Masalah kusen rumah yang digerogoti rayap sebenarnya bukanlah hal yang baru. Meski begitu, masalah rayap ini memang cukup sulit diatasi. Ini karena rayap biasanya tidak disadari kedatangannya. Biasanya penghuni rumah baru menyadari serangan rayap ketika ada berbagai perabotan atau fondasi rumah yang rusak. Kusen adalah salah satu sasaran ideal bagi rayap untuk bersarang karena rayap menyukai material kayu. Selain itu, kusen biasanya dipasang menempel pada tembok sehingga semakin memudahkan akses rayap.

Mencegah kusen rumah agar tidak diserang rayap

Jenis kusen yang paling sering dimakan rayap ialah kusen yang terbuat dari material kayu yang kurang berkualitas. Selain itu, kusen tidak diberikan perlakuan khusus sebelum dipasang seperti diaplikasikan lapisan anti rayap. Sehingga lebih rentan pada serangan rayap.

Membasmi rayap jika sudah terlanjur memakan kusen

Ada berbagai upaya yang bisa digunakan untuk membasmi rayap yang menyerang rumah anda. Anda bisa mengupayakan sendiri dengan membuat obat anti rayap. Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah untuk didapatkan seperti larutan garam, minyak tanah, oli bekas, ataupun daun sirih. Anda bisa menggunakan salah satunya untuk kemudian diaplikasikan pada kusen yang dicurigai terserang rayap. Namun prosesnya harus dilakuakn sampai beberapa kali hingga yakin benar rayap sudah terbasmi dengan tuntas.

Selanjutnya membasmi rayap juga bisa dengan menggunakan produk pembasmi rayap yang dijual dipasaran. Ada produk yang berbentuk cairan, tablet, hingga bubuk. Untuk produk dalam benuk cair biasanya harus dilarutkan terlebih dahulu dengan air baru kemudian disemprotkan, dioleskan, direndamkan, ataupun disiramkan pada kusen yang terserang rayap.

Sedangkan untuk produk pembasmi rayap dalam bentuk tablet biasanya digunakan dengan cara dibakar agar menimbulkan asap. Selanjutnya, kandungan asap yang mengandung racun anti rayap akan membasmi rayap.

Lalu ada produk pembasmi rayap dalam bentuk bubuk. Biasanya produk ini terbuat dari bubuk seperti bubuk kayu namun dengan campuran obat pembasmi rayap. Obat ini diletakkan kedalam area kusen yang terserang rayap. Nantinya rayap akan menganggap bubuk tersebut sebagai makanan dan setelah dimakan maka rayap akan mati.

Tindakan perawatan untuk mencegah rayap datang kembali

Jika sudah dibasmi dengan tuntas, maka lakukan perawatan lanjutan baik terhadap kusen maupun bagian lainnya dirumah anda agar rayap tidak kembali menyerang. Beberapa tindakan perawatan yang bisa dilakukan ialah:

  • Selalu menjaga kebersihan rumah
  • Menjaga sirkulasi udara agar lancar keluar masuk
  • Menutup genangan baik didalam maupun diluar rumah
  • Menjemur perabotan atau furnitur dari bahan kayu secara berkala
  • Beri jarak furnitur atau perabotan kayu agar tidak begitu menempel ke dinding
  • Hindari kondisi lembab didalam rumah dengan misalnya memperbaiki pipa yang bocor

Basmi rayap pada kusen rumah dengan cara yang lebih efektif

Rayap bisa coba diatasi sendiri terlebih jika jumlahnya masih sedikit. Namun jika rayap tetap kembali dan merusak rumah anda, sebaiknya percayakan pada ahli yang bekerja secara profesional dalam membasmi rayap. Direkomendasikan untuk menggunakan jasa pembasmi rayap dari PT. FUMIDA Pestindo Jaya yang mampu membantu anda membasmi rayap dengan tuntas.

Kelebihan FUMIDA yaitu petugas profesional yang memiliki kinerja maksimal dalam membasmi rayap. Alat dan bahan yang digunakan modern dan ampuh untuk membasmi rayap pada kusen maupun area lainnya. Selain itu, FUMIDA juga memberikan garansi serta layanan perawatan lanjutan pasca pembasmian. Sehingga rayap tidak akan kembali. Kunjungi www.fumida.co.id untuk info lebih lanjut. Konsultasi kan permasalahan rayap di rumah anda melalui customer service Fumida di 0822-1123-1123 dan 021-29049130.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123