Cara Mencegah Nyamuk Masuk Dalam Rumah

Selain menjadi gangguan karena suaranya, nyamuk adalah hama pembawa penyakit yang sangat berbahaya bagi anggota keluarga di rumah. Meski terlihat sepele, nyamuk merupakan penyebab penyakit mematikan seperti DBD atau Demam Berdarah. Untuk menghindarinya, anda bisa terapkan cara mencegah nyamuk masuk rumah berikut ini.

Cara Mencegah Dan Mengusir Nyamuk Yang Masuk Ke Rumah

1. Menghilangkan Genangan Air Di Sekitar Rumah

Air yang tergenang menjadi tempat kesukaan nyamuk untuk berkembang biak. Nyamuk sendiri memerlukan air untuk menyelesaikan siklus hidupnya. Nyamuk akan bertelur dan menetaskan telurnya ke dalam genangan air yang ditemukannya. Hanya dalam waktu sekitar 48 jam, telur akan menetas dan memulai tahapnya menjadi larva.

Genangan air yang terletak di sekitar rumah akan menjadi sarang berkembang biak nyamuk berbahaya. Maka dari itu, cobalah untuk menghilangkan benda apapun yang dapat menampung air. Mulai dari ember, kaleng bekas, ban bekas, kolam anak, piring atau mangkuk hewan peliharaan, dan lain lain.

2. Pastikan Air Kolam Terus Bergerak

Bagi anda yang memiliki kolam ikan maupun kolam renang dalam rumah, pastikan untuk membuatnya tetap bergerak. Entah itu menggunakan agitator air atau pembuat gelombang air sebagai cara mencegah nyamuk masuk rumah. Air yang tenang dapat menjadi tempat tinggal nyamuk untuk berkembang biak dan menyebarkan berbagai penyakit.

3. Memasang Layar Serangga Pada Lubang Rumah

Meski terdengar tidak sepenuhnya menghilangkan nyamuk, namun memasang layar serangga dapat mencegah dan meminimalisasi yamuk datang ke rumah. Penting bagi anda untuk menutup semua lubang dalam rumah seperti jendela atau ventilasi untuk menghindari nyamuk atau hama lain datang ke dalam rumah.

Pemasangan layar serangga pada ventilasi tak hanya dilakukan untuk mencegah nyamuk datang, melainkan untuk menjaga sirkulasi udara yang masuk ke rumah. Tak hanya nyamuk, pemasangan layar serangga juga dapat mencegah berbagai hama masuk, mulai dari lalat, cecak, rayap, laba laba, dan berbagai jenis serangga berbahaya lainnya.

4. Menanam Tumbuhan Yang Tidak Disukai Nyamuk

Cara untuk mengusir nyamuk yang satu ini sangat efektif diterapkan. Pasalnya, selain menambah keindahan kebun atau halaman rumah menanam beberapa jenis tumbuhan yang tidak disukai nyamuk juga menjadi cara mencegah nyamuk masuk rumah. Adapun jenis tanaman yang tidak disukai nyamuk mulai dari serai, lavender, rosemary, kemangi, dll.

5. Menjaga Suhu Ruangan Tetap Sejuk Dan Dingin

Perlu anda tahu, nyamuk adalah penerbang yang sangat lemah. Dengan menempatkan kipas angin atau pendingin udara dapat mengurangi nyamuk masuk ke dalam rumah. Nyamuk juga merupakan hama berdarah dingin yang artinya mereka akan lebih aktif dalam suhu hangat. Jadi, suhu ruangan yang sejuk dan dingin akan menyulitkan nyamuk beraktivitas.

6. Potong Serta Bersihkan Tanaman Liar Di Pekarangan Rumah

Pekarangan yang ditumbuhi rumput hijau memang enak dilihat. Namun tahukah anda bahwa rumput yang lebat menjadi sarang nyamuk berkembang biak. Ketika hujan datang, tidak semua air akan terserap dalam tanah, rerumputan liarlah yang menyimpan genangan air yang menjadi tempat kesukaan nyamuk. Untuk itu, potong rumput liar sebagai cara mencegah nyamuk masuk rumah.

Indonesia sebagai salah satu negara tropis memiliki risiko tinggi terhadap penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk. kendati demikian, anda dapat menerapkan beberapa cara dalam ulasan tersebut untuk mengurangi nyamuk yang masuk ke dalam rumah. Anda juga dapat menggunakan jasa FUMIDA untuk membasmi populasi nyamuk dalam rumah.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123