fbpx
Gambar 3 - Cara membasmi nyamuk dengan cepat

Cara pencegahan perkembangbiakan nyamuk bisa efektif dilakukan secara mandiri bila mau disiplin. Langkahnya mudah jadi tak ada alasan untuk tidak mencobanya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai tips mudah memelihara lingkungan rumah supaya terhindar dari perkembangbiakan nyamuk. Hal ini secara tidak langsung menjadi usaha untuk menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga dan lingkungan di sekitar Anda.

Betapa tidak, nyamuk merupakan serangga yang cukup berbahaya karena bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Untuk nyamuk jenis biasa mungkin hanya akan menimbulkan rasa gatal setelah mengisap darah. Tapi bagaimana bila jenis yang mengisap darah itu adalah aedes aegypti. Tentu efeknya bisa ke demam berdarah.

Maka dari itu, pencegahan perlu dilakukan secara mandiri dengan kesadaran masing-masing agar lingkungan aman dari penyakit ini. Bagaimanapun, hewan ini bisa terbang ke mana saja dan bila sudah berkembang biak di satu tempat, mereka bisa mencari mangsa di mana-mana.

Lantas, apa saja usaha yang bisa dilakukan untuk pencegahan? Berikut ulasannya.

7 Cara pencegahan perkembangbiakan nyamuk yang bisa dilakukan sendiri di rumah

Hal-hal di bawah ini sifatnya sederhana, tapi bila dilakukan dengan disiplin akan membuat Anda terbebas dari sarang nyamuk. Simak.

 Cara pencegahan perkembangbiakan nyamuk yang bisa dilakukan sendiri di rumah

Menghilangkan dan meminimalisir genangan air

Nyamuk melakukan semua daur hidupnya di dalam air. Mereka bertelur dan larvanya berkembang di sana. Oleh karena itu, hilangkan dan minimalkan jumlah genangan air bila ingin menghentikan perkembangbiakan mereka.

Genangan tidak melulu berada di depan rumah seperti membiarkan kaleng kosong atau benda bekas lainnya. Tetapi juga yang berada di dalam rumah. Misalnya saluran air yang bocor, bak kamar mandi, wastafel yang mampet, dan yang lainnya.

Baca juga  Perangkap Nyamuk Alami: Dengan dan Tanpa Ragi

Sebisa mungkin, bila genangan tersebut bisa dihilangkan segera dihilangkan. Namun, bila memang tidak bisa, contohnya bak mandi yang memang harus selalu ada airnya. Maka solusinya adalah ditutup atau rajin membersihkannya.

Jadi, meskipun nyamuk sempat bertelur, mereka akan hilang setelah dibersihkan secara berulang.

Menanam dan merawat tanaman yang tidak disukai nyamuk

Anda juga bisa menanam dan merawat tanaman pengusir nyamuk, yakni tumbuhan yang memang secara alami dibenci oleh hewan terbang ini.

Menanam dan merawat tanaman yang tidak disukai nyamuk

Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan:

  1. Serai
  2. Rosemary
  3. Geranium
  4. Lavender

Tanaman-tanaman ini memiliki bau yang cukup menyengat dan bisa mengusir mereka. Selain itu, hadirnya tanaman di dalam rumah juga akan menyegarkan suasana dan mempercantik rumah Anda.

Membersihkan dedaunan kering yang ada di sekitar rumah

Dedaunan kering bisa menjadi masalah serius bila dibiarkan. Sebab ada kalanya pada saat hujan, dedaunan kering ini akan menghambat aliran air di atap atau membusuk di tanah.

Kedua kondisi ini bisa memicu munculnya nyamuk untuk datang dan bertelur di sana. Maka dari itu, membersihkan dedaunan kering di sekitar rumah, termasuk aliran air yang ada di atap menjadi salah satu cara pencegahan perkembangbiakan nyamuk yang wajib dilakukan.

Menjaga kebersihan rumah dan membuang sampah secara rutin

Sampah rumah tangga selalu ada setiap hari dan jenisnya beragam. Ada yang basah ada pula yang kering. Nah, sebaiknya pisahkan dua jenis sampah ini.

Selain itu, buanglah sampah secara rutin. Jangan biarkan menumpuk terlalu lama karena baunya mungkin akan mengundang mereka datang ke rumah dan mencari genangan air untuk berkembang biak.

Sementara itu, kebersihan rumah juga harus dijaga dengan saksama. Menyapu setiap hari adalah kewajiban. Jangan lupa pel lantai menggunakan pewangi sehingga bisa membuat rumah segar sepanjang hari.

Sirkulasi udara yang bagus cegah rumah lembap

Selanjutnya, kondisikan rumah agar selalu mendapatkan udara segar setiap hari. Buka pintu, jendela, dan buatlah ventilasi agar sirkulasi udara bisa bagus. Ini akan menjaga kesegaran rumah dan membuat suasananya tidak disukai oleh nyamuk. Mereka pun enggan untuk berkunjung.

Jangan biarkan pakaian menumpuk atau tergantung terlalu lama

Setelah mencuci pakaian, usahakan untuk segera disetrika atau dilipat dan dimasukkan di dalam lemari. Jangan biarkan terlalu lama menggantung di jemuran atau menumpuk di dalam rumah.

Baca juga  Melayani Pembasmian Hama Pestcontrol Serangga dll daerah Karangharja Hub 021-29049130

Pakaian-pakaian ini bisa menjadi tempat yang empuk untuk mereka hinggap dan bersembunyi. Ini adalah salah satu cara mencegah sarang nyamuk.

Pakai alat perangkap untuk nyamuk agar tidak berkembang biak

Sama halnya dengan produk sarang lebah, kini obat anti nyamuk dan perangkapnya juga dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Namun bila Anda ingin membuatnya sendiri, maka ada cara yang mudah dan bisa diterapkan dengan cepat.

Cukup siapkan ragi instan yang biasanya dipakai untuk membuat kue, gula, dan air. Siapkan juga botol aqua bekas, lakban, dan kresek hitam.

Pertama, potong botol menjadi dua bagian dengan bagian bawah lebih panjang. Pada bagian bawahnya, beri campuran ragi, air, dan gula. Sementara bagian atasnya digunakan untuk menutup tapi dalam posisi terbalik.

Lem dua bagian botol tersebut menggunakan lakban agar tidak mudah bergerak dan lebih kokoh. Gunakan kresek hitam untuk membungkus bagian terluar botol. Kemudian letakkan alat perangkap ini di salah satu sudut rumah Anda.

Serangga terbang tersebut akan datang untuk meletakkan telur di dalamnya. Namun, larva-larvanya akan mati dan tidak dapat berkembang biak.

Cara membasmi nyamuk dengan cepat

Langkah di atas dilakukan untuk pencegahan. Bilamana Anda memerlukan bantuan karena nyamuk sudah terlanjur bersarang dalam jumlah banyak, maka solusinya adalah memanggil jasa pembasmi nyamuk.

Cara membasmi nyamuk dengan cepat

Tim Fumida akan segera datang membantu bilamana ada masalah soal hama sebab kami adalah pest control terbaik dan berpengalaman.

Silakan hubungi kami di nomor 021-29049130 atau 0822-1123-1123. Tim akan segera bergegas dan melakukan tindakan cara pencegahan perkembangbiakan nyamuk sekaligus pembasmiannya.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123