fbpx
Gambar 1 - Monomorium pharaonis atau semut firaun

Ada sekitar 15.000 jenis semut yang tersebar di seluruh dunia. Koloninya ada yang dibuat oleh satu ratu, ada pula yang lebih dari itu.

Dari 15.000 spesies dan sub spesies yang ada di dunia tersebut, sebanyak 3.700 di antaranya berada di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Namun, tak semuanya sering kita jumpai.

Faktanya, kita hanya bisa menjumpai beberapa spesies saja. Di antaranya semut hitam rumah, semut gila, semut trotoar, semut tukang kayu, semut hantu, semut api, semut bau, dan semut firaun.

Dari beberapa jenis hewan pemakan gula ini, ada yang sukanya hanya mengganggu rumah, ada juga yang bisa menyebabkan masalah pada kesehatan karena mengandung bakteri Salmonella. Maka dari itu, pembasmian harus dilakukan dengan cepat saat mereka ditemukan di rumah Anda.

Agar lebih jelas mengenai masing-masing spesies di atas, mari kita bahas dalam artikel ini.

Monomorium pharaonis atau semut firaun

Monomorium pharaonis atau semut firaun

Hewan ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Tubuh betina sepanjang 3 meter dengan warna hitam dan ada sayapnya.
  2. Tubuh pekerjanya sepanjang 1,5 mm sampai 2 mm. Warnanya secara umum kuning kecoklatan. Hanya pada bagian perutnya saja cokelat.
  3. Ratu semut memiliki panjang tubuh 3,5 mm sampai 6 mm. Warnanya merah tua dengan sayap.

Hewan ini memiliki mata hitam ada 2 ruas kecil di bagian pedisel. Mereka senang berkerumun. Kalau di dalam rumah, sukanya mengincar makanan yang mengandung protein seperti daging, serangga mati, dan yang lainnya.

Sarangnya dibuat di bagian dalam rongga bangunan sehingga cukup sulit terjangkau. Tapi mereka juga suka tempat lembap sehingga sering ditemukan di rumah sakit.

Tetramorium caespitum atau semut trotoar

Ciri dari Tetramorium caspitum adalah warnanya yang coklat gelap bahkan cenderung kehitaman. Panjang tubuhnya sekitar 3,175 mm.

Hewan ini memakan yang dikonsumsi oleh manusia dan hewan peliharaan. Biasanya mereka memasuki rumah pada saat malam hari dengan melewati kabel dan pipa. Sarangnya ditemukan di sekitar kayu, papan, batu, dan dekat dengan sumber air.

Solenopsis spp atau semut api

Panjang ratunya mencapai 15 mm. Sementara kaum pekerjanya berada di kisaran 3 mm  sampai 12 mm. Warnanya coklat tembaga. Sementara pada bagian perut terlihat lebih gelap dari yang lain.

Selain makanan manis dan berprotein, mereka juga mengonsumsi hewan mati. Biasanya cacing tanah, serangga, dan hewan bertulang belakang (vertebrata).

Mereka membuat gundukan tanah sebagai sebuah sarang. Gundukan ini diletakkan di dekat tumpukan kayu. Tinggi gundukannya bisa mencapai 40 cm.

Bila dalam kondisi terancam mereka bisa menggigit manusia dan meninggalkan rasa sakit. Tidak hanya itu, bentol akibat gigitannya juga baru bisa hilang setelah 48 jam.

Jenis semut ini biasa ditemukan di wilayah perkotaan, pertanian, dan pemukiman warga. Mereka menyerang baik di dalam maupun di luar rumah.

Nah, Anda bisa mengusirya sendiri dengan racun semut atau bisa memanggil kami segera untuk memberikan layanan pembasmian semut.

Ochetellus atau semut hitam rumah

Hewan ini unik karena tubuhnya berwarna hitam dan mengilat. Panjangnya sekitar 2,5 mm sampai 3 mm.

Ochetellus ini memiliki kebiasaan menyerang rumah, memburu makanan di dapur, memakan kotoran binatang, dan berkerumun untuk mencari makan di sampah.

Yang paling membahayakan, spesies hewan ini berpotensi menyebarkan bakteri Salmonella.

Tapinoma melanocephalum atau semut hantu

Spesies berikutnya memiliki ciri-ciri yang unik. Sebab tubuh hewan ini terdiri dari warna gelap terang secara bersamaan. Warna gelap kehitaman ditunjukkan pada bagian atas tubuh (kepala dan toraks). Sementara warna terangnya (putih pucat cenderung bening) terlihat pada bagian bawah tubuhnya.

Tapinoma melanocephalum atau semut hantu

Ukurannya kecil sekitar 1,5 mm dengan makanan kesukaan berupa zat manis, minyak, dan serangga yang menghasilkan zat manis.

Sarangnya terletak di sekitar celah dinding pada saat di dalam ruangan. Namun bila di luar ruangan, mereka membentuk sarang di sekitar tanah, pot bunga, di bawah kulit pohon, dan lain-lain.

Tapinoma sessile atau semut bau

Warna hewan ini coklat, ada yang agak kehitaman. Ukurannya cukup mini, yakni 1,5 mm sampai 3 mm saja.

Sesuai dengan namanya, mereka bisa mengeluarkan bau khususnya bila diremas. Bau ini identik dengan bau kelapa. Mereka sangat suka dengan mayoritas makanan yang ada di rumah. Khususnya makanan manis seperti permen, buah, roti, dan yang lainnya.

Hewan ini juga ditemukan suka dengan beberapa makanan hewan peliharaan.

Lokasinya berada di daerah yang lembap dan di luar rumah. Mereka masuk ke dalam rumah hanya untuk mencari makan.

Camponotus pennsylvanicus atau semut tukang kayu

Semut pekerja memiliki panjang sekitar 6 mm. Sementara ratunya bisa sepanjang 12 mm. Warnanya mayoritas hitam. Tapi beberapa ada yang kemerahan.

Serangga ini biasanya berburu makanan di malam hari, namun tidak mustahil saat siang juga mencari makanan dan masuk ke dalam rumah. Yang mereka makan biasanya adalah cairan manis, minyak, lemak, dan daging.

Sesuai dengan namanya, hewan ini tinggal di kayu. Misalnya kayu lembap, bagian dari pohon, dan lain-lain. Yang perlu Anda tahu, meski mereka tinggal di dalam kayu bukan berarti Anda bisa menggunakan bahan seperti umpan rayap untuk membasminya.

Semut gila

Hewan ini memiliki warna hitam dengan ciri khas kaki panjang. Jika merasa terganggu mereka bisa bergerak ke segala arah.

Sumber makanan yang mereka cari adalah yang manis atau berbasis gula. Meski begitu, hewan ini tergolong sebagai hewan yang invasif. Saat sudah menyerang rumah maka koloninya akan menginvasi rumah secara masif.

Artinya, Anda harus siap dengan kerusakan-kerusakan yang mungkin akan terjadi di bangunan rumah Anda.

Cara mengatasi semua jenis semut

Karena dampaknya lumayan besar dan mengganggu rumah, maka sebaiknya Anda memanggil jasa pembasmi semut profesional untuk segera menangani masalah ini.

Cara mengatasi semua jenis semut

Hubungi tim Fumida di nomor 0822.1123.1123 atau 021.29049130 segera. Jangan buang waktu Anda dengan mengurus beragam jenis semut dengan hasil yang nihil. Hubungi kami dan temukan solusinya.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123