Rayap merupakan salah satu hama penggangu yang sulit untuk dibasmi. Terlebih jika sudah terlanjut bersarang di suatu lokasi baik didalam rumah, maupun perabotan anda. Membasmi rayap di tanah bisa dilakukan dengan cara alami maupun menggunakan bahan kimia. Anda bisa mencoba membasmi rayap sendiri ataupun menggunakan bantuan profesional.

Temukan lokasi rayap tanah

Untuk membasmi rayap ditanah sebaiknya dilakukan beberapa persiapan. Misalnya dengan melakukan identifikasi untuk mengetahui lokasi sarang rayap tanah. Biasanya rayap tanah bisa dilacak sarangnya dengan memperhatikan tanah yang dicurigai menjadi akses rayap. Biasanya akan terlihat bagian tanah seperti terowongan. Anda bisa mengikuti jejak terowongan tersebut untuk mencari tahu lokasi sarang rayap tanah.

Selain mengidentifikasi lokasi sarang rayap di tanah, penting pula untuk mencari lokasi ratu rayap. Ini lebih sulit dilakukan karena harus menggali tanah hingga beberapa meter. Lokasi ratu rayap bisa dicari dengan mengikuti jejak. Biasanya lokasi ratu rayap bisa diindakiasikan dari adanya gundukan tanah kecil. Disanalah anda bisa mulai menggali. Gunakan peralatan dan perlengkapan yang aman seperti sarung tangan, masker, dan baju tertutup selama mencari ratu rayap.

Lakukan penyemprotan

Setelah lokasi teridentifikasi, maka bisa dilakukan penyemprotan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Misalnya dengan menggunakan air garam, air cucian beras, ataupun air sabun. Bahan-bahan alami tersebut bisa diperoleh dengan mudah dan bisa anda buat sendiri dirumah. Lakukan penyemprotan ini secara rutin hingga sarang rayap dibasmi.

Pengumpanan

Metode lain yang bisa digunakan untuk membasmi rayap ialah dnegan melakukan pengumpanan terlebih dahulu. Umpan diletakkan didalam tanah dimana lokasi sarang rayap dicurigai. Selain diletakkan umpan, alat khusus juga digunakan sehingga saat rayap terpancing untuk mendatangi umpan, maka akan terjerat kedalam alat tersebut. Metode ini harus dilakukan dibeberapa lokasi untuk membasmi rayap secara menyeluruh.

Jebakan kardus

Cara ini cukup simpel dan mudah diaplikasikan sendiri. Yaitu dengan cara menggunakan kardus yang sebelumnya dibasahi terlebih dahulu. Kardus basah diletakkan dipermukaan tanah untuk memancing rayap agar keluar dari tanah. Rayap menyukai kondisi lembab sehingga akan tertarik dengan kardus basah. Setelah rayap terkumpul di kardus, maka bisa langsung disiram bahan bakar minyak agar rayap mati.

Amankan kayu-kayu yang bergeletakan disekitar rumah

Jika ada kayu basah maupun kering tergeletak dihalaman rumah, sebaiknya segera diamankan karena bisa memancing rayap tanah untuk bersarang. Rayap tanah juga bisa membuka akses jalan untuk membuat sarang kedalam rumah darisini.

Hilangkan genangan air

Genangan air juga memancing timbulnya rayap untuk bersarang ditanah dan berkembang biak. Jadi, tutup genangan air disekitar rumah dengan tanah agar kondisi tanah tidak begitu lembab dan tidak mudah diserang rayap.

Hubungi pembasmi hama profesional

Rayap yang sudah bersarang lama biasanya berkembang biak didalam tanah dan lebih sulit untuk dibasmi. Menggunakan metode simpel dan bahan alami saja biasanya tidak cukup. Dibutuhkan cara yang lebih efektif untuk menghilangkan rayap membandel. Maka, bisa dipertimbangkan untuk menghubungi pembasmi hama profesional seperti PT. FUMIDA Pestindo Jaya. Selain digunakan metode yang tepat, bahan dan alat yang sesuai juga diandalkan untuk membasmi rayap di tanah secara tuntas dan menyeluruh. Selain itu, FUMIDA memiliki petugas yang sudah berpengalaman dalam mengatasi berbagai masalah hama termasuk rayap ditanah. Kunjungi FUMIDA di www.fumida.co.id untuk mengetahui layanan, harga, dan informasi lainnya yang anda butuhkan. Customer service kami siap membantu anda untuk konsultasi terlebih dahulu terkait permasalahan rayap, hubungi Fumida di 0822-1123-1123 atau 021-29049130.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123