Rayap dianggap mengganggu karena merusak barang-barang disekitarnya. Seperti misalnya furnitur dengan material kayu. Rayap yang ebrsarang akan merusak material kayu dan jika tidak dibasmi maka akan ada banyak furnitur dirumah anda yang rusak. Rayap tanah bisa bersarang karena berbagai alasan. Jika rayap hanya bersarang disekitar tempat tinggal mungkin tidak begitu mengganggu. Namun jika sudah masuk kedalam rumah maka lain cerita.

Jika rumah anda diserang kawanan rayap tanah, maka ada beberapa cara alami yang bisa anda gunakan untuk membasminya, seperti:

Memperbaiki ventilasi. Rumah dengan ventilasi yang buruk biasanya menjadi tempat favorit yang dijadikan rayap untuk berkembang biak. Ruangan dengan kondisi lembab dan minim cahaya matahari biasanya menjadi lokasi ideal untuk rayap bersarang. Maka, buatlah ventilasi yang memadai.

Jemur perabotan yang diserang rayap. Jika ventilasi sudah diperbaiki dan rayap masih ada didalam perabotan atau furnitur maka mungkin suhu didalam perabotan masih terlalu lembab. Maka menjemurnya selama 3-4 jam bisa menjadi cara yang tepat untuk menghilangkan rayap.

Genangan air ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab rayap berkembang biak. Maka pastikan tidak ada genangan air disekitar rumah. Seperti misalnya dihalaman atau belakang rumah. Musim penghujan biasanya menjadi waktu yang ideal untuk rayap berkembang biak karena suhu dan kelembapan yang sesuai. Bersihkan genangan dan penampungan air disekitar dan didalam rumah sekalipun.

Minimalisir kontak dari dinding kayu ke tanah. Biasanya rumah yang terbuat dari material kayu lebih sering diserang rayap. Maka, pastikan untuk memberi jarak antara material kayu dengan tanah. Terlebih jika material kayu yang digunakan bukanlah kualitas baik. Biasanya lebih beresiko terjadi pengumpulan uap air didalam dan menjadi sasaran lokasi ideal bagi rayap. Dengan memberi jarak, maka jalan rayap tanah menuju rumah bisa diblokir.

Baca juga  Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Jasa Anti Rayap

Tutup retakan yang ada ditembok. Terkadang kondisi rumah tidak terperhatikan dengan baik. Jika terlihat ada retakan, maka sebaiknya periksa dan segera tutup. Retakan tersebut bisa dijadikan rayap sebagai jalan keluar masuk. Semen putih bisa digunakan sebagai material untuk menutup retakan ditembok. Dengan begitu, akses rayap bisa ditutup.

Kadar kelembapan yang tinggi menjadi kondisi ideal bagi rayap tanah untuk masuk rumah. Salah satu yang berkontribusi terhadap kelembapan ruangan ialah keramik rusak atau pipa bocor. Keramik rusak biasanya membuat uap air lebih mudah masuk dan meningkatkan kelembapan ruangan. Begitupun dengan pipa yang bocor. Maka segera lakukan perbaikan jika terdapat keramik yang rusak atau pipa yang bocor.

 

Anda juga membasmi rayap tanah dengan menggunakan bahan alami seperti air cucian beras yang disemprotkan ke sarang rayap. Bahan lain yang bisa digunakan untuk mengusir rayap tanah ialah daun kemangi, dan daun salam. Anda bisa meletakkan beberapa helai daun diperabotan misalnya didalam lemari pakaian. Sehingga rayap tidak akan betah bersarang didalamnya. Bahan-bahan alami ini juga aman jika digunakan pada lemari pakaian bayi.

Meski bisa dibasmi dengan cara dan bahan lami, rayap yang sudah terlanjur berkembang biak biasanya lebih sulit untuk dihilangkan. Maka sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakan jasa pembasmi profesional seperti PT. FUMIDA Pestindo Jaya yang menggunakan metode efektif dan alat modern untuk membasmi rayap tanah secara tuntas. Petugas profesional dan berpengalaman siap membantu anda mengatasi masalah seputar hama termasuk rayap tanah yang membandel. Untuk informasi mengenai layanan, harga, dan lainnya bisa dicek di www.fumida.co.id. Fumida didukung oleh tim yang berpengalaman dalam membasmi rayap, jadi segera hubungi customer service kami di 0822-1123-1123 atau 021-29049130 untuk pemesanan dan konsultasi.

Leave Comment

7 + 9 =

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123082211231123