Cara Mengusir Semut

Adanya semut di rumah terkadang dapat mengganggu kenyamanan. Semut akan keluar dari sarangnya untuk mencari makan. Ketika ada makanan berceceran atau minuman yang tumpah di lantai, semut siap menyerbu. Untuk mengusir semut, Anda bisa memanfaatkan bahan alami dan bahan khusus untuk mengusir semut. Berikut beberapa cara mengusir semut di rumah praktis dan tak membutuhkan banyak waktu.

Cara Menghilangkan Semut Di Rumah

1. Cuka dan Air

Kali ini menghilangkan semut dengan bahan yang mudah dijumpai di rumah, yaitu cuka dan air. Dengan menggunakan bahan cuka dan air bisa membuat semut mati hingga ke akar-akarnya. Cara membunuh semut dengan menggunakan dua bahan ini dapat dilakukan dengan melarutkan cuka dengan air, perbandingannya 1:1.

Setelah itu masukkan larutan tersebut ke dalam botol spray dan langsung semprotkan pada tempat yang dikerubungi semut atau sarang semut. Semprot juga bagian yang biasa dilewati semut seperti pada pintu dan bingkai jendela. Larutan cuka dan air terbukti ampuh membunuh semut karena bau cuka yang menyengat akan membuat semut lekas mati.

2. Garam

Bumbu dapur seperti garam tidak hanya bermanfaat sebagai penyedap rasa, namun juga bisa menjadi cara mengusir semut secara ampuh. Walaupun sebenarnya semut tidak akan mati dengan adanya garam, tetapi bahan ini bisa mencegah semut datang. Taburkan garam ke area yang rawan ditinggali semut. Pastikan area tersebut dalam keadaan kering.

3. Memakai Asam Borat

Mengusir semut menggunakan bahan kimia memang terjamin ampuh. Anda dapat membeli bubuk Asam Borat dan taburkan di sudut pojokan lantai, bawah tembok, di dapur dan tempat lain yang memungkinkan akan menjadi sarang semut. Jika perlu, gunakan pompa pipet agar bubuk asam dengan mudah tertiup ke sudut yang sulit dijangkau sehingga lebih cepat masuk ke sarang semut.

4. Memakai Bedak Talc

Selain menggunakan bahan-bahan alami, Anda juga bisa memakai bedak talc sebagai cara membunuh semut yang mengganggu. Sebarkan bubuk talc di sekitar teras rumah dan tempat sarang semut berada seperti pintu dan jendela. Anda bisa menggunakan bedak sejenis dengan bubuk organik seperti krim tartar, bubuk boraks, bubuk belerang, dan minyak cengkeh untuk menjadi cara jitu membasmi semut.

5. Kapur Anti Serangga

Satu cara mengusir semut dengan menggunakan kapur anti serangga. Kapur ini terbuat dari kalsium karbonat beraroma kuat dan tidak disukai semut. Anda bisa mendapatkannya dengan membeli di swalayan atau toko terdekat. Pemakaiannya mudah, cukup gambar pola melingkar di area yang sering dihinggapi semut atau di depan lubang semut.

Nantinya semut dalam sarang enggan keluar dan terperangkap sehingga lebih cepat terbunuh. Sementara tempat yang telah digambar dengan kapur, akan dihindari semut. Simpan sisa kapur di tempat yang aman, jauhkan dari jangkauan anak kecil. Kandungan kalsium karbonat dapat membahayakan kesehatan jika tak sengaja termakan.

6. Bubuk Cabai

Semut tidak menyukai aroma pedas. Sehingga bubuk Cabai yang beraroma menyengat pedas dapat ampuh untuk dijadikan cara mengusir semut. Anda bisa meletakkan bubuk cabai di dalam wadah kecil dan tempatkan dekat dengan sarang semut atau tempat semut berkeliaran. Namun hati-hati ketika menggunakan bubuk ini, karena akan berbahaya jika terkena mata maupun benda di sekeliling.

Memiliki rumah yang bebas dari sarang semut tentunya akan membuat Anda dan keluarga nyaman. Jika cara diatas sudah Anda lakukan, namun semut tidak kapok mengganggu rumah anda. Coba menggunakan jasa FUMIDA, jasa pembasmi hama serangga seperti semut. Dengan layanan berkualitas yang sudah bersertifikasi dan mendapat dukungan dari Dinas Kesehatan.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123