fbpx
Macam-macam Kecoa Amerika

Ada lebih dari 4.500 macam-macam kecoa yang ada di dunia ini. Tapi hanya puluhan jenis yang dikategorikan sebagai hama karena sifatnya yang mengganggu. Sementara sisanya adalah kecoa yang dinilai bisa memberikan manfaat pada lingkungan.

Dari puluhan jenis kecoa di dunia, hanya beberapa jenis yang bisa ditemukan di Indonesia. Di antaranya adalah Kecoa Amerika, Jerman dan Brown-Banded.

Mengenali dan mengetahui jenis kecoa tersebut secara detail bisa membantu kita memahami bagaimana siklus hidup dan kebiasaan mereka. Hal ini secara tidak langsung akan mengarah pada pengetahuan akan cara menangani dan mengatasi kecoa yang ada di dalam rumah.

Ini 3 Macam-Macam Kecoa di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa jenis kecoa yang sering dijumpai di Indonesia. Ada yang bisa terbang, ada yang tidak.

Kecoa Amerika

Warnanya adalah coklat kemerahan. Terdapat pola menyerupai angka delapan yang terletak di bagian belakang kepalanya. Selain bisa dijumpai di Indonesia, kecoa ini juga ada di Amerika Serikat.

Macam-macam Kecoa Amerika

Habitat kecoa ini adalah selokan, kamar mandi, dapur, ruang binatu, saluran pipa, dan saluran pembuangan. Yang unik adalah kecoa ini aktif dan bisa bertahan hidup dengan suhu lebih dari 70 derajat dan suhu sangat rendah. Ketahanan hidupnya mencapai 2 tahun, lebih panjang dibanding kecoa jenis lain.

Panjang kecoa ini adalah sekitar 2,5 cm sampai 7,5 cm. Jika sudah dewasa, kecoa amerika bisa terbang. Baik jantan maupun betina. Caranya memasuki rumah sangat beragam. Bisa dari garasi, sistem saluran pembuangan, bawah jendela, hingga pintu. Badannya seolah bisa menjadi tipis dan masuk ke dalam rumah dengan leluasa.

Kecoa Jerman

Kecoa jerman merupakan macam-macam kecoa yang memiliki tingkat pertumbuhan sangat cepat. Dengan cirinya ini, kecoa jerman menjadi salah satu kecoa yang cukup membahayakan buat rumah dan keluarga.

Baca juga  Obat Rayap Semprot dan Bubuk Untuk Kayu

Bayangkan saja, jika ada 1 kecoa betina berhasil masuk ke dalam rumah, dalam setahun ia bisa berkembang hingga 30.000. Hal ini karena satu telur kecoa jerman bisa menetas antara 20 sampai 40 bayi kecoa.

Kecoa ini tidak bisa bertahan hidup lama. Meski demikian akan tetap terasa menjijikkan jika ada sekian banyak kecoa di dalam rumah.

Panjang kecoa jerman hanya sekitar 1,5 – 2 cm. Tak sepanjang kecoa Amerika. Warnanya coklat muda dan berhabitat di kamar mandi, ruang penyimpanan, dapur, dan area sumber air yang dekat dengan makanan lainnya.

Kecoa ini bisa masuk rumah melalui perabot bekas, paket, pakaian, dinding, dll. Kecoa jenis ini memang tidak bisa terbang, tapi bisa meluncur dengan cepat dalam keadaan darurat.

Kecoa brown-banded

Tak semua macam-macam kecoa suka tempat lembab, kecoa crown-banded ini salah satunya. Kecoa ini senang dengan area kering dan biasa bersembunyi di barang-barang elektronik, seperti penanak nasi, kulkas, televisi, dll.

Selain itu, kecoa ini juga suka dengan area-area berkayu seperti kayu berlubang, pigura, bingkai foto, dll.

Panjang kecoa brown-banded adalah sekitar 1,3 cm. Untuk mengenali betina dan jantan bisa dilihat dari warnanya. Sayap kecoa betina berwarna coklat kemerahan dengan tubuh berwarna dominan coklat gelap. Sedangkan sayap kecoa jantan berwarna coklat keemasan di bagian ujung dan tubuhnya berwarna coklat gelap di bagian pangkal.

Sama dengan kecoa jerman, kecoa brown-banded bisa masuk ke dalam rumah furnitur bekas, paket, pakaian, dompet, dll.

Cara mengatasi kecoa di dalam rumah

Untuk mengatasi masalah kecoa yang ada di rumah, perlu dilakukan tindakan pencegahan dan penanganan. Tindakan pencegahannya bisa dilakukan dengan cara:

  1. Menjaga kebersihan di habitat kecoa.
  2. Segera membuang sumber makanan yang ada di dalam rumah dan dekat dengan saluran air.
  3. Coba gunakan obat pembasmi kecoa.
Baca juga  Menerima Pembasmian Hama Pestcontrol Semut dll daerah Cibadak Telp 021-29049130

Jika cara pencegahan di atas tidak mempan, maka perlu penanganan khusus. Bagaimana cara cepat mengatasi kecoa?

Penggunaan jasa pembasmi kecoa saat ini terbukti ampuh dalam membasmi kecoa jenis apapun dalam rumah. Jasa pembasmi hama Fumida siap menjadi partner Anda untuk membersihkan semua hama di rumah. Khususnya macam-macam kecoa yang sangat sulit untuk disingkirkan.

Pelayanan cepat dan ramah. Juga mampu menghilangkan semua jenis hama sampai area tak terjamah. Kami selalu online untuk memberikan pelayanan yang maksimal di nomor 021-29049130 atau 082211771166.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

Lokasi Kantor FUMIDA

Kirimkan Kami Pesan

[recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]