Cara Membasmi Lalat Buah Paling Efektif

Ukuran hewan bersayap ini memang kecil, namun tetap terlihat menjijikkan seperti lalat pada umumnya. Selain itu saat hinggap di makanan lalat buah akan mentrasfer bakteri dari banyak tempat. Alhasil ketika makanan itu masuk ke dalam perut berpotensi membahayakan pencernaan. Maka dari itu, berikut ada beberapa cara membasmi lalat buah yang paling ampuh.

Lindungi Makanan dari Bahaya Bakteri Lalat

1. Hindari Makanan Berbau

Lalat buah gemar terbang di dapur karena mencium aroma makanan yang busuk. Terkadang hinggap di kecap atau sirup yang tidak ditutup botolnya. Kemudian lalat masuk ke dalamnya dan terperangkap sampai mati. Maka dari itu, anda harus membersihkan bahan-bahan makanan setelah dikonsumsi. Jangan lupa juga menutup berbagai bumbu dapur agar lalat tak lagi mendekat.

2. Gunakan Jeruk Nipis

Tidak hanya berfungsi sebagai bumbu dapur, jeruk nipis bisa menjadi perangkap untuk menjebak lalat. Boleh dibilang salah satu sayuran ini dapat digunakan sebagai pestisida alami. Anda hanya membutuhkan jeruk nipis 5 buah dan daunnya sejumlah 20 lembar. Cara membasmi lalat buah ini terbilang aman tapi cukup ampuh.

Kupas jeruk nipis dan haluskan daunnya, lalu larutkan dengan gula pasir dan air. Campurkan EM4 25 sebanyak 50 ml, gula pasir 3 sdm, dan air bersih 4 liter, lalu aduk sampai rata. Masukkan larutan ke dalam jerigen dan tutup rapat, diamkan kurang lebih satu minggu. Saat pemakaian ambil 2 sendok larutan, campur dengan 1 liter air kemudian semprotkan pada buah ukuran kecil.

Baca juga  Jasa Pembasmian Hama Pestcontrol Lalat dll daerah Teluk Naga Phone 021-29049130

3. Buat Perangkap Sederhana

Sebenarnya mudah menjebak lalat agar masuk ke dalam perangkap, bahkan anda bisa membuatnya sendiri. Caranya siapkan satu botol bekas, selotip, corong dari kertas, dan buah berbau manis. Pertama buah yang telah dipotong kecil dimasukkan ke dalam botol. Cara membasmi lalat buah seperti ini mengandalkan aroma buah untuk menarik perhatian.

Selanjutnya tutup bagian mulut botol dengan corong kertas yang telah dibuat, rekatkan pinggirnya agar corong tidak jatuh. Setelah perangkap jadi, letakkan di sekitar area dapur atau meja makan agar lalat buah terpancing masuk ke dalamnya. Karena permukaan corong yang rekat maka hewan ini tidak bisa keluar, alhasil akan mati secara perlahan.

4. Membersihkan Saluran Air

Lalat-lalat kecil yang semula berkeliaran di dapur, tidak langsung pergi begitu saja. Kawanannya justru berdiam di dalam saluran air yang sekiranya nyaman untuk berkembang biak. Oleh sebab itu, untuk mencegahnya anda harus rajin membersihkan area saluran tersebut. Tuangkan cairan pembersih yang mengandung klorin dan siram dengan air panas.

5. Semprot Sabun Cuci Lemon

Cara membasmi lalat buah ini terbilang efektif, karena lalat sangat suka aroma dari lemon. Hal ini karena bau lemon yang segar dan nikmat membuat lalat kecil ini mendekat. Tuangkan sedikit sabun cuci ke dalam botol semprot, dan tambahkan air secukupnya. Anda tinggal semprotkan larutan tersebut ke beberapa sudut rumah.

6. Bersihkan Area Kotor

Seperti lalat pada umumnya, lalat buah pun menyukai tempat-tempat yang kotor. Seperti sampah dapur yang menumpuk, atau piring kotor yang tergeletak di bak cuci. Maka dari itu, anda harus segera mencuci piring setelah makan dan buang sampah secara rutin. Sehingga lalat buah tidak bersemanyam di dalam rumah.

Baca juga  Info Pembasmian Hama Pestcontrol Tikus dll daerah Dadap Phone 021-29049130

Meskipun kecil tetapi lalat buah sangat ampuh membahayakan kesehatan manusia. Terutama masalah pencernaan seperti diare, muntaber, dan tipus. Untuk membasmi hewan pengganggu ini, anda dapat mengandalkan jasa pembasmi hama FUMIDA. Bukan hanya lalat buah saja tapi juga rayap, tikus, hingga jasa penyemprotan disinfektan.

Leave Comment

three + two =

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123082211231123