Tips Menghindari Buku Dimakan Rayap

Rayap adalah salah satu musuh terbesar bagi buku. Dimana buku sendiri terbuat dari kertas dengan berbahan dasar dari kayu. Maka dari itu, buku menjadi barang yang cukup rawan menjadi sasaran hama rayap yang tentunya sangat mengganggu. Jika anda tidak menginginkan hal ini terjadi pada buku kesayangan anda, simak tips hindari rayap berikut ini.

Tips Tepat Agar Rayap Tidak Merusak Buku

1.Simpan Pada Tempat Tepat

Cara pertama yang bisa anda lakukan yaitu dengan menempatkannya pada rak buku untuk menyimpan beberapa buku koleksi milik anda. Rak buku saat ini juga sudah memiliki beragam bentuk dan jenisnya yang beragam serta unik dan bisa juga dijadikan sebagai pajangan atau dekorasi rumah.

Anda bisa memilih rak buku ini berdasarkan kebutuhan anda. Mulai dari rak buku kayu yang bisa ditempel di dinding kamar, dan rak buku dengan model susun yang bisa dijadikan pajangan pada ruang baca anda. Model bagaimanapun rak buku yang dipilih, pastikan untuk disesuaikan dengan kebutuhan anda.

2. Hindari Menaruh Pada Tempat Lembab

Tips hindari rayap yang menggerogoti buku selanjutnya yaitu jangan menaruh tumpukan buku pada tempat yang lembab. Meskipun anda sudah menggunakan rak yang bagus dan memiliki fungsi untuk penataan buku, namun hal ini menjadi kurang tepat apabila menaruh rak tersebut pada tempat tempat yang cenderung lembab.

Hal ini dikarenakan tempat lembab bisa memiliki potensi tinggi buku mudah berjamur. Jika buku sudah berjamur, akhirnya rayap pun bisa dengan mudah menghinggapi buku buku koleksi anda dan memakannya hingga berlubang. Tidak ingin hal ini terjadi bukan? Oleh karena itu hindarilah penempatan buku pada lokasi yang lembab.

3. Menggunakan Kapur Barus

Kapur barus memang identik sebagai cara untuk mencegah keberadaan hama seperti rayap yang sering menyerang beberapa furnitur di rumah termasuk buku. Tips hindari rayap dengan menggunakan kapur barus pun bukan ide yang buruk. Pasalnya kapur barus digunakan juga sebagai cara untuk menjaga kelembapan rak ataupun lemari buku milik anda.

Anda bisa meletakkan kapur barus pada bagian bawah sehingga tidak mengganggu posisi buku yang sudah anda susun dengan rapi. Cara penggunaan kapur barus ini memang sudah dianggap cara yang paling efektif untuk menyingkirkan rayap yang keberadaannya cukup mengganggu apabila di dalam rumah.

4. Simpan Dalam Posisi Berdiri

Buku bacaan paling baik jika disimpan dengan susunan buku berdiri. Lakukan tips ini tentu bisa membuat udara agar mudah masuk ke dalam sela sela buku. Namun jika anda menumpuk buku tentu akan membuat buku menjadi lebih cepat mengalami kondisi lembab dan mudah dihinggapi banyak rayap.

Apabila anda membiarkannya secara terus menerus dan dalam waktu lama, tidak menutup kemungkinan juga untuk lembaran isi buku bisa saling menempel. Selain itu huruf yang terdapat pada kertas kertas buku juga menjadi lebih cepat pudar dan mengakibatkan tulisan menjadi susah dibaca.

5. Rutin Membersihkan Buku

Cara selanjutnya yaitu dengan membersihkan rak buku milik anda secara rutin. Tentu cara ini adalah ritual yang tidak boleh sampai terlupakan apabila anda menginginkan koleksi buku tetap memiliki kondisi yang bagus dan masih layak dibaca. Lakukan kegiatan rutin ini misalnya satu bulan sekali.

Tips hindari rayap ini bisa anda lakukan dengan cara membersihkan rak beserta buku dengan menggunakan lap ataupun kemoceng. Apabila kondisi buku dan rak sudah terlalu kotor, anda bisa menggunakan lap yang telah dibasahi dengan air lalu diperas. Lap bagian buku ataupun rak buku secara perlahan agar kotoran bisa hilang tanpa merusak buku.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menghindari buku berlubang yang disebabkan oleh rayap. Jika dirasa perlu, anda bisa menggunakan jasa FUMIDA sebagai layanan pembasmi hama yang bisa membantu anda untuk menyelesaikan permasalahan terkait hama yang mengganggu.

 

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123