Cara Membasmi Tinggi atau Tungau

Tinggi atau tungau, yang biasa juga disebut sebagai kutu kasur merupakan salah satu jenis hama yang banyak ditemukan di rumah terlebih tempat tidur. Karena bisa membuat badan gatal dan mengakibatkan kasur berbau apek, tentu keberadaan dari tinggi ini tidak dapat dibiarkan begitu saja. Berikut beberapa cara membasmi tinggi yang bisa anda coba lakukan.

Cara Membasmi Tungau

1. Jemur Kasur

Salah satu cara yang dikenal cukup ampuh dalam membasmi tinggi atau tungau, yaitu menjemur kasur di bawah sinar matahari. Sebab berdasarkan fakta yang didapat, kutu kasur ini tidak tahan dengan suhu panas yang tinggi seperti sinar matahari di siang hari. Mereka juga umumnya suka hidup di tempat yang lembab.

Oleh karena itu, rutin menjemur kasur di bawah sinar matahari bisa membuat tempat tidur anda tidak lembab dan terhindar dari kutu kasur. Namun jangan terlalu lama menjemur kasur, cukup sekitar satu jam saat matahari mulai panas. Jangan lupa juga untuk sekaligus menjemur bantal, guling, serta selimut yang anda gunakan.

2. Minyak Tanah dan Kapur Barus

Cara membasmi tinggi juga bisa memanfaatkan kedua bahan ini, yakni minyak tanah dan kapur barus. Bahan bahan tersebut dinilai cukup efektif, terlebih minyak tanah dan juga kapur barus bisa ditemukan dengan mudah di mana saja. Anda hanya perlu mencampurkan kedua bahan ini secukupnya ke dalam botol penyemprot.

Selanjutnya semprotkan larutan minyak tanah dan kapur barus ke semua sudut tempat tidur, yang menjadi sarang dari hama satu ini. Semprotkan mulai dari kaki kaki tempat tidur, di setiap sudutnya agar tidak ada jalan untuk tinggi naik ke kasur. Dengan begitu maka tempat tidur anda bisa terbebas dari serangan tungau.

Baca juga  Cara Mencegah Kutu Busuk di Mobil

3. Cuka

Bahan lainnya yang juga dapat anda semprotkan di sekitar tempat tidur untuk mengusir tinggi, yakni larutan cuka. Cuka memang dikenal sebagai salah satu bahan dapur yang multifungsi, anda pun bisa menemukan bahan satu ini dengan sangat mudah. Penggunaannya sendiri juga tidak kalah mudah, karena anda tidak perlu menambahkan bahan lain lagi.

Cukup siapkan cuka dan masukkan ke dalam botol penyemprot, sama seperti cara membasmi tinggi dengan campuran minyak tanah dan kapur barus. Anda bisa menyemprotkannya ke tempat kutu kasur bersarang, maka tidak hanya tinggi tersebut saja yang terbasmi. Namun telur telur tungau yang ada di dalam sarang tersebut pun juga akan cepat mati.

4. Air Panas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa tinggi merupakan hewan yang tidak tahan dengan suhu panas tinggi. Oleh karena itu apabila anda mendapati hama satu ini di kasur, maka anda bisa mencuci tempat tidur dengan menggunakan air panas. Campur air panas dengan sabun anti bakteri terlebih dahulu.

Lalu gunakan untuk membersihkan kasur, bantal, guling, serta selimut yang anda gunakan. Selanjutnya keringkan langsung di bawah sinar matahari hingga kering. Pastikan anda melakukan ini pada saat cuaca panas, agar keringnya tempat tidur bisa terjamin. Pasalnya kasur yang lembab bisa mengundang lebih banyak binatang dan bakteri.

5. Air Garam

Larutan air garam tidak hanya berguna mengatasi diare, namun juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir tungau. Cara membasmi tinggi satu ini bahkan dinilai sangat mudah, karena garam adalah bahan yang selalu ada di dapur setiap rumah tangga. Anda hanya perlu memasukkannya ke dalam botol semprot, dan semprotkan ke arah sarang dari kutu kasur tersebut.

Baca juga  Menerima Pembasmian Hama Pestcontrol Kecoa dll daerah Taman Sari Telp 021-29049130

Cara seperti di atas memang terlihat cukup mudah untuk dilakukan. Namun sayangnya, tinggi sendiri merupakan salah satu hama yang keberadaannya sulit diidentifikasi. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan jasa FUMIDA untuk hasil yang lebih meyakinkan. Jasa pembasmi hama satu ini akan membuat kasur anda bebas tungau, sehingga nyaman digunakan.

Leave Comment

1 + seventeen =

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123082211231123