperti penggunaan sutra dan juga wol.

Agar hama kecil itu tidak masuk lalu bertelur di dalam lemari, anda bisa menaruh kapur barus dengan jumlah yang banyak. Kapur barus adalah zat padat berupa seperti lilin serta agak transparan. Aroma yang dikeluarkan yaitu aroma khas yang sangat kuat dan tentu saja tidak disukai oleh ngengat.

2. Daun Kayu Putih

Cara usir ngengat berikutnya yaitu dengan menggunakan daun kayu putih. Daun ini sudah sangat dikenal untuk mampu diekstrak menjadi minyak melalui metode penyulingan lewat uap. Sebagian besar pemanfaatannya juga diolah serta dipakai sebagai minyak yang dibalurkan pada tubuh. Selain itu daun kayu putih juga kerap kali dijadikan pengobatan hingga bahan produk rumah tangga.

Penggunaan daun kayu putih untuk mengusir keberadaan ngengat yaitu dengan membungkusnya menjadi satu dengan kain bekas ataupun kasa. Setelah itu, simpan daun kayu putih tersebut pada area dimana ngengat bersarang. Jika takut daun kayu putih busuk dan menimbulkan aroma yang tidak sedap, maka anda bisa membuatnya dengan cara dikeringkan terlebih dahulu.

3. Masukkan Barang Terkena Ngengat Ke Dalam Kulkas

Meskipun tips yang satu ini terbilang aneh dan tidak pernah terpikirkan sama sekali, namun diyakini cara usir ngengat dengan memasukkan barang terkena ngengat ke dalam kulkas atau freezer dapat menghancurkan kehidupan ngengat. Tidak hanya itu, tetapi telur serta larva dari hama ngengat pun bisa dihancurkan dengan mudah.

Tempatkan barang ke dalam kantong plastik dengan diikat erat. Setelah itu langsung memasukkan barang tersebut ke dalam kulkas dan tunggu selama 4 hari. Cara ini dilakukan untuk membunuh ngengat agar mati pada suhu kulkas yang kurang dari kisaran minus 8 derajat celcius.

4. Mencuci Barang Yang Terkena Ngengat

Selain dengan cara membekukan larva beserta telur ngengat, anda juga bisa mencuci pakaian yang terkena serangan ngengat. Pertama, anda harus terlebih dahulu merendam pakaian dengan air panas yang telah dituang oleh deterjen. Setelah itu, rendam pakaian hingga kurang lebih satu atau dua jam lamanya.

Selanjutnya yaitu mengangkat pakaian lalu bersihkan permukaannya menggunakan sikat hingga kotorannya menghilang. Jemurlah pakaian tersebut pada terik matahari panas, lalu setrika pakaian seperti biasanya. Cara usir ngengat ini bisa anda lakukan agar ngengat tidak melakukan perkembang biakan dalam pakaian.

5. Menyimpan Barang Dengan Tepat

Larva ataupun ngengat yang telah dewasa tidak bisa menembus masuk ke dalam bahan material yang bersifat keras. Itulah sebabnya, cara agar pakaian berbahan wol ataupun sutra tidak dirusak oleh hama ngengat yaitu dengan menyimpannya pada kantong plastik tebal yang kedap udara.

Anda bisa menggunakan tas plastik besar yang akan efektif jika tertutup dengan pita. Atau bisa juga menggunakan wadah plastik yang ditaruh pada bawah tempat tidur. Selain itu, menggunakan kotak kemasan yang kokoh juga akan berfungsi untuk menghindari pakaian dari ngengat. Asalkan setiap bukaan dapat disegel atau diselotip dengan baik.

Itu dia beberapa cara mengusir hama ngengat yang kerap kali ditemui pada beberapa lokasi yang ada di rumah. Apabila cara tersebut belum berhasil, anda bisa menghubungi FUMIDA. Yakni jasa basmi hama yang akan membantu anda dalam mengatasi keberadaan hama rumah termasuk ngengat yang mengganggu.

 

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123