fbpx
Gambar Cara membasmi semut pada tanaman cabe rawit efektif dan cepat

Kebun cabe Anda diserang semut? Segera lakukan cara membasmi semut pada tanaman cabe rawit yang mudah. Baik secara alami maupun pakai pestisida.

Sebelum Anda berpikir untuk menggunakan bahan kimia dalam menangani masalah hama, cari alternatif alaminya dulu. Hal ini dilakukan agar panen yang dihasilkan jauh lebih sehat dan tanah perkebunan juga tak tercemar.

Namun, bila hama tersebut tidak bisa dihilangkan secara alami, silakan melirik cara yang lebih cepat melalui penggunaan bahan kimia.

9 Cara membasmi semut pada tanaman secara alami

Kehadiran semut bisa mengakibatkan daun menggelinting, pohonnya penuh dengan telur, dll. Maka dari itu, Anda bisa melakukan tindakan pengusiran sekaligus pembasmian secara alami. Di antaranya adalah:

Mentimun

Hama yang suka menggigit dan menciptakan rasa gatal ini ternyata tidak suka dengan mentimun. Coba siapkan mentimun, iris-iris, kemudian letakkan di sekitar jalur jalan mereka.

Boraks

Boraks sering dimanfaatkan oleh oknum untuk dimasukkan dalam bahan makanan. Kalau demikian, boraks memang membahayakan.

Tapi bahan campuran garam dengan konsentrasi tinggi ini tidak membahayakan dan sangat bermanfaat pada pemakaian luar, contohnya menjadi pengusir semut pada tanaman.

Caranya mudah, cukup campurkan boraks dengan gula pasir. Selanjutnya taburkan campuran tersebut pada tanaman yang diserang.

Kalau serangannya luas, coba campurkan boraks, air, dan gula. Aplikasikan dengan cara menyemprot agar proses pembasmian lebih cepat.

Cuka

Siapkan cuka, semprotkan langsung ke tanaman cabai yang diserang oleh hama.

Baca juga  Info Pembasmian Hama Pestcontrol Semut dll daerah Sumur Batu Telp 021-29049130

Air sabun

Buatlah campuran air dengan sabun, larutkan sampai mendapatkan konsentrasi yang pas untuk disemprotkan. Jika sudah siap, semprotkan ke tanaman cabai.

Garam dapur

Garam memiliki fungsi yang sangat banyak dalam pengusiran hama. Biasanya, saat mencuci sayuran ketika hendak dimasak, sayuran harus direndam dulu dengan air garam. Tujuannya supaya ulat yang ada di dalamnya bisa keluar atau bahkan mati.

Nah, bahan ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan semut dengan cara yang hampir sama. Yakni menaburkan garam langsung ke hama atau menyemprotkan air larutannya.

Bubuk kopi

Meski belum ada penelitian yang mendasari kenapa semut takut pada bubuk kopi, tapi fakta menunjukkan bahwa hama ini memang menghindar saat ada bubuk kopi. Maka dari itu, coba taburkan bubuk kopi di lokasi yang ada semutnya.

Jus lemon

Semprotkan jus lemon ke area yang diserang dan lihat hasilnya jika ingin melakukan tes dulu.

Bubuk lada

Tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai pelezat masakan, bubuk lada ternyata bisa digunakan untuk mengusir hama perusak tanaman.

Coba taburkan lada bubuk ke kerumunan semut untuk melakukan tes. Anda juga bisa melarutkan bubuk lada dan menyemprotkannya langsung.

Tanah diatom

Dari sekian banyak pilihan bahan, inilah yang cukup mahal harganya. Tapi sangat layak untuk dicoba karena efektif dalam pembasmian. Anda bisa membeli bahan ini di pet shop.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan ditaburkan langsung ke tanaman yang diserang oleh hama.

Pestisida pembasmi semut pada tanaman

Jika bahan alami di atas tidak cukup mampu mengusir dan membasmi semut di perkebunan, Anda bisa menggunakan pestisida atau insektisida.

Obat pembasmi hama yang Anda pilih harus mengandung permethin karena bahan aktif ini bisa melemahkan sistem otak hama dan membuatnya mati dengan cepat.

Baca juga  Info Pembasmian Hama Pestcontrol Kecoa dll daerah Buni Ayu Telp 021-29049130

Cara membasmi semut pada tanaman cabe rawit efektif dan cepat

Cara membasmi semut pada tanaman cabe rawit efektif dan cepat

Pemakaian insektisida yang mengandung permethin harus dilakukan secara aman. Jika tidak, maka bisa menimbulkan masalah baru karena bisa membahayakan manusia.

Untuk itu, sebaiknya penggunaan obat ini dipercayakan pada profesional. Apalagi jika semut menyerang ke daerah pemukiman. Solusinya, Anda bisa menghubungi jasa pembasmi semut.

Fumida adalah jasa pembasmi hama yang sudah berpengalaman. Tim kami berlisensi sehingga memakai alat, metode, dan bahan aktif terbaik yang tidak mencemari lingkungan. Penanganan yang kami lakukan bisa membersihkan rumah, bangunan, kantor, dan pabrik dari hama.

Anda bisa hubungi kami di 0822.1177.1166 dan 021.2904.9130 untuk konsultasi dan respons yang cepat!

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

[recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123